FILM INDONESIA

Jadi Film yang Menggunakan Bahasa Sunda Sepenuhnya, ‘BEFORE, NOW & THEN’ Pecahkan Rekor MURI

Jum'at, 19 Agustus 2022 07:15

KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Film BEFORE, NOW & THEN yang kini sudah bisa dinikmati di layanan streaming Prime Video mendapatkan apresiasi yang luar biasa dalam penayangannya. Bahkan film garapan sutradara Kamila Andini ini memecahkan rekor MURI sebagai film yang sepenuhnya menggunakan bahasa Sunda pertama di Indonesia.

Pencapaian tersebut diumumkan langsung oleh pendiri MURI, Jaya Suprana yang hadir dalam acara movie screening film tersebut di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (18/8). Saat sesi tanya jawab, Jaya Suprana mengangkat tangan dan meminta mikrofon agar bisa berbicara dan langsung mengumumkan bahwa film BEFORE, NOW & THEN memecahkan rekor MURI.

"Saya tidak ingin bertanya. Tapi saya ingin mengumumkan bahwa film BEFORE, NOW & THEN telah memecahkan rekor MURI sebagai film pertama berbahasa Sunda yang digarap oleh orang Indonesia," kata Jaya Suprana.

1. Film Bahasa Daerah Pertama

Jaya Suprana juga menyebut sebuah kehormatan bisa memasukkan film karya sutradara Kamila Andini itu ke dalam MURI. Karena memang film BEFORE, NOW & THEN ini menjadi film pertama yang menggunakan bahasa daerah sepenuhnya.

"Biasanya suatu karya menjadi terhormat bila mendapat MURI, kali ini MURI yang memperoleh kehormatan. Film berbahasa Sunda pertama yang dibuat oleh orang Indonesia," tukasnya.

2. Adaptasi Novel

Berlatar Jawa Barat 1960, film BEFORE, NOW & THEN merupakan adaptasi novel JAIS DARGA NAMAKU karya Ahda Imran. Film ini bercerita tentang kehidupan sosok Raden Nana Sunani, ibu dari Executive Producer Jais Darga.

Film BEFORE, NOW & THEN sudah ditayangkan sejak 1 Agustus 2022 di Amazon Prime Video, yang kini sudah bisa diakses di Indonesia. BEFORE, NOW & THEN juga masuk dalam kompetisi utama 72nd Berlin International Film Festival, salah satu festival film paling bergengsi di dunia.

REKOMENDASI
TRENDING