'PEREMPUAN TANAH JAHANAM' Harus Berlapang Dada Tidak Masuk ke Dalam Nominasi Oscar

Rabu, 24 Februari 2021 13:07 Penulis: Editor KapanLagi.com
'PEREMPUAN TANAH JAHANAM' Harus Berlapang Dada Tidak Masuk ke Dalam Nominasi Oscar via Imdb

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu kita mendapat mendapat berita bahwa film horor asal Indonesia karya Joko Anwar, menjadi film pertama yang masuk ke dalam nominasi Oscar. Namun sayang sekali film PEREMPUAN TANAH JAHANAM masih belum berhasil menembus panggung Oscar tahun ini. Baru saja pihak dari Academy of Motion
Pictures Arts and Sciences mengeluarkan pengumuman film-film yang masuk ke dalam nominasinya. Dari daftar yang tertera film PEREMPUAN TANAH JAHANAM, sangat disayangkan tidak masuk di dalam nominasi tersebut. Begitu pula film tersebut juga belum masuk ke dalam kategori International Feature Film.

Tidak hanya mengeluarkan jajaran International Feature Film, AMPAS juga juga merilis beberapa kategori lain. Diantaranya Documentary Feature, Documentary Short Subject, Makeup and Hairstyling, Original Score, Original Song, Animated Short Film, Live Action Short Film, dan Visual Effect. Selain itu film-film yang akan masuk dalam daftar tadi akan divoting ulang sebelum menjadi daftar nominasi yang akan diumumkan pada 5 sampai 9 Maret 2021. Untuk acara malam penghargaan sendiri sudah dijadwalkan akan berlangsung pada 25 April 2021 mendatang.

PEREMPUAN TANAH JAHANAM ini mendapat rating cukup baik di situs Rotten Tomatoes sebesar 94%. Film ini menceritakan seorang wanita bernama Maya yang ditemani sahabatnya Dini mengunjungi kampung halamannya. Dengan harapan mendapatkan warisan yang ditinggalkan oleh orang tua saat kembali ke kampung halaman, tanpa diketahui bahwa bahaya kematian telah mengincar mereka. Tidak diragukan lagi bagaimana keseraman film ini, IMPETIGOR merupakan film bergenre horor psikologis. Kelebihan dari film ini penonton diajak untuk merasakan ketakutan yang sama seperti tokoh dalam film.

Meskipun belum bisa masuk ke dalam nominasi Oscar, film ini mampu memborong banyak piala Citra. Diantaranya Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. Ditambah dengan Pengarah Sinematrografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penata Rias Terbaik. Maka dari itu tidak heran jika film ini memecahkan rekor nominasi terbanyak sepanjang sejarah Festival Film Indonesia.

Penulis : Felecia Syadina

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING