FILM INDONESIA

Perankan Sultan Agung, Ario Bayu Bawa Pulang Piala di Ajang Festival Film Bandung

Selasa, 04 Desember 2018 07:30 Penulis: Tyssa Madelina

Ario Bayu mendapat penghargaan bergengsi di Festival Film Bandung 2018 © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Aktor tersohor Ario Bayu sukses memperoleh penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terpuji 2018 dalam Ajang Festival Film Bandung 2018. Kala itu Ario mendapat apresiasi lewat lakonnya sebagai Raja Mataram Sultan Agung.

Selain membawa pulang piala, dalam ajang bergengsi tersebut, film yang ia bintangi juga membawa pulang piala sebagai Film Bioskop Terpuji 2018. Tentu saja ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi aktor berusia 33 tahun itu.

"Dua kali masuk nominasi akhirnya gue dapat juga," ujar Ario Bayu kepada awak media, saat ditemui di Bilangan Setia Budi, Kuningan, Jumat (30 /11/2018).

"Memang ini merupakan salah satu film yang cukup mengeluarkan energi lebih bagi saya. Lebih dari tiga bulan saya riset mengenai era, budaya, tata krama dan cara bahasa," imbuhnya lagi.

1. Dibantu Teman

Selama menjalani proses pendalaman karakter, nyatanya Ario tak berjuang sendiri. Beruntung ia memiliki teman yang paham betul soal budaya pada zaman tersebut hingga memudahkannya untuk menjalani syuting. Tak mau sembarangan, Ario ingin penonton bisa memahami cerita dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan akurat.

"Untungnya ada teman yang membantu memahami budaya dan perilaku saat itu. Selama tiga bulan kami berproses juga belajar menari, di mana setiap gerakan dari tarian Jawa itu ada aksen tubuh dan artinya," ungkapnya.

"Jadi kita juga harus tau filosofi dari aksen itu sendiri, cukup membebani riset ini tapi ini penting dan krusial agar kami bisa memahami karakter. Misi saya untuk menyampaikan cerita yang difilmkan," tegas pria kelahiran Jakarta ini.

2. Bersyukur

Lebih lanjut, Ario juga merasa bersyukur atas keberhasilannya meraih penghargaan di FFB 2018. Menurutnya, alih-alih menjadi ajang berkompetisi, hal itu bisa jadi momentum yang pas untuk menyatukan para sineas.

"Saya bersyukur nominasi ini untuk orang-orang yang punya passion di bidangnya dan saya senang bisa sejajar dengan orang-orang di passion yang sama," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING