Mau Jadi Sineas, Mahasiswi Ini Bolos Kuliah Sambangi JAFF 2015

Minggu, 06 Desember 2015 05:01 Penulis: Arai Amelya
Mau Jadi Sineas, Mahasiswi Ini Bolos Kuliah Sambangi JAFF 2015 JAFF 2015 © KapanLagi.com®/Abbas Aditya
Kapanlagi.com - Penyelengaraan Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) selalu ditunggu-tunggu oleh para pecintanya. Contohnya gadis bernama Olga yang datang jauh-jauh dari Bandung ke Jogja untuk acara yang sudah memasuki tahun ke sepuluh ini.

Mahasiswi sebuah perguruan tinggi Bandung itu sampai bolos kuliah demi JAFF lho. Pengorbanan tersebut dirasa impas lantaran mendapatkan pelajaran gratis menjadi sineas dari sutradara-sutradara muda Yogyakarta yang mulai diperhitungkan oleh industri.

"Aku datang ke JAFF sampai bolos. Padahal Senin ada UAS," aku Olga di Loop Station Yogyakarta, Sabtu siang (5/12).

Berbeda dengan festival film kebanyakan yang cenderung formal, JAFF memang lebih santai. Narasumber yang diundang bebas ditanya dan berbagi banyak hal tanpa batasan kepada siapa pun yang ingin belajar seluk beluk film.

Sebagai executive director JAFF, Ifa Isfansyah antusias berbagi pengalaman © Bambang E RosSebagai executive director JAFF, Ifa Isfansyah antusias berbagi pengalaman © Bambang E Ros

Ifa Isfansyah selaku executive director bahkan mengaku mungkin hanya di festival inilah para sutradara berani menjadi diri mereka apa adanya. Tidak ada setelan formal, diganti dengan kaus, celana jeans dan sandal jepit.

"Di JAFF kita nggak perlu pakai jas. Kita sutradara malah pakai sandal. Pembuat film dan penonton itu sama. Kan biasanya di festival harus baju formal, penonton lalu susah bertemu pembicara karena langsung dibawa ke hotel. Di sini tinggal tarik. Kami nggak segan membagi pengalaman," ungkap Ifa ditemui di tempat yang sama.

JAFF memang bukan festival mewah, ia hadir dengan kesederhanaan. Tak heran dalam peta internasional acara ini masuk sebagai 25 festival keren dunia yang harus tetap ada sampai bertahun-tahun mendatang.

(kpl/abs/aia)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING