Kemendikbud Ajak Anak Muda Berkreasi di Festival Film Dokumenter Pelajar 2017

Kamis, 14 September 2017 22:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Kemendikbud Ajak Anak Muda Berkreasi di Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 © Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Saat ini semakin banyak wadah untuk menyalurkan bakat sineas-sineas muda dalam mengembangkan kreasinya. Salah satunya seperti yang digagas oleh Pusat Pengembangan Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mereka memberikan wadah kegiatan pembekalan untuk 20 konsep karya terbaik di Festival Film Dokumenter Pelajar 2017, dengan mengusung tema Kemaritiman. Sekjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Suhardi,Ph.D dan Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud, Dr. Maman Wijaya membuka langsung acara tersebut pada 7 September 2017 di Ballroom hotel Alila Pecenongan, Jakarta Pusat.

Sebanyak 57 pelajar yang terbagi dalam 20 tim mengikuti pembekalan materi dokumenter yang dilaksanakan selama satu minggu, dari 7 - 13 September 2017 tersebut. Mereka sebelumnya menjalani seleksi yang cukup ketat sampai bisa ke titik ini.

"Materi yang diberikan kepada para nominasi ini adalah pendalaman tentang dokumenter, penyutradaraan dalam dokumenter, tata kamera dalam dokumenter, tata suara film, serta Editing film," tulis Barly, penata kamera film Banda the Dark Forgotten Trail, yang menjadi salah satu pembimbing pembekalan, lewat rilis yang diterima KapanLagi.com®.

Pembekalan Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 © Dokumentasi PribadiPembekalan Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 © Dokumentasi Pribadi

Sementara itu, Produser film Toba Dreams, Rizaludin Kurniawan mengatakan sangat mendukung atas antusias para pelajar. Dia memberikan pembekalan dan pendampingan pelajar-pelajar yang berminat dalam dunia film.

"Agar nanti produksi film pelajar semakin banyak sehingga bisa membuat festival film pelajar tersendiri terpisah dari Apresiasi Film Indonesia (AFI ) atau Festival Film Indonesia (FFI) yang sudah rutin," jelasnya.

Untuk penentuan 3 pemenang dan pemberian anugerah, rencananya akan dibarengi pada saat perhelatan AFI 2017. "Mudah-mudahan, tahun depan Pusbangfilm dapat memfasilitasi 200 pelajar untuk mengikuti kegiatan pembekalan seperti ini, sehingga semakin tersebar duta-duta kreator film Indonesia ke seluruh Indonesia" tutup Dini Indrawati Simbolon,S.H, Kasubbid Apresiasi dan Penghargaan Pusbangfilm.

(kpl/aal/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING