FILM INDONESIA

Mani Man, Produser dan Penulis Film SHADOWS Hadir di Pembukaan Asian Cinerama Film Festival 2022

Sabtu, 17 September 2022 22:43

Mani Man (credit: Dokumentasi Pribadi)

Kapanlagi.com - Produser sekaligus penulis naskah film Shadows, Mani Man hadir dalam pembukaan Asian Cinerama Film Festival yang digelar mulai Kamis (15/9/2022) hingga Minggu (18/9/2022) di XXI Plaza Indonesia.

Lewat kegiatan tersebut, produser dan penulis asal Hongkong ini berbagi pengalaman dalam proses pembuatan film Shadows kepada sineas muda Tanah Air.

"Terima kasih sudah menyambutku, ini kali pertama aku di Jakarta, aku penulis Shadows ingin berdiskusi dengan kalian pada seminar yang diselenggarakan Universitas Binus Center Hang Lekir yang mana aku hadir sebagai pembicara," kata Mani Man usai pemutaran film Shadows, Kamis (15/9/2022).

1. Banyak Kendala

Mani Man mengatakan banyak kendala saat membuat film Shadows, terutama riset. Sebab lewat film tersebut, dirinya ingin mengeksplor ruang alam bawah sadar manusia pada kebaikan dan kejahatan.

"Banyak kesulitan saat menulis konsep ini, sulit nggak ada jawaban yang absolut 100 persen benar. Kesulitan juga terjadi saat adegan sang tokoh masuk ke dunia subconscious jadi banyak hal yang didiskusikan antara kru karena banyak hal yang harus dibuat untuk menunjukkan bagian subconscious. Proses post pro juga sulit lagi- lagi karena bagian subconscious itu," ungkapnya.

2. Pengalaman Pembuatan Film

Selain berbagi pengalaman tentang pembuatan film Shadows, Mani Man juga bercerita jika dirinya juga suka memperhatikan film-film Indonesia.

"Aku nonton banyak film Indonesia dan aku menyukai beberapa di antaranya. Salah satunya satan slave (Pengabdi Setan) itu keren box office di Hongkongnya bagus dan industri film di sini sedang sangat berkembang karena banyak film dan serial yang sudah masuk ott seperti disney plus dan netflix. Aku positif menyambut film karya sineas Indonesia dan aku harap aku bisa membuat sesuatu dengan filmmaker disini," tuturnya.

3. Film Hong Kong Terbaik

Asian Cinerama Film Festival 2022 merupakan program pertama dalam menyambut Balinale 2023. Acara diawali dengan pemutaran film Shadows karya sutradara Glenn Chan. Shadows disebut-sebut sebagai Salah satu film Hong Kong terbaik.

Selain film Shadows, Asian Cinerama Film Festival 2022 juga memutar 5 film lainnya dari bermacam genre yang merupakan karya menarik dari para sineas Hong Kong, yakni film Madalena, Anita, Table For Six, Chilli Laugh Story, dan Raging Fire.

REKOMENDASI
TRENDING