Reboot Film 'JOMBLO' Hanung Sebut Usaha Penebusan Dosa, Kenapa?

Minggu, 01 Oktober 2017 07:36 Penulis: Subi Akto
Reboot Film 'JOMBLO' Hanung Sebut Usaha Penebusan Dosa, Kenapa? Hanung Bramantyo © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Drama komedi JOMBLO yang rilis medio 2006 silam menjadi salah satu pencapaian seorang Hanung Bramantyo di industri perfilman tanah air. Adaptasi dari novel best seller berjudul sama ini mengisahkan empat anak kuliahan bernama Agus, Olip, Bimo dan Doni yang tengah mencari cinta.

11 tahun kemudian Hanung kembali membuat JOMBLO di mana bukan sebuah remake melainkan reboot. Mengingat sebuah reboot, perubahan besar pun dilakukan dari sisi penokohan serta struktur penceritaan.

Merasa berdosa, alasan Hanung Bramantyo reboot film JOMBLO. © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoMerasa berdosa, alasan Hanung Bramantyo reboot film JOMBLO. © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Perubahan ini dilakukan Hanung sebagai usaha penebusan dosa tatkala membuat film aslinya. Tanpa sadar ending film tersebut memberi perspektif seolah suami Zaskia Adya Mecca ini mendukung perselingkuhan dan pria yang gemar berganti pasangan.

"Di film JOMBLO sebelumnya saya merasa berdosa karena karakter Agus dan Doni mendua, ends up mereka bahagia dengan pacar masing-masing. Diceritakan mereka udah selingkuh dan selamat. Saya merasa dosa besar. Dari alam bawah sadar, saya jadi mengamini orang yang selingkuh, orang yang playboy," aku Hanung ditemui saat gala premiere film JOMBLO di Kemang Village, Jakarta Selatan, Jumat malam (29/9).

Tanpa berniat membocorkan ending versi baru, Hanung menyebut ada perubahan signifikan. Di mana ia sekaligus ingin menyampaikan sebuah pesan untuk generasi masa kini yang memang menjadi sasaran penonton utama.

"Ada value yang ingin saya sampaikan. Saya ingin melakukan sub-koordinat terhadap perempuan," tuntas sutradara yang merasa lelah ketika film-filmnya mendapat protes massa tersebut.

Sudah Baca?

(kpl/abs/ssm)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING