FILM INDONESIA

'KKN DI DESA PENARI' Mundurkan Jadwal Tayang Lagi, Sutradara Awi Suryadi Ungkap Ada Tanggal Pengganti

Kamis, 10 Februari 2022 15:16

KKN DI DESA PENARI mundurkan jadwal tayang (credit: instagram/kknmovie)

Kapanlagi.com - Film horor KKN DI DESA PENARI sedianya edar pada 24 Februari besok. Namun dua pekan jelang penayangan di seluruh bioskop Indonesia, MD Pictures selaku rumah produksi memutuskan untuk menunda perilisannya.

Awi Suryadi selaku sutradara mengatakan bila keputusan yang diambil ini sangat berat. Ia pun mahfum jika kemudian publik kecewa mengingat sudah dibuat menunggu selama dua tahun lamanya.

"Keputusan ini sangat berat tapi terpaksa kita ambil. Saya pun sudah diserang netizen habis-habisan, tapi ini yang terbaik," kata Awi saat dihubungi KapanLagi.com melalui sambungan telepon, Kamis (10/2/2022).

1. Film yang Manfaatkan Momentum

Meningkatnya angka kasus covid varian baru bernama omicron membuat pemerintah menerapkan PPKM Level 3. Beruntung jasa hiburan bioskop masih diperbolehkan untuk beroperasi dengan kapasitas penonton 50% pada setiap pertunjukkan.

Dengan fakta tersebut, bisa saja KKN DI DESA PENARI pada akhirnya tetap dirilis. Namun yang ditakutkan bila sudah rilis, kondisi akan memburuk sehingga penayangan kemudian dihentikan.

"Film ini mengandalkan momentum. Kalau sudah dibatasi 50% kapasitas dan kebijakan pemerintah satu minggu berubah-ubah, amit-amit keadaan memburuk, kalau bioskop kemudian tutup gimana? Takutnya jadi lebih salah langkah lagi. Begitu tayang lagi momentum sudah hilang," terang Awi.

2. Berkaca Pada Film 'MARIPOSA'

Awi Suryadi dan MD Pictures belajar dari kasus film MARIPOSA yang dibintangi Angga Yunanda dan Adhisty Zara. Mereka tak mau KKN DI DESA PENARI alami hal yang sama.

"Seperti kejadian di film MARIPOSA. Itu penontonnya bagus pada minggu pertama, tapi kena PPKM bioskop harus tutup. Pas bioskop buka lagi, momentumnya sudah hilang," imbuh pria berkacamata tersebut mencontohkan.

3. Siapkan Tanggal Pengganti

Berbeda dengan dua tahun lalu di mana kasus covid membuat siapapun berada dalam ketidakpastian, kali ini MD Pictures sudah menyiapkan back up plan. Manoj Punjabi selaku produser memiliki tanggal pengganti bila kondisi pulih.

"Cuma saya berani jamin mundurnya rilis nggak akan selama sebelumnya. Dulu kan keadaan masih tanda tanya besar, kalau sekarang sudah lebih terkendali harusnya. Maksudnya, harusnya nggak seperti sebelumnya sampai dua tahun. Pastinya akan tetap rilis tahun ini. Kita udah ada incaran bulan berapa tapi belum mau ngomong dulu. Lihat keadaan," bocor Awi.

4. Gunakan Ular Asli

Menurut Manoj adegan di film ini mengharuskan beberapa para pemain bergulat dengan puluhan ular asli. Karena dengan menggunakan puluhan ular asli agar semuanya tampak nyata dan penonton akan merasa merinding saat melihat adegan tersebut.

"Karena kalau CGI akan terasa nggak real, gimana ya saya mau dapet efeknya dari uler itu untuk membuat penonton merinding pas nonton film ini nanti. Memang sih kalau semua ular CGI bisa, tapi waktunya bisa lama, bisa sampai 5-8 bulan makan waktu," ujarnya.

5. Libatkan Artis Muda

Film ini merupakan hasil kolaborasi dua sosok pencetak box office film horor yang di sutradarai Awi Suryadi dan Manoj Punjabi sebagai produsernya.

Selain itu, film ini akan melibatkan beberapa aktor muda berbakat seperti Fajar Nugraha, Aghniny Haque, Calvin Jeremy, Adinda Thomas, dan Tissa Biani. Tak hanya aktor muda, ada juga beberapa aktor senior yang nantinya juga ikut ambil peran di film KKN: DI DESA PENARI seperti Diding Boneng dan Kiki Narendra.


REKOMENDASI
TRENDING