'MIMPI ANAK PULAU' Kisah Nyata Perjuangan Menggapai Asa

Selasa, 16 Agustus 2016 08:52 Penulis: Ahmat Effendi
'MIMPI ANAK PULAU' Kisah Nyata Perjuangan Menggapai Asa Gani Lasa ©KapanLagi.com/Sahal Fadhli

Kapanlagi.com - Kisah perjuangan anak pulau Batam, Kepualauan Riau, Gani Lasa, menggugah Nadienne Batam Production dan Studiopro 1226 Jakarta, untuk mengangkatnya ke layar lebar. Berjudul MIMPI ANAK PULAU, film keluarga ini dinilai dapat menginspirasi masyarakat lewat semangat kehidupan masa kecil Gani.

"Film ini sengaja dihadirkan pada moment yang tepat, menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Sehingga jadi persembahan karena nilai perjuangan yang terkandung bertujuan menginspirasi anak-anak Indonesia," ujar Indra Sudirman, selaku prodeser eksekutif, di gala premier film MIMPI ANAK PULAU, belum lama ini.

Sementara itu, Gani Lasa mengaku terharu dan tidak menyangka kisahnya diangkat ke film layar lebar. Apalagi jika mengenang masa kecilnya yang hanyalah sebagai anak pulau dan tidak memiliki apa-apa.

Ray Sahetapy bermain dalam film Mimpi Anak Pulau. ©KapanLagi.com/Sahal FadhliRay Sahetapy bermain dalam film Mimpi Anak Pulau. ©KapanLagi.com/Sahal Fadhli

"Ini kisah nyata dari kehidupan saya, anak pulau yang tidak punya apa-apa. Sekarang Batam jadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi, tetapi dulunya saat kami kecil, ini pulau terpencil, dihuni pendatang dari Sulawesi, pulau Selayar, yang berlayar ke Singapura," kenang Gani.

Memperkuat kedalaman film tersebut, MIMPI ANAK PULAU sengaja memilih lokasi syuting di Batam. Sebagaimana kisah hidup yang dijalani Gani saat kecil. Film ini diharapkan, menjadi inspirasi bagi orangtua tentang pentingnya pendidikan bagi anak.

"Kami mengangkat film ini bukan karena Pak Gani sebagai deputi di BP Batam, namun perjalanan hidupnya dari kecil, dibalut kemiskinan namun dia ingin tetap sekolah. semangat itu yang semoga menjadi inspirasi baik untuk orang tua juga anak-anak," ujar Kiki Nurisman, selaku sutradara.

Dalam penggarapannya, film Mimpi Anak Pulau ini memadukan aktor dan aktris dari dua negara serumpun, Indonesia dan Malaysia. Ray Sahetapy yang berperan sebagai bapak Gani Lasa, Ananda Lontoh sebagai Rubiah, ibu dari Gani lasa, dan aktor cilik pendatang baru yakni Daffa Permana yang memerankan Gani Lasa kecil. Sedangkan dari Malaysia, aktor Dato Tamimi dan Mardiana Alwi.

(kpl/aal/sjw)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING