FILM INDONESIA

Film POHON TERKENAL Beserta Film Tentang Polisi Lainnya, Cocok Bagi yang Ingin Jadi Taruna

Senin, 19 September 2022 20:22

Film POHON TERKENAL (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Pernah nonton film POHON TERKENAL? Film ini menjadi salah satu film Indonesia yang mengisahkan tentang profesi polisi. Kisah film ini berkutat pada karakter bernama Bara Maulana, seorang pemuda yang sedang mengikuti seleksi perwira polisi mulai dari proses penerimaan di Akademi Kepolisian (Akpol) yang sudah jadi cita-citanya selama ini.

Namun setelah berhasil lolos seleksi, Bara Maulana (diperankan Umay Shahab) harus menjumpai kenyataan bahwa hidupnya kini tak lagi seperti remaja kebanyakan. Banyak lika-liku yang dijumpai Bara sehingga sesekali membuatnya ingin menyerah. Tak saja soal Bara, film ini juga mengisahkan tokoh taruna yang juga merasakan hal serupa.

Jika penasaran dengan kisah lengkapnya, kalian bisa langsung nonton film POHON TERKENAL. Film yang diprakarsai oleh Kepolisian Republik Indonesia ini tayang di bioskop pada 21 Maret 2019.

Nah, selain nonton film POHON TERKENAL, ternyata sinema Indonesia mempunyai beberapa film lain yang mengisahkan tentang profesi polisi. Film apa sajakah itu? Daripada penasaran, langsung saja simak daftar dan ulasannya berikut ini.

1. SANG PRAWIRA

SANG PRAWIRA juga jadi salah rekomendasi film yang bercerita tentang polisi. Film ini dirilis pada 28 November 2019 silam. Sama seperti film POHON TERKENAL, film ini juga merupakan inisiasi lembaga kepolisian, khususnya Mabes POLRI. Sehingga kurang lebih, sensasi menonton film ini akan sama seperti saat nonton film POHON TERKENAL.

Film SANG PRAWIRA mengisahkan tentang seorang pemuda desa dari pinggiran Danau Toba yang bercita-cita jadi polisi. Sang pemuda itupun berjuang untuk mewujudkan impiannya tersebut, meski harus menghadapi perbedaan pendapat di keluarganya. 

Cerita tentang profesi polisi di film ini coba ditampilkan dengan kisah yang humanis. Sisi humanis itu ditonjolkan dengan adanya bumbu humor. Keindahan budaya sekaligus keindahan destinasi wisata lokal juga jadi sorotan di film ini. Selain itu, kehadiran banyak cameo yang tak biasa seperti Ganjar Pranowo, Tito Karnavian, Yasonna Laoly, dan Luhut Panjaitan jadi daya tarik tersendiri di film ini. 

2. HANYA MANUSIA

Selanjutnya, di daftar film tentang polisi yang bisa hadirkan sensasi seperti nonton film POHON TERKENAL adalah HANYA MANUSIA. Film HANYA MANUSIA mengisahkan tentang kehidupan Annisa seorang perwira polisi wanita (polwan) yang harus bertugas sembari tetap menjalankan sebagai istri di keluarganya.

Suatu ketika, muncul teror misterius di Jakarta. Saat itu, terjadi banyak kasus penculikan anak di bawah umur. Beberapa korban kemudian ditemukan dalam keadaan tak bernyawa. Akhirnya, Annisa yang merupakan salah satu anggota Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Utara turut mengemban tugas untuk membongkar kasus tersebut.

Namun kemudian tak disangka, kasus yang sedang diusut Annisa akhirnya turut menyeret keluarganya. Adik Annisa satu-satunya menjadi salah satu korban penculikan. Annisa kesulitan membendung emosinya, tapi di lain sisi dia tetap harus bisa profesional menjalankan tugasnya, menuntaskan pengusutan kasus penculikan misterius itu. Bisakah Annisa menyelamatkan adik kesayangannya sekaligus mengungkap kasus yang ada? 

3. 22 MENIT

Agak lain dari dua film sebelumnya, rekomendasi film tentang polisi berikutnya berdasarkan sebuah kisah nyata. Film berjudul 22 MENIT mengisahkan tentang kejadian teror bom yang terjadi pada Januari 2016 di jalan MH Thamrin, Jakarta. Film 22 MENIT dirilis pada 19 Juli 2018 silam. Film 22 MENIT dibintangi oleh sejumlah aktor berbakat, mulai dari Ario Bayu, Ade Firman Hakim, Fanny Fadillah, dan Totos Rasiti.

Pada 14 Januari 2016, sebuah teror dan serangan bom terjadi di kawasan jalan MH Thamrin, Jakarta. Untuk mengendalikan serangan teroris tersebut, polisi menugaskan unit antiterorisme. Dalam unit tersebut, terdapat anggota bernama Ardi yang kemduian jadi salah satu tokoh utama. 

Tak bekerja sendiri, unit antiterorisme bekerja dibantu polisi lalu lintas bernama Firman berusaha mengamankan situasi. Sayangnya, bom sempat meledak dan mengenai dua orang korban. Situasi makin kacau. Di tengah kekacauan, kemudian muncul sosok misterius yang mencurigakan.

4. SAYAP-SAYAP PATAH

Rekomendasi film tentang polisi lainnya adalah SAYAP-SAYAP PATAH. Film yang satu ini masih terbilang baru. Saat dirilis film ini langsung disorot karena dibintangi bintang terkenal, Nicholas Saputra dan Ariel Tatum. Film ini juga diangkat dari kisah nyata tentang peristiwa kerusuhan berdarah di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, 2018 lalu.

Menariknya, film heroik ini dikemas apik oleh sang sutradara Rudi Soedjarwo dengan genre drama romantis. Dikisahkan Aji yang merupakan seorang polisi dari Detasemen Khusus (Densus) 88 terperangkap dalam peristiwa kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob. Di saat bersamaan, istri Aji yang bernama Nani ternyata sedang berjuang antara hidup dan mati melahirkan anak pertama mereka.

Itulah di antaranya beberapa film yang punya vibes atau sensasi nonton seperti nonton film POHON TERKENAL. Tertarik nonton yang mana?

REKOMENDASI
TRENDING