FILM INDONESIA

Tak cuma 'MENCURI RADEN SALEH', Ini 7 Film Iqbaal Ramadhan yang Berhasil Curi Perhatian

Sabtu, 03 September 2022 14:07 Penulis: Editor KapanLagi.com

Iqbaal Ramadhan © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan atau lebih dikenal Iqbaal Ramadhan memang merupakan aktor dan penyanyi yang banyak digemari oleh kaum hawa. Karirnya dalam dunia peran sudah tidak diragukan lagi, dirinya sudah banyak mendapatkan penghargaan selama terjun sebagai aktor. Setiap Film yang dibintanginya pasti selalu viral dan memiliki banyak peminat dari segala kalangan.

Aktor kelahiran 22 Desember 1999 ini mengawali karir melalui drama musikal Laskar Pelangi lalu bergabung dalam grup musik Coboy Junior (CJR) pada tahun 2011 hingga 2017. Tidak hanya fokus dalam dunia entertain saja, Iqbaal Ramadhan juga sangat mementingkan pendidikan. Diketahui dirinya pernah bersekolah di Amerika serikat dan sampai saat ini melanjutkan kuliahnya di Universitas Monash, Australia.

Nama Iqbaal Ramadhan saat ini kembali ramai dibicarakan karena karya terbarunya MENCURI RADEN SALEH sudah tayang di bioskop Indonesia. Dirinya berperan sebagai Piko (The Forger) salah satu komplotan dari pencurian lukisan sang maestro, Raden Saleh. Yuk intip deretan film Iqbaal Ramadhan lainnya yang membuat namanya semakin dikenal oleh publik.

1. ALI & RATU RATU QUEENS

Film ALI & RATU RATU QUEENS merupakan film yang dirilis di Netflix pada 17 Juni 2021. Dengan genre drama komedi tetapi tetap menawarkan sentuhan haru pada saat Ali (Iqbaal Ramadhan) harus mencari Ibunya yang berada di New York. Film ini disutradarai oleh Lucky Kuswandi dan Gina S. Noer sebagai penulisnya.

Dalam Film ini, Iqbaal Ramadhan di persatukan oleh aktris-aktris senior seperti Nirina Zubir, Tika Panggabean, Happy Salma dan juga Asri Welas. Film ini hampir masuk ke seluruh nominasi dari Festival Film Indonesia (FFI) 2021, dan pertama kali dalam sejarah berhasil memenangkan penghargaan Djamaludin Malik yang merupakan penghargaan untuk film terfavorit penonton.

Buat kalian yang penasaran gimana serunya Film ALI & RATU RATU QUEENS, kalian masih dapat saksikan film ini di Netflix.

2. BUMI MANUSIA

Film BUMI MANUSIA merupakan salah satu film yang membuat nama Iqbaal Ramadhan semakin menarik perhatian. Dirinya dipercaya memerankan karakter Minke atau Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerojo dalam film yang diadaptasi dari novel terkenal karya Pramoedya Ananta Noer.


Film ini dirilis pada tanggal 9 Agustus 2019 oleh Falcon Pictures, yang menceritakan tentang kisah dua orang anak muda pada awal abad ke 20 yaitu Minke dan Annelies Mellema (Mawar Eva de Jongh). Mereka berdua saling jatuh hati, tetapi terhalang oleh strata sosial yang berlaku pada saat itu.

Akting Iqbaal Ramadhan saat memerankan karakter Minke membuat banyak orang memuji kualitas aktingnya. Dan juga Film BUMI MANUSIA ini berhasil mendapatkan beberapa penghargaan dalam Festival Film Bandung 2020, dan untuk Iqbaal Ramadhan sendiri berhasil memenangkan kategori Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop.

3. DILAN 1990 dan DILAN 1991

Film DILAN 1990 merupakan Film yang berhasil membuat nama Iqbaal Ramadhan melambung sehingga dikenal oleh berbagai kalangan. Film ini termasuk film yang sangat viral pada tahun 2018 lalu. Bahkan tren rayuan Dilan pun banyak yang membuat versi remakenya.

Film DILAN 1990 ini berhasil mendapatkan 6.315.664 penonton. Tidak berhenti sampai disitu, satu tahun setelahnya Falcon Pictures kembali merilis lanjutannya yaitu DILAN 1991 yang juga berhasil mendapatkan 5.253.411 penonton. Oleh karena itu hingga sampai saat ini Karakter Dilan dinilai sangat melekat di sosok Iqbaal Ramadhan.

DILAN 1990 dan DILAN 1991 adalah film yang diproduksi oleh Max Pictures dan disutradarai oleh Fajar Bustomi dan Pidi Baiq. Film ini bercerita tentang kisah percintaan yang indah dan penuh lika liku dari Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla). Cerita Dilan diangkat dari novel karya Pidi Baiq yang menggambarkan kisah cinta anak SMA pada tahun 90an dengan latar tempat yaitu kota Bandung.

4. MILEA: SUARA DARI DILAN

Film yang dirilis 13 Februari 2020 ini juga masih dalam masa kejayaan Iqbaal Ramadhan. Alur cerita dalam film ini diambil dari sudut pandang seorang Dilan, yang merupakan adaptasi dari buku novel seri terakhir dari film DILAN 1990 dan DILAN 1991 karya Pidi Baiq.

Dalam sekuel film ini hubungan kisah cinta Dilan dan Milea mengalami banyak sekali permasalahan. Dikarenakan Dilan yang merupakan anggota geng motor dan sekaligus sebagai Panglima Tempur, membuat Milea khawatir jika terjadi apa-apa dengan Dilan. Hal tersebutlah yang membuat hubungan mereka tidak berjalan dengan baik.

Film MILEA: SUARA DARI DILAN mendapatkan penghargaan dari SCTV Award sebagai Film Layar Lebar Paling Ngetop 2020. Untuk kisah lengkapnya dari film DILAN 1990, DILAN 1991, dan juga MILEA: SUARA DARI DILAN masih dapat kalian saksikan di tayangan Netflix.

5. ADA CINTA DI SMA

ADA CINTA DI SMA merupakan salah satu film yang Iqbaal Ramadhan mainkan saat masih bersama grup musiknya yaitu CJR. Film ini dirilis pada 27 September 2016 yang diproduksi oleh Starvision Plus. Dan pastinya dibintangi juga oleh para member CJR lainnya yaitu Aldy Maldini dan Teuku Ryzki.

Dalam film ini Iqbaal Ramadhan disandingkan oleh aktris cantik Caitlin Halderman sebagai lawan mainnya. Mengisahkan cerita anak SMA yaitu Iqbaal dan teman-temannya, dengan ambisi setiap orang yang berbeda. Iqbaal merasa lelah dianggap sebelah mata oleh orang-orang dan akhirnya ia berusaha untuk membuktikan jika dia pantas menjadi ketua osis.

Ayla (Caitlin Halderman) pun memiliki ambisi yang sama dan ingin mengalahkan Iqbaal. Pada saat mereka sama-sama berambisi timbul perasaan diantara keduanya, begitu juga yang dirasakan oleh Aldy dan Kiki dengan lawan mainnya masing-masing. Sehingga ada kisah cinta di antara 3 pasangan yang berada di masa SMA tersebut.

6. CJR THE MOVIE: LAWAN RASA TAKUTMU

Saat Iqbaal Ramadhan masih bergabung dalam CJR, dirinya sudah menjadi idola remaja pada saat itu dan sudah banyak karya yang dirinya hasilkan. Salah satunya yaitu CJR THE MOVIE: LAWAN RASA TAKUTMU yang diproduksi oleh Falcon Picture dan disutradarai oleh Patrick Effendy. Film tersebut dirilis pada 18 Februari 2015.

Mengisahkan tentang apa yang sebenarnya terjadi dan dirasakan oleh CJR sendiri, yang sedang merasa kehilangan dan gelisah setelah ditinggal oleh satu personilnya. Film CJR THE MOVIE: LAWAN RASA TAKUTMU juga diramaikan oleh aktor-aktor senior yaitu Abimana Aryasatya, Arie Keriting, Rio Dewanto, Surya Saputra, dan lain sebagainya.

7. 5 ELANG

5 ELANG merupakan debut pertama Iqbaal Ramadhan dalam dunia peran film layar lebar. Disutradarai oleh Rudi Soedjarwo dan penulis Salman Aristo, Film ini merupakan film drama petualangan. Mengisahkan tentang anak-anak anggota Pramuka yang harus mengikuti perkemahan dan Iqbaal Ramadhan berperan sebagai Rusdi Badruddin.

Dalam perannya sebagai Rusdi, Iqbaal Ramadhan membuktikan jika dirinya memang bertalenta dan juga berkembang dari masa ke masa. Film ini mendapat penghargaan dalam ajang Festival Film Indonesia tahun 2011 dalam kategori Penata Suara Terbaik. Film ini masih dapat disaksikan di bioskop online loh KLovers.

Ditulis oleh Putriku Aishwarya Ravelia.

REKOMENDASI
TRENDING