'KURUNG MANUK', Film Indonesia Yang Raih 5 Penghargaan di Amerika

Sabtu, 10 Desember 2016 19:52 Penulis: Ferry Sanjaya
'KURUNG MANUK', Film Indonesia Yang Raih 5 Penghargaan di Amerika KURUNG MANUK © Kapanlagi/Mathias Purwanto

Kapanlagi.com - Lagi-lagi film karya anak Indonesia mendapat apresiasi dari luar negeri. Ya, kali ini film KURUNG MANUK besutan Sigit Pradityo memboyong lima penghargaan sekaligus di Los Angeles Underground Film Forum (LAUFF 2016) yang berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat,  pada tanggal 19 hingga 20 November lalu.

Lima kategori penghargaan yang diraih oleh film KURUNG MANUK tersebut adalah Winner of Jury Award, Best Underground Feature, Best Experimental feature, Best Foreign Language Feature, serta Best First Feature.

Tak hanya itu,  film besutan Sigit Pradityo ini  juga mendapat kehormatan untuk menjadi opening festival yang diselenggarakan di Vidiots sebuah tempat pemutaran film sekaligus sebuah rental video/ DVD ikonik dan legendaris di Los Angeles yang pernah digunakan sebagai tempat presentasi  para sineas maupun  aktor terkenal Hollywood seperti David Lynch, The Coen Brothers,Benicio Del Toro, Elijah Wood, hingga Oliver Stone.

KURUNG MANUK © Kapanlagi/Mathias PurwantoKURUNG MANUK © Kapanlagi/Mathias Purwanto


KURUNG MANUK sebuah film panjang  pertama yang disutradarai oleh Sigit Pradityo yang dalam produksinya mempergunakan cara "Rebel without a crew"  ini mengisahkan sosok Manuk yang dianggap sebagai orang aneh karena ia tidak pernah terlihat keluar dari kamarnya. Hal itu membuat Manuk menjadi bahan pembicaraannya di lingkungannya. Di lain pihak ada kasus pembunuhan berantai yang diindikasikan bahwa Manuk adalah pelakunya.

Berbagai hal unik yang terjadi selama proses pembuatan film Kurung Manuk pun menjadi bahan diskusi menarik di LAUFF 2016. Dalam kesempatan tersebut Sigit Pradityo menuturkan bahwa dirinya terpaksa mencicil hingga 5 tahun untuk menyelesaikan film KURUNG MANUK hingga tuntas.

Tahun 2016, Film KURUNG MANUK sudah berkeliling Jawa dan Bali. Film ini juga dapat apresiasi dari Kaizuka Qosmos Theatre di Osaka, Jepang. Saat ini film KURUNG MANUK sedang dalam proses negosiasi dengan salah satu distributor film Indie di Hollywood.

Simak Berita Lainnya:

(kpl/pur/frs)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING