FILM INDONESIA

Kisah Nyata Penulis 'DILAN' Jadi Film, Ini Fakta Unik 'KOBOY KAMPUS'

Senin, 15 Juli 2019 17:30 Penulis: Dhimas Nugraha

Film Koboy Kampus credit: instagram.com/koboy.kampus

Kapanlagi.com - Karya-Karya Pidi Baiq kini mulai jadi sorotan. Sejak karyanya Dilan 1990 sukses menjadi sebuah film, kali ini ada salah satu film yang juga akan diambil dari salah satu karyanya, yaitu KOBOY KAMPUS.

Film KOBOY KAMPUS diangkat dari kisah nyata si penulis, Pidi Baiq. Film yang menceritakan masa muda si penulis ini ternyata memiliki beberapa fakta unik di dalamnya. Apa saja? Simak ulasannya di sini!

 

1. Mahasiswa ITB Era 90-an

KOBOY KAMPUS berlatar belakang mahasiswa tahun 90-an. Masa ketika mahasiswa sedang bergejolak karena pemerintahan Orde Baru. Kisah ini menggambarkan kehidupan Pidi Baiq sebagai mahasiswa Seni dan Desain di Institut Teknologi Bandung (ITB)

2. Membuat Negara Kesatuan The Panasadalam

Pada masa pemerintahan Orde Baru, Pidi Baiq dan beberapa rekannya memang tak turut serta turun dan demo di jalanan. Namun, sebagai bentuk perlawanan mereka membuat NKRTPD (Negara Kesatuan Republik The Panasdalam) di sekitar kampus ITB.

Pidi Baiq sebagai Imam Besar, dan Deni Roden sebagai Presiden NKRTPD. Memiliki bendera negara, dan penduduk yang berjumlah 18 orang.

3. Membuat Band, Hingga Sempat Tampil di TV

Setelah Presiden Soeharto turun jabatan, The Panasdalam yang sebelumnya berbentuk negara, di tahun 2000 awal mereka berubah menjadi sebuah band dengan nama The Panasdalam Band.

Sempat tampi di tv, namun akhirnya Pidi Baiq melarang The Panasdalam Band tampil di tv, dan tampil khusus di lingkungan ITB.

4. Mahasiswa Telat Lulus

Pada masa kuliah, Pidi Baiq sangat bersyukur bisa lulus dari ITB. Ia dan rekan-rekannya lebih senang ngoboy daripada kuliah. Alhasil ada beberapa teman-temannya yang Drop Out dari kampus.

Nah, Pidi Baiq sendiri pun juga lulusnya gak tepat waktu alias lulus telat. Bahkan, dari beberapa rekannya, ada yang sampai 14 tahun di kampus lho.

5. Pemeran Pidi Baiq

Tentu saja di film KOBOY KAMPUS, Pidi Baiq gak main-main mencari aktor untuk memerankan dirinya di film tersebut. Untuk kali ini, Pidi Baiq meminta langsung kepada Jason Ranti. Jason adalah seorang musisi yang tak memiliki dasar berakting, namun ia tak bisa menolak permintaan Pidi, karena sebagai seniman Jason sangat mengidolakan Pidi.

 

6. Siap Tayang Pada 25 Juli 2019

Film KOBOY KAMPUS akan disutradarai oleh Pidi Baiq. Film ini akan siap tayang pada tanggal 25 Juli 2019. Adapun beberapa artis terkenal yang membintangi film ini, antara lain adalah Ricky Harun, Bisma Karisma, David John, Miqdad Addausy, Steffi Zamora, Danilla Riyadi, Vienny JKT48, Christina Colondom, Anfa Safitri, Chicha Koeswoyo, dan Ria Irawan.

(kpl/dim)

Editor: Dhimas Nugraha


REKOMENDASI
TRENDING