'PENGABDI SETAN' Jadi Horor Pertama Masuk Kategori Film Terbaik FFI

Jum'at, 06 Oktober 2017 14:15 Penulis: Rahmi Safitri
'PENGABDI SETAN' Jadi Horor Pertama Masuk Kategori Film Terbaik FFI Pengabdi Setan © Rapi Films

Kapanlagi.com - Festival Film Indonesia 2017 akhirnya mengumumkan nominasi yang akan bersaing ketat pada malam penganugerahan nanti di Manado. Banyak elemen kejutan tatkala horor PENGABDI SETAN meraih 13 kategori krusial di mana salah satunya adalah Film Terbaik.

Masuknya besutan Joko Anwar bersanding dengan KARTINI, POSESIF, NIGHT BUS, dan CEK TOKO SEBELAH jelas prestasi luar biasa. Pasalnya ini menjadi horor pertama yang masuk kategori vital tersebut. Sebelumnya memang pernah ada, namun tidak mengisi posisi Film Terbaik.

Joko sendiri mengaku tidak percaya atas apresiasi yang ada baik dari juri maupun penonton. Namun satu hal yang menjadi concern dia kalau horor akhirnya kembali dianggap dan mendapatkan tempat layak di mata penonton. Seperti diketahui, sebelumnya horor sempat dipandang sebagai tontonan remeh yang mengumbar keseksian semata.

"Luar biasa senang karena ini film horor pertama yang dapat nominasi Film Terbaik. Karena tujuan kita bikin film PENGABDI SETAN adalah menempatkan, meningkatkan genre horor ke tempat yang dihormati di Indonesia. Selama ini film horor dianggap kelas dua, karena kita cinta dengan film horor, maka kita ingin genre ini berada di tempat yang selayaknya. Dapat apresiasi penonton luar biasa sampai mereka jerit-jeritan, dapat nominasi FFI pula di kategori penting, kita senang. Karena tujuan pembuatannya tercapai," ungkap Joko saat dihubungi KapanLagi.com®, Jumat (6/10/2017).

Joko Anwar merasa sangat luar biasa © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom SukaryaJoko Anwar merasa sangat luar biasa © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Rasa senang juga dituturkan Sunil Samtani selaku produser dan pemegang lisensi film PENGABDI SETAN tahun 1980. Saking tidak bisa mengucap apa-apa, ia hanya bisa berterima kasih terutama pada Joko Anwar yang dengan begitu hebat membuat versi prequel menjadi tontonan apik

"Ini bagi Rapi Films sebuah penghargaan luar biasa. Saya sampai nggak bisa ngomong apa-apa selain terima kasih ke penonton Indonesia dan juri. Kepala ini semua Joko Anwar. Mungkin karena walaupun horor, Joko Anwar menggarapnya serius. Dari art dan setting 80an bener-bener dijaga," kata Sunil saat dihubungi dalam wawancara berbeda.

PENGABDI SETAN hingga saat ini masih tayang di bioskop tanah air sejak rilis 28 September kemarin. Selama delapan hari pemutaran, horor yang dibintangi Tara Basro dan Dimas Aditya tersebut sudah ditonton 1.118.773 penonton dan akan terus bertambah.

(kpl/abs/pit)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING