FILM INDONESIA

Kado Kemerdekaan, 'HIRUK PIKUK SI AL-KISAH' Raih Penghargaan di Locarno Film Festival

Minggu, 18 Agustus 2019 12:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

© istimewa

Kapanlagi.com - Bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia, sebuah kabar membanggakan datang dari sineas Yosep Anggi Noen. Film panjang ketiganya yang diberi tajuk HIRUK PIKUK SI AL-KISAH meraih penghargaan Special Mentions di Locarno International Film Festival 2019 yang digelar di Swiss.

Uniknya sebelum mengumumkan kemenangan, Anggi sempat memposting foto di Instagram Story yang menunjukkan jarinya disengat lebah. Namun ia juga disengat rasa gembira berkat prestasi yang diraih karya terbarunya.

1. Asmara Abigail Hadiri Premiere

Selain berkompetisi, film yang memiliki judul internasional THE SCIENCE OF FICTION ini juga menggelar world premiere di festival bergengsi yang bersanding dengan Cannes, Berlin maupun Venice itu. Selain Yosep Anggi Noen, turut hadir pula para pemain yakni Gunawan Maryanto Asmara Abigail serta Lukman Sardi.

Sutradara dan para pemain sempat menjalani sesi tanya jawab. Dalam kesempatan tersebut Asmara mengaku senang bisa terlibat film Anggi setelah menonton karya sebelumnya bertajuk ISTIRAHATLAH KATA-KATA.

2. Pendaratan di Bulan

HIRUK PIKUK SI AL-KISAH memiliki tema penceritaan cukup menarik. Bersetting Yogyakarta tahun 1960 ketika seorang pria bernama Siman menjadi saksi pembuatan video pendaratan di bulan.

Karena ketahuan, kru asing menangkap Siman dan memotong lidahnya. Dalam kondisi seperti itu, Siman berusaha mengungkap fakta sebenarnya meski kebanyakan orang malah tak percaya dan menganggapnya gila.

(kpl/abs/phi)

Reporter: Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING