FILM INDONESIA

10 Rekomendasi Film Horor Indonesia yang Menyeramkan, Jangan Tonton Sendirian

Kamis, 16 Juni 2022 12:44 Penulis: Editor KapanLagi.com

Rekomendasi Film Horor Indonesia

Kapanlagi.com - Film horor adalah film yang berusaha untuk memancing emosi berupa ketakutan dan rasa ngeri dari penontonnya. Alur cerita dari film horor sering melibatkan tema-tema kematian, supranatural, atau penyakit mental. Banyak cerita film horor yang berpusat pada sebuah tokoh antagonis tertentu yang jahat. Perfilman Indonesia saat ini sudah banyak memproduksi film horor seram berkualitas bagus.

Film horor terseram Indonesia ini beberapa di antaranya mendapatkan ulasan positif dari kritikus film serta berhasil meraih penghargaan di ajang internasional.Hal tersebut tak terlepas dari jalan cerita yang dikemas apik, penjiwaan karakter yang kuat, nuansa horor, serta unsur jumpscare yang dijamin membuat penonton merinding ngeri. Mari kita simak beberapa film horor yang mungkin bisa membuat kalian takut buat tidur sendiri.

1. Makmum 2

Yang terbaru ada Makmum2, Makmum 2 merupakan lanjutan dari film Makmum yang lebih dulu rilis pada 2019. Bahkan disebut-sebut Makmum 2 punya cerita yang lebih seram. Kisahnya mengikuti sosok Rini yang masih diikuti hantu makmum, makhluk gaib yang kerap mengikuti ketika salat.

Saat Rini pulang ke kampung halaman budenya yang baru meninggal, ia mulai merasakan keanehan dan gangguan roh halus. Putra tunggalnya pun mengalami kejadian serupa yang membuat Rini harus menyelesaikan misteri di kampung itu.

2. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan merupakan film horor Indonesia yang dirilis pada 28 September 2017 yang ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar. Per November 2017, film ini telah ditonton oleh 4.206.103 penonton di bioskop, menjadikannya film Indonesia terlaris tahun 2017 sejauh ini. Pada ajang Festival Film Indonesia 2017 film ini mendapatkan 13 nominasi, dan berhasil memenangkan 7 di antaranya.

Setelah sakit aneh selama 3 tahun, Ibu akhirnya meninggal dunia. Bapak lalu memutuskan untuk kerja di luar kota meninggalkan anak-anak. Tak lama kemudian, anak-anak merasa bahwa Ibu kembali berada di rumah. Situasi semakin menyeramkan ketika mereka mengetahui bahwa Ibu datang lagi tidak sekedar untuk menjenguk, tapi untuk menjemput mereka. Gimana lanjutannya ? Langsung kalian tonton aja filmnya.

3. Sebelum Iblis Menjemput

Dulu banyak warganet yang suka membanding-bandingkan pesona Pevita Pearce dan Chelsea Islan, dua aktris Indonesia muda, berbakat, dan tentunya mempesona. Nah, sekarang gak usah dibanding-bandingin karena mereka berdua dipertemukan dalam satu film horor yang berjudul Sebelum Iblis Menjemput Ayat 1. Tak tanggung-tanggung, mereka berdua berperan menjadi saudara tiri di dalam film tersebut.

Film Sebelum Iblis Menjemput memiliki dua ayat, yaitu ayat 1 yang tayang pada 2018 dan ayat 2 tayang pada 2020. Film ini digarap oleh Timo Tjahjanto, film maker yang terkenal dengan genre horor unsur gore, seperti film Rumah Dara yang terkenal cukup sadis.

4. Danur 2

Danur 2: Maddah adalah film hantu Indonesia yang dirilis pada 28 Maret 2018 disutradarai oleh Awi Suryadi. Film ini merupakan sekuel dari film sebelumnya, Danur: I Can See Ghosts. Film ini diangkat dari buku karya Risa Saraswati, Maddah. Film ini dibintangi oleh Prilly Latuconsina, Sandrinna Michelle, Kevin Bzezovski Taroreh, Matthew White, Justin Rossi, Gama Haritz, Alexander P Bain, Shawn Adrian Khulafa, Sophia Latjuba dan Bucek Depp. Film ini merupakan film kedua dari waralaba film Danur.

Risa, remaja perempuan yang memiliki 3 sahabat hantu bernama Peter, William, dan Janshen. Risa kini tinggal bersama adiknya Riri, yang sudah mulai jengah dengan kemampuan Risa bisa melihat hantu. Keluarga pamannya, Om Ahmad baru pindah ke Bandung bersama istrinya, Tante Tina dan Angki anaknya. Risa awalnya tidak merasa ada yang aneh dengan rumah Om Ahmad. Namun, setelah itu Angki bercerita beberapa hal janggal terjadi dan yang paling aneh adalah sikap Om Ahmad berubah. Suatu malam Risa diganggu oleh sosok hantu perempuan menyeramkan di rumah itu. Apakah benar Om Ahmad selingkuh? Apa hubungannya dengan teror hantu wanita di rumah itu yang mengganggu keluarga Om Ahmad termasuk Risa? Apakah Peter dan kawan-kawan akan datang membantu Risa, meskipun Peter memperingatkan Risa sebelumnya tentang roh jahat berbahaya di rumah Om Ahmad itu?

5. Perempuan Tanah Jahanam

Maya (Tara Basro) jatuh bangun hidup di kota tanpa keluarga, ia hanya memiliki sahabat bernama Dini. Saat usaha bersama mereka membutuhkan modal lebih, Maya yang mendapatkan informasi bahwa dia mungkin memiliki harta warisan dari keluarganya yang kaya di desa, membuatnya pergi mengunjungi kampung halaman yang tak pernah dikenalnya itu.

Sesampainya di kampung yang jauh terpencil di tengah hutan, Maya dan Dini sampai di rumah besar yang kosong. Situasi sekitar juga terlihat aneh, salah satunya banyak kuburan anak-anak. Hingga pada suatu malam, Maya mendengar jeritan perempuan yang hendak melahirkan. Maya menuju asal suara dan menyaksikan proses kelahiran anak tersebut. Dari situlah, sedikit demi sedikit, misteri kampung yang kini ditinggali Maya dan Dini mulai terungkap.

6. SUZZANA: BERNAFAS DALAM KUBUR

Sebelum perilisan, film SUZZANA: BERNAFAS DALAM KUBUR menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh penggemar cerita horor. Film yang dibintangi oleh Luna Maya, Herjunot Ali, Teuku Rifnu Wikana Clift Sangra ini merupakan remake film Suzzana pada tahun 1970an.

Ada hal menarik mengenai make up dalam film ini, yakni soal wajah Luna Maya yang begitu mirip dengan mendiang Suzanna. Untuk ceritanya sendiri, film ini jelas tak mengecewakan. Wajar jika akhirnya masuk ke daftar rekomendasi film horor Indonesia yang tak boleh kalian lewatkan.

7. LAMPOR: KERANDA TERBANG (2019)

Kalian sedang mencari rekomendasi film horor Indonesia yang menyeramkan? Film LAMPOR: KERANDA TERBANG ini mungkin bisa jadi jawabannya. Film ini bercerita tentang Edwin dan Netta. Bersama dua anak yang bernama Agam dan Sekar, orangtua tersebut pulang ke kampung Netta di Temanggung.

Setelah kedatangannya, mereka malah tidak diterima dengan baik. Mereka dianggap pembawa musibah karena kampung sedang dilanda teror lampor. Lampor sendiri merupakan setan pencabut nyawa yang membawa keranda terbang. Selain teror, ada pula skandal yang membuat film makin menegangkan.

8. KKN DI DESA PENARI

Film KKN DI DESA PENARI berhasil mencuri banyak perhatian setelah resmi dirilis tahun 2022. Tak tanggung-tanggung, film ini berhasil menembus rekor baru sebanyak 4,5 juta penonton dalam 12 hari. Ide film ini berasal dari sebuah utas Twitter yang sempat viral di tahun 2019.

Film ini mengisahkan enam mahasiswa KKN di sebuah desa terpencil dan tak biasa. Mereka bernama Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton, dan Wahyu. Pak Prabu, sang kepala desa, sebenarnya sudah memperingatkan mereka untuk tidak melewati batas gapura terlarang. Selanjutnya, anak-anak KKN tersebut mulai mendapat masalah. Hingga diketahui bahwa ada anak yang telah melanggar aturan, dan itu merupakan kesalahan fatal. Jika kalian ingin menonton sesuatu yang menegangkan, ini bisa jadi rekomendasi film horor Indonesia yang kalian pilih.

9. RATU ILMU HITAM (2019)

Masih ada lagi rekomendasi film horor Indonesia yang tak boleh kalian lewatkan. Film yang berjudul RATU ILMU HITAM ini mengangkat kisah perjuangan penyintas kekerasan seksual meraih keadilan. Melalui film yang disutradarai oleh Kimo Stamboel dengan naskah dari Joko Anwar ini, kalian akan menemukan kisah menegangkan.

Tokoh Murni (Putri Ayudya) pun memutuskan untuk memakai ilmu santet sebagai upaya membalas dendam pada pelaku kekerasan seksual terhadapnya. Namun, pengalaman tak mengenakkan dan menyeramkan mulai muncul ketika balas dendam ini terjadi.

10. SURAT DARI KEMATIAN (2020)

SURAT DARI KEMATIAN merupakan salah satu rekomendasi film horor Indonesia yang unik dan sayang untuk dilewatkan. Tak hanya itu, film ini juga cukup relate dengan kehidupan teknologi saat ini.

Secara garis besar, film ini bercerita tentang sekelompok mahasiswa Yogyakarta yang ingin menelisik cerita urban legend hantu Mbak Rohanna di Jembatan Perawan, Yogyakarta. Saat menontonnya, kalian akan menyaksikan permainan aktor Zein (Endy Arfian) yang harus mengajukan pilihan tempat angker lainnya pada Kinan (Carissa Perusset) untuk mereka jadikan materi di konten Youtube mereka.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi film horor Indonesia yang seru dan menegangkan.

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING