'SANG PEMIMPI' Pembuka Festival Film Anak di Ceko

Rabu, 02 Juni 2010 15:09 Penulis: Darmadi Sasongko
'SANG PEMIMPI' Pembuka Festival Film Anak di Ceko Adegan SANG PEMIMPI
Kapanlagi.com - Film SANG PEMIMPI mendapat kehormatan sebagai film pembuka pada Festival Film Internasional Anak dan Remaja yang ke-50 di Kota Zlin, Cekoslowakia. Pelajar dan mahasiswa berbagai sekolah memenuhi Bioskop Golden Apple.

Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, di London, Inggris, Selasa (01/06) mengatakan film SANG PEMIMPI merupakan kelanjutan LASKAR PELANGI, yang sebelumnya juga diputar pada festival film yang sama pada 2009.

Kepada para penonton, Azis Nurwahyudi yang membuka festival film tersebut mengatakan bahwa SANG PEMIMPI menggambarkan kehidupan nyata sebagian pemuda Indonesia yang harus bekerja keras untuk meraih cita-cita. Azis juga mengajak para penonton untuk berkunjung ke Indonesia melihat keindahan alam seperti yang digambarkan dalam film tersebut.

Rudolf Schimera, salah seorang panitia festival, mengungkapkan perasaan bangganya bisa memperkenalkan film Indonesia kepada masyarakat Ceko, karena isinya sarat pendidikan universal.

Panitia festival pada tahun ini memutar dua film Indonesia untuk kategori Panorama, yakni film yang tidak dilombakan.

Menurut panitia, lebih dari 300 film yang diajukan untuk kategori tersebut dan dipilih 30 film, di mana dua di antaranya film Indonesia, yaitu SANG PEMIMPI garapan sutradara Riri Riza dan GARUDA DI DADAKU besutan sutradara Ifa Isfansyah. Sementara itu, pemutaran GARUDA DI DADAKU akan berlangsung pada 3 Juni mendatang.

Pada pertemuan dengan insan perfilman internasional dan Ceko, Azis Nurwahyudi menjelaskan, sudah tiga tahun Indonesia hadir dalam festival film internasional di Zlin. Pada 2008 Indonesia menghadirkan film DENIAS, kemudian 2009 menayangkan LASKAR PELANGI, serta tahun ini mengetengahkan SANG PEMIMPI dan GARUDA DI DADAKU.

Masyarakat Ceko maupun kalangan internasional diharapkan dapat mengenal Indonesia secara lebih baik lagi melalui film tersebut.

Pada acara pembukaan festival film itu, KBRI Praha juga menampilkan Tari Kayau dari Kalimantan yang ditarikan oleh para penari Sanggar Sekar Melati binaan KBRI Praha.

Zlin International Film Festival merupakan festival film khusus untuk film anak dan remaja yang setiap tahunnya dihadiri lebih dari 100.000 pengunjung.    

(ant/dar)


REKOMENDASI
TRENDING