FILM INDONESIA

Livi Zheng Bakal Garap Film 'THE SANTRI', Ikut Tampil di Dalamnya?

Selasa, 10 September 2019 13:52 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Kapanlagi/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Livi Zheng mengaku bangga dipercaya Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk menyutradarai film THE SANTRI. Sebagai sutradara, ia akan berupaya keras membuat film tersebut sesuai dengan yang diharap PBNU.

"Saya senang sekali ketika diminta menyutradari film ini, ini suatu kebanggan buat saya," ujarnya ketika ditemui saat peluncuran trailer fim THE SANTRI di gedung PBNU, Jakarta, Senin (9/9).

Ia pun mengungkap alasan mengapa bersedia menjadi sutradara film tersebut. "Kenapa saya langsung mengiyakan (tawaran PBNU), pertama sejarah Indonesia tidak lepas dari santriwan dan santriwatinya dan (film) ini juga mengangkat kebudayaan Indonesia. Seperti diketahui saya selalu mengangka kebudayaan di Indoneisa di fim-film saya," imbuhnya.

Livi mengatakan berencana mendistribusikan film THE SANTRI ke Amerika seperti film-film yang telah dibuatnya. "Kami ingin film ini didistribusikan di Indonesia, Amerika dan beberapa negara juga," ucapnya.

 

1. Diperankan Emil Dardak

Film THE SANTRI diperankan oleh Emil Dardak, Gus Azmi, Veve Zulfikar, dan Wirda Mansur. Rencananya film dengan genre drama action ini akan mulai proses syuting pada Oktober mendatang. Indonesia dan Amerika dipilih menjadi lokasi pengambilan gambar.

Ketika disinggung apakah Livi juga akan ikut ambil bagian sebagai pemain seperti di sejumlah film dia sebelumnya, Livi mengaku belum memutuskannya.

"Jadi kalau di setiap film saya muncul, itu nggak juga. Kalau ada peran yang pas, baru saya muncul, kalau nggak, saya nggak muncul. Kalau di film ini belum tahu (apakah muncul atau tidak) saya perlu berdiskusi dengan tim dulu," ujarnya.

2. Angkat Tema Umat Islam

Film THE SANTRI mengangkat tema umat Islam yang toleran dan plural dengan kisah perjalanan beberapa santri yang merantau ke Amerika. Film ini direncanakan tayang pada April 2020.

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj mengatakan THE SANTRI diharapnya bisa menjadi media dakwah dalam konteks pendidikan, budaya dan akhlak sekaligus sarana memerkuat, memperkokoh Islam di Nusantara.

"Melalui film ini kita dakwahkan Islam yang santun, Islam yang berbudaya serta menjadi kiblat perkembangan agama Islam sehingga dunia bisa melihat bahwa Islam di Indonesia seperti Islam yang diajarkan dalam Alquran," ujarnya.


REKOMENDASI
TRENDING