Modal Nekat, Film Kamila Andini Tembus Festival Film Toronto

Senin, 14 September 2015 10:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Modal Nekat, Film Kamila Andini Tembus Festival Film Toronto FOLLOWING DIANA/©babibuta films
Kapanlagi.com - Satu lagi karya anak bangsa yang tembus pasar Internasional. Film pendek SENDIRI DIANA SENDIRI berhasil masuk ke dalam Toronto International Film Festival ke-40. Fitur besutan sutradara muda Kamila Andini tersebut masuk dalam kompetisi Short Cuts bersama karya-karya terpilih dari seluruh dunia.

Uniknya, Kamila membuat film yang memiliki judul bahasa Inggris FOLLOWING DIANA ini dikarenakan hasil nekat. Ia mengaku film pendek bukan keahliannya karena polanya dalam bercerita terbiasa panjang.

"FOLLOWING DIANA film pendek pertama saya. Di sini saya menantang diri meski tahu pola bercerita saya panjang. Jadi agak sulit ketika membuat film ini," kata Kamila saat ditemui di Taman Ismail Marzuki beberapa waktu lalu.

Kamila Andini sukses tembus TIFF/© KapanLagi.com®/Abbas AdityaKamila Andini sukses tembus TIFF/© KapanLagi.com®/Abbas Aditya

Beruntung batasan film pendek yang bergeser membuat istri Ifa Isfansyah itu dapat menyelesaikan kisah Diana. "Kalaupun sekarang saya bikin, karena sekarang batasan-batasan di film sudah mulai tidak ada. Maksudnya, film pendek sekarang 60 menit. Film panjang 80 menit. Jadi film pendek semakin panjang, film panjang semakin pendek," imbuhnya.

Pergeseran batas durasi itulah yang membuat sutradara THE MIRROR NEVER LIES itu tertantang menyelesaikan debut film pendeknya. Hingga akhirnya SENDIRI DIANA SENDIRI yang dibintangi Raihaanun dan Tanta Ginting tersebut berlaga di ajang bergengsi dunia.

"Lewat film ini saya mencari tahu sejauh mana saya bisa mengeksplor cerita saya. Memendekkan ide-ide panjang dan memanjangkan ide-ide pendek. Itu semua pengalaman," tutupnya. 

(kpl/abs/tch)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING