FILM INDONESIA

Kantongi Sederet Penghargaan Bergengsi, Ini 8 Rekomendasi Film Reza Rahadian yang Wajib Ditonton!

Sabtu, 17 September 2022 19:22 Penulis: Editor KapanLagi.com

Reza Rahadian (Credit: instagram.com/officialpilarez)

Kapanlagi.com - Reza Rahadian Matulessy atau akrab dikenal Reza Rahadian merupakan aktor ternama dengan segudang bakat dan prestasi yang dimilikinya. Namanya semakin dikenal karena setiap karakter yang Reza perankan selalu berhasil terlihat sangat natural dan seperti melekat dalam dirinya.

Aktor yang mengawali karir sebagai model ini juga pandai bernyanyi, Reza pernah merilis single dengan Yura Yunita yang berjudul Pekat pada tahun 2018. Tidak hanya itu, ada beberapa lagu lainnya seperti Abang Pulang, Melawan Hati, Cinta Stroberi dan masih banyak lagi yang pernah Reza nyanyikan sebagai pengisi soundtrack film yang dibintanginya.

Tidak hanya itu aktor kelahiran 1987 ini juga pernah menjadi dosen di Universitas Indonesia. Memang Reza Rahadian terkenal multitalenta dan sangat profesional dalam dunia peran dan dirinya selalu berhasil membuat para penonton cinta dengan aktingnya. Sehingga hampir semua film yang Reza Rahadian perankan selalu masuk ke dalam deretan kategori ajang penghargaan.

Yuk simak di bawah ini film apa saja yang membuat nama Reza Rahadian berhasil mendapatkan banyak penghargaan.

1. EMAK INGIN NAIK HAJI

Film yang diproduksi oleh Mizan Productions dan Smaradhana Pro pada tahun 2009 ini bercerita tentang seorang karakter Emak yang sudah cukup tua usianya dan berkeinginan untuk naik haji.

Tetapi dengan kondisi keuangan yang terbatas, membuat Emak harus berupaya keras mengumpulkan uang. Melihat Emak yang berusaha keras tersebut membuat Zein (Reza Rahadian) anak kandungnya ingin membantu agar cepat mengumpulkan uang dan keinginan Emak terkabul.

Film yang diangkat dari cerita pendek karya Asma Nadia ini mampu mendapatkan beberapa nominasi di ajang penghargaan. Seperti enam nominasi di Festival Film Indonesia 2009 dan Festival Film Bandung 2010.

Untuk Reza Rahadian sendiri dengan penampilan aktingnya yang sangat baik, ia dapat memenangkan penghargaan dalam Festival Film Bandung 2010 dengan kategori Pemeran Utama Pria Terpuji.

2. PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN

PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN juga merupakan film Reza Rahadian yang tayang pada tahun 2009. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Genre drama Islam, Reza Rahadian berperan sebagai Samsudin yang merupakan anak seorang Kyai dengan karakter yang kasar dan ringan tangan.

Beradu peran dengan Revalina S. Temat, Reza Rahadian mampu mendapat penghargaan dengan kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2009.

Untuk film PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN ini juga banyak mendapat apresiasi dari segi film, sutradara, sinematografi, poster film dan skenario adaptasi dalam piala citra.

3. 3 HATI DUA DUNIA, SATU CINTA

Film dengan genre drama yang diproduksi oleh Mizan Production tayang pada 1 Juli 2010 menampilkan Reza Rahadian dan Laura Basuki sebagai pemeran utama.

Dalam film ini Reza Rahadian berperan sebagai Rosid dan berhasil masuk nominasi Pemeran Utama Pria Terfavorit di Indonesian Movie Actors Awards 2011, dan Nominasi Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop dalam Festival Film Bandung 2011.

Tidak hanya masuk nominasi saja tetapi Reza Rahadian juga berhasil memenangkan kategori Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2010 dan Indonesian Movie Actors Awards 2011.

Film 3 HATI DUA DUNIA, SATU CINTA merupakan film yang mengangkat tentang percintaan beda agama dan perjuangan dalam menghadapinya.

4. HABIBIE & AINUN

HABIBIE & AINUN menjadi salah satu film yang membuat nama Reza Rahadian semakin dibanggakan, karena dirinya mendapat banyak penghargaan saat memerankan sosok Bacharuddin Jusuf Habibie.

Film yang diproduksi MD Pictures tahun 2012 ini merupakan film biopik yang mengangkat cerita dari kisah hidup almh. Hasri Ainun Habibie yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari.

Kemampuan Reza Rahadian dalam film ini membuktikan bahwa dirinya memang sangat berbakat, dan dinilai berhasil terlihat mirip seperti tokoh B.J. Habibie.

Penghargaan yang mampu diraihnya yaitu dalam Festival Film Bandung 2012 kategori Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop, Festival Film Indonesia 2013 kategori Pemeran Utama Pria Terbaik, Indonesian Movie Actors Awards 2013 kategori Pemeran Utama Pria Terbaik (Nominasi) dan Pemeran Utama Pria Terfavorit, dan terakhir Piala Maya kategori Aktor Utama Terpilih.

5. MY STUPID BOSS

Kembali beradu akting dengan Bunga Citra Lestari, dalam film MY STUPID BOSS Reza Rahadian berperan sebagai karakter Boss Man yang sangat ikonik. Seorang Bos yang memiliki kelakuan aneh dan selalu membuat para karyawannya merasa kesal. Dalam memerankan karakter ini, Reza rela menaikkan badannya hampir 6 kg demi keberhasilan karakter Boss Man.

Dengan genre drama komedi, film ini sangat menghibur dengan alur cerita yang tidak monoton. Diproduksi oleh Falcon Pictures dan dirilis 19 Mei 2016 mampu membuat Reza Rahadian mendapat banyak penghargaan di ajang bergengsi tahun 2016 seperti Piala Maya, Indonesian Movie Actors Awards, Indonesian Box Office Movie Awards, Festival Film Indonesia, Festival Film Bandung.

6. CRITICAL ELEVEN

Film CRITICAL ELEVEN bercerita tentang dua orang yang bertemu saat sedang berada di perjalanan pesawat yaitu Ale (Reza Rahadian) dan Anya (Adinia Wirasti). Pertemuan pertama ini membuat Ale langsung jatuh cinta kepada sosok Anya. Diketahui jika istilah ‘Critical Eleven’ dalam dunia penerbangan yaitu adalah waktu 11 menit yang kritis dalam pesawat.

Dinilai 11 Menit kritis karena rentan terjadinya kecelakaan pesawat, yang dimaksud yaitu 3 menit saat setelah take off dan 8 menit sebelum terjadinya landing. Film yang disutradarai oleh Monty Tiwa dan Robert Ronny ini ditayangkan pada tahun 2017. Berkat aktingnya yang mumpuni Reza mendapat penghargaan dalam Piala Maya dan Festival Film Bandung 2017.

7. LAYLA MAJNUN

Film LAYLA MAJNUN yang ditayangkan di Netflix pada tahun 2021 ini merupakan produksi dari Starvision Plus dengan disutradarai oleh Monty Tiwa. Reza Rahadian mendapatkan penghargaan Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop dalam Festival Film Bandung 2021 dan Pemeran Utama Pria Terfavorit di Indonesian Box Office Movie Awards 2021.

Cerita dalam film ini diangkat dari cerita yang sangat legendaris ‘Layla Majnun’ dengan genre drama romance. Menceritakan kisah cinta seseorang bernama Layla Majnun yang terhalang oleh tradisi dan berakhir dilema.

Reza Rahadian berperan sebagai Samir, sosok lelaki yang dikagumi oleh Layla Majnun. Tetapi saat mereka berdua ingin bersatu, Layla tersadar jika dirinya sudah dipinang oleh lelaki bernama Ibnu. Sehingga membuat Layla merasa dilema dengan perasaannya saat itu.

8. SEPERTI DENDAM, RINDU HARUS DIBAYAR TUNTAS

Dalam perannya di film SEPERTI DENDAM, RINDU HARUS DIBAYAR TUNTAS, Reza Rahadian diharuskan menggunakan bahasa baku dengan latar cerita tahun 80an. Film ini diadaptasi dari novel karya Eka Kurniawan yang berjudul sama tahun 2014.

Diproduksi oleh Palari Films dengan genre drama action yang dirilis 2 Desember 2021. Film ini mendapat banyak sekali penghargaan berkat akting dari para pemainnya dan juga kualitas sinematografi yang sangat baik.

Alur cerita dalam film ini banyak mengangkat isu yang sensitif, membuat Reza Rahadian merasa tertantang dalam perannya kali ini sebagai Budi Baik. Bercerita tentang lelaki bernama Ajo Kawir yang memiliki gengsi besar sebagai seorang lelaki yang tidak mau kalah, bertemu seorang perempuan yang gemar bertarung hingga membuatnya takluk. Penghargaan yang Reza Rahadian dapatkan yaitu dalam Festival Film Tempo dan Piala Maya dengan kategori sama yaitu Pemeran Pendukung Terpilih.

Ditulis oleh Putriku Aishwarya Ravelia.

REKOMENDASI
TRENDING