Pengalaman Pertama Dion Wiyoko Main Barongsai, Sempat Cedera

Sabtu, 21 Januari 2017 16:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Pengalaman Pertama Dion Wiyoko Main Barongsai, Sempat Cedera Dion Wiyoko/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Dion Wiyoko mengaku sangat antusias ketika ditawari untuk bermain di film THE LAST BARONGSAI yang mengangkat budaya Cina Benteng serta menampilkan keragaman etnis di Indonesia. Dalam film garapan Ario Rubbik ini, Dion berperan sebagai Aguan yang mendapat beasiswa di luar negeri namun dihadapkan pilihan untuk melestarikan budaya keluarganya sebagai pemain barongsai.

"Ini pertama kali saya main barongsai, karena ini memang menarik tradisinya. Kebetulan saya memeng keturunan chinese ini salah satu momen yang membanggakan buat saya, bisa berkarya di film sebagai etnis Cina Benteng dan memainkan barongsai," ujar Dion usai press screening THE LAST BARONGSAI di CGV Blitz, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jum'at (20/1).

Dalam film produksi Karnos Film ini, Dion beradu akting dengan komedian Azis Gagap yang menjadi partner barongsainya. Mereka pun serius berlatih untuk memberikan penampilan yang terbaik. "Sedikit ada wushu juga tapi memang Aguan ini lebih concern main barongsainya. Kebetulan mainnya ekor, waktu dikasih tahu pemain kepalanya Azis Gagap mikir juga. Waduh ini ngangkat gimana caranya. Ternyata ada teknik khusus untuk barongsai. Meskipun badannya besar tapi kalau ada tumpuan yang pas bisa ngangkat. Tapi nggak bisa lama-lama juga," lanjutnya.

Dion bahkan sempat mengalami cedera karena ternyata sangat sulit melakukan gerakan barongsai. "Iya (cedera), karena posisi ekornya ini kan harus bungkuk 90 derajat. Agak melengkung. Pokoknya posisinya harus indah. Karena belum kebiasa, posisi lagi nggak beres itu sempat kecetit juga. Apalagi pas ngangkat, syukur-syukur nggak turun bero sih ngangkat Azis. Lumayan (berat) sih itu," kata aktor 32 tahun itu.

Dion sempat cedera saat pertama kali main barongsai//©KapanLagi.com®/Agus ApriyantoDion sempat cedera saat pertama kali main barongsai//©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Saat memainkan barongsai memang tidak semua dilakukan Dion dan Azis. Ada stuntman yang dipersiapkan untuk adegan barongsai tonggak. "Kalau misalkan adegan barongsai lantai, langsung gue dan Azis yang main. Kalau barongsai tonggak memang itu nggak bisa satu dua tahun belajar. Mesti bertahun-tahun, lama," jelas Dion.

"Juara nasionalnya yang jadi stuntman itu harus bertahun-tahun. Separuh hidupnya yang main barongsai tonggak pada saat syuting masih cedera juga. Apalagi yang baru belajar. Memang resikonya tinggi jadi pihak produksi mempersiapkan stuntman," pungkasnya.

Selain Dion Wiyoko dan Azis Gagap, film ini juga turut dibintangi aktor Tio Pakusadewo, Rano Karno, Hengky Solaiman, Suti Karno dan masih banyak lagi. THE LAST BARONGSAI tayang di bioskop tanah air mulai 26 Januari 2017.

(kpl/rhm/tch)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING