FILM INDONESIA

Mengenal Keluarga Dilan di Film 'DILAN 1991', Siapa Karakter Favoritmu?

Sabtu, 23 Februari 2019 10:31 Penulis: Sora Soraya

Iqbaal Ramadhan © Max Pictures

Kapanlagi.com - Dalam hitungan hari, kamu akan segera menyaksikan kelanjutan kisah cinta Dilan dan Milea dalam film DILAN 1991. Dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, film adaptasi dari novel karangan Pidi Baiq ini berhasil mencuri hati para penontonnya.

Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla berhasil memainkan karakter mereka sebagai Dilan dan Milea dengan sempurna. Selain mereka, masih ada sederet bintang yang punya peranan penting dalam kisah ini, termasuk keluarga besar Dilan.

Kamu tentunya penasaran dong segala macam info seputar keluarga Dilan, siapa saja mereka dan seperti apa pengaruhnya bagi Dilan? Untuk menjawab rasa penasaran kamu, berikut ini merupakan ulasan lengkapnya. Selamat membaca! ;)

 

1. Bunda, Ibu Dilan

Buat kamu fans setia Dilan, tentunya sudah tak asing lagi dengan sosok Bunda atau Bundahara, dan terkadang Sari Bunda bukan? Diperankan oleh Ira Wibowo, Bunda sebenarnya lahir di Aceh, namun hidup berpindah-pindah ikut suaminya sampai mereka menetap di Bandung sejak Dilan masih kelas 5 SD.

Karakter Bunda ini benar-benar keibuan, lemah lembut, perhatian, dan penyayang. Meski Dilan adalah anak yang nakal dan berstatus sebagai panglima tempur geng motor di Bandung, bunda tetap bersikap lemah lembut dan perhatian padanya. Mungkin itulah alasan mengapa Dilan punya sisi manis dan romantis meski suka berantem.

Tidak hanya baik pada Milea, Dilan juga patuh terhadap ibunya. Meski suka jahil, Dilan tak pernah membantah apa yang dikatakan bunda. Selain itu, Dilan juga sangat perhatian pada orang-orang yang lemah dan membutuhkan bantuan. Meski gayanya sok jagoan, tak bisa dipungkiri jika Dilan memang rendah hati.

2. Saudara Dilan

Tak hanya seorang diri, Dilan juga punya 4 saudara yang lain. Dua di antaranya pernah muncul dalam film pertama DILAN 1990. Mereka adalah Bang Banar yang diperankan oleh Afriezal Raesandhi dan si bungsu, Disa yang dimainkan Adhisty Zara atau yang lebih dikenal dengan Zara JKT48.

Selain Banar, Dilan juga punya kakak laki-laki lainnya yang bernama Landin. Sementara itu, putri sulung Bunda berprofesi sebagai seorang guru dan sudah menikah. Karena hal itu, kakak perempuan Dilan ini tidak menetap di Bandung dan ikut suaminya.

3. Wati, Sepupu Dilan

Karakter Wati yang diperankan oleh Yoriko Angeline sempat mencuri perhatian karena pesona kecantikan yang dimilikinya. Di film, Wati berstatus sebagai saudara sepupu Dilan. Ibunda Wati adalah adik dari ayah Dilan yang bernama Faisal.

Wati juga memegang peranan yang cukup penting, pasalnya selain menjadi sepupu Dilan, ia juga berteman dekat dengan Milea. Masih ingat dong adegan di mana Wati dan Milea sedang makan di kantin, dan akhirnya ia mengaku sepupu Dilan saat ditanya oleh Milea?

Tidak berhenti sampai di situ saja, Wati juga pacaran sama sahabat Dilan yang bernama Piyan (Omara N. Esteghlal). Nggak heran kalau mereka jadi dekat dan selalu bareng ke mana-mana. Nggak cuma dapat pacar, Milea juga berhasil memenangkan hati saudara sepupu Dilan.

Soal karakter, Wati yang asli Bandung ini berbicara dengan logat Sunda yang kental. Dia juga gadis yang sangat feminin, ramah, dan pandai bergaul.

4. Letnan Ical, Ayah Dilan

Sepanjang film DILAN 1990, pemirsa tidak ditunjukkan seperti apa sosok ayah Dilan yang bernama Letnan Faisal atau yang lebih akrab disapa dengan nama Ical. Yup, pangkat Letnan tersebut didapat karena ayah Dilan bekerja sebagai ABRI (dulu, kini disebut sebagai TNI).

Bucek Depp menjadi aktor yang terpilih untuk memainkan karakter Letnan Ical ini. Dalam DILAN 1991, Bucek berakting sebagai seorang ayah yang tegas dan disiplin. Pernah dalam suatu kesempatan, Letnan Ical memberikan sanksi tegas pada Dilan karena terlibat tawuran. Ia membiarkan Dilan diamankan polisi untuk menebus kesalahannya.

Bicara soal pekerjaan ayah Dilan, Letnan Ical sering berpindah tugas. Karena itulah ia membawa serta keluarganya pindah ke berbagai provinsi di Indonesia. Mereka pernah tinggal di Kabupaten Manatuto, Timor-Timor (yang kini sudah memisahkan diri dan berubah menjadi Timor Leste) saat Dilan masih kelas 3 SD. Sejak saat itu, Dilan sekeluarga sempat tinggal ke Ambon, Manahan, Solo, hingga Bandung.

Well, setelah membaca sederet fakta tentang keluarga Dilan, tentunya kamu makin penasaran dong seperti apa kelanjutan kisah cinta Dilan dan Milea di film DILAN 1991? Kalau sudah begitu, karakter siapa sih yang jadi favoritmu? Yuk berbagi dalam kolom komentar di bawah ya! ;)

(kpl/sry)

Editor: Sora Soraya


REKOMENDASI
TRENDING