Perfilman Nasional Kalah Dengan Hollywood, Ini Kata Garin Nugroho

Kamis, 28 April 2016 10:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Perfilman Nasional Kalah Dengan Hollywood, Ini Kata Garin Nugroho Garin Nugroho/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - 35 tahun sudah sutradara asal Yogyakarta, Garin Nugroho berkecimpung dan mendedikasikan diri untuk industri perfilman tanah air. Beliau dirasa pantas mendapatkan medali kehormatan Ordre des. Arts et des Lettres dari pemerintah Prancis.

Medali ini merupakan penghargaan bagi tokoh dunia yang dinilai telah memberi pengaruh terhadap bidang yang digelutinya. Apa yang sudah dilakukan lelaki 54 tahun ini selama kurang lebih 3 dekade?

"Jadi memang tahun ini adalah 35 tahun berkarya. Saya bikin banyak karya ada buku, film, dan instalasi seni. Mendayakan 35 tahun dengan beragam karya," tuturnya saat ditemui di IFI Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (27/4).

Garin Nugroho mengakui memang industri perfilman manapun masih kalah dibandingkan dengan Hollywood/©KapanLagi.com®/Agus ApriyantoGarin Nugroho mengakui memang industri perfilman manapun masih kalah dibandingkan dengan Hollywood/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Sutradara AACH...AKU JATUH CINTA ini mengaku harus lebih banyak mencoba meski sudah eksis selama puluhan tahun. "Saya sudah lengkaplah bikin film dari berbagai tahun. Temanya pun macem-macem, jadi kayak miniatur Indonesia. Jadi ini 35 tahun merayakan keIndonesiaan dalam film Garin Nugroho," jelas ayah dari sineas muda Kamila Andini ini.

Garin mengaku jika ia akan terus berkarya di kondisi perfilman Indonesia saat ini. "Sinema sekarang adalah era puncak dari generasi baru tapi dengan struktur film Indonesia yang belum selesai secara politik. Tapi bakat baru bermunculan pada puncaknya. Tahun depan itu film crisis artinya pasar tidak menentu tapi film dengan tema bagus banyak bermunculan yang sangat berbeda dari era '98 dan ini sangat menggairahkan," ungkapnya.

Lalu apa komentarnya ketika perfilman nasional selalu dibandingkan dengan industri perfilman Hollywood? "Di dunia itu kalah semua sama Hollywood tidak hanya Indonesia aja. Tapi apakah pemerintah di dunia lalu ngomong, 'Kamu karena kalah kualitas mati aja'. Itu sama saja dengan mematikan bangsa ini," tutupnya.

(kpl/hen/tch)


REKOMENDASI
TRENDING