FILM INDONESIA

Jadi Juri Kompetisi Film Pendek 'SIN', Hanung Bramantyo Kaget Banyak yang Ikut

Sabtu, 28 September 2019 19:35 Penulis: Ayu Srikhandi

Hanung Bramantyo © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Dalam rangka mempromosikan film SIN, rumah produksi Falcon Pictures menggelar kompetisi film pendek bertema Saat kekasihmu adalah kakakmu sendiri. Kompetisi yang dimulai sejak awal September tersebut akhirnya mengumumkan delapan besar pada Sabtu hari ini (28/9/2019).

22 film pendek terseleksi dari ratusan yang telah masuk terlebih dahulu diputar di hadapan awak media, pemain film SIN, selebriti tamu serta tiga juri yakni Hanung Bramantyo, Rako Prijanto, dan Fajar Bustomi. Baru kemudian diumumkan delapan film pendek pilihan yang berebut posisi tiga terbaik.

 

 

 

1. Tema yang Menantang

Hanung Bramantyo, Rako Prijanto, dan Fajar Bustomi selaku dewan juri mengaku tak percaya dari 200 film pendek yang dikirim, akhirnya bisa menyaring 22 film dan menjadikannya delapan besar. Karena tema yang dipakai tergolong sulit dan tak biasa untuk dieksekusi.

"Kita susah juga milihnya karena tema sangat susah, mereka hanya punya dua menit dan itu harus dimanfaatkan dengan maksimal, dengan segala minimalisasi equipment dan segala macamnya. Pilihan kami ini sebenarnya bukan yang terbaik juga, tapi sesuai dengan selera kita," kata Rako ditemui di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

"Yang kita lihat memang bukan bagus atau tidaknya. Mereka punya kesempatan membuat film saja sudah luar biasa. Awalnya malah saya sangsi ada yang ikut karena temanya kontroversial sampai melihat ada 200 film pendek," Hanung menambahkan.

2. Diumumkan Saat Gala Premiere

Dari delapan besar itu akan terpilih tiga film terbaik yang mendapatkan uang tunai. Juara pertama senilai Rp 20 juta, juara kedua Rp 10 juta dan juara ketiga Rp 5 juta. Sementara juara keempat sampai delapan masing-masing satu juta.

Pemenang akan diumunkan pada 4 Oktober mendatang saat gala premiere film SIN. Film SIN sendiri diadaptasi dari novel bestseller berjudul sama karya Faradita.


REKOMENDASI
TRENDING