Jika Yogya Jadi Pusat Perfilman, Ini Komentar Garin Nugroho

Kamis, 28 Januari 2016 13:52 Penulis: Natanael Sepaya
Jika Yogya Jadi Pusat Perfilman, Ini Komentar Garin Nugroho Garin Nugroho © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Pasti akan terasa naif kalau kita cuma membicarakan industri film dan musik hanya berkembang di Jakarta saja. Yap, Yogya adalah salah satu contoh nyata di mana industri kreatif tumbuh begitu pesat.

Sebagai salah satu orang yang berkecimpung di dunia tersebut, Garin pun tidak menampik kalau Yogya bisa menjadi industri perfilman baru di Indonesia. Hanya saja, hal seperti itu tentu bisa membuat persaingan bahkan bukannya tidak mungkin menjadi gap antara film maker di kota tersebut dan Jakarta. Lalu, apa komentar Garin Nugroho?

"Ya pasti terjadi percampuran-percampuran dan jarak itu wajar ya. Seperti di setiap kota di dunia ya, ada wilayah pusat di Bollywood, ada wilayah yang non-pusat di Bollywood. Itu jadi hal yang harus terjadi malah menurut saya. Dengan demikian terjadi kompetisi, tapi percampuran juga pasti terjadi karena kita banyak yang hidup berkembang menjadi industri Jakarta kemudian balik ke Yogya tinggal di sana untuk bikin film," jelasnya saat ditemui tim Muvila (17/12).

Bagi Garin Nugroho, industri hiburan di kota lain pun harus berkembang agar tidak terpusat di satu daerah saja © KapanLagi.comBagi Garin Nugroho, industri hiburan di kota lain pun harus berkembang agar tidak terpusat di satu daerah saja © KapanLagi.com

Lebih jauh, Garin sendiri menegaskan kalau hal seperti itu memang harus terjadi. Yap, kompetisi yang terjadi akan membuat sebuah wajah baru bagi industri hiburan Tanah Air dan bukannya tidak mungkin akan berkembang lebih kompetitif, tidak lagi terpusat.

"Iya, menurut saya semakin beragam semakin bagus kalau ada di Boyolali mungkin, ada di mana gitu, malah justru harus terjadi. Kalau tidak terjadi terlalu sentralis," pungkas sutradara DAUN DI ATAS BANTAL itu.

Nah, Garin juga akan membawa potret kota Yogyakarta yang ia sebut memiliki potensi dan suasana studio alam yang baik untuk film terbarunya, AACH AKU JATUH CINTA. Untuk itu, pastikan kamu pantau semua update beritanya cuma di KapanLagi.com®.

(muv/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya


REKOMENDASI
TRENDING