Sang Sutradara Bicara Inspirasi di Balik Penulisan Naskah 'SITI'

Kamis, 26 November 2015 16:52 Penulis: Girindra Permana Cahya
Sang Sutradara Bicara Inspirasi di Balik Penulisan Naskah 'SITI' Eddie Cahyono © KapanLagi.com®/Bambang E. Ros
Kapanlagi.com - Satu film yang dirilis pada tahun 2014 berjudul SITI berhasil memperoleh beberapa penghargaan dalam ajang Festival Film Indonesia 2015. Salah satunya adalah memenangkan film dengan naskah asli terbaik.

Eddie Cahyono sebagai sutradara mengatakan bahwa inspirasi banyak datang ketika menuliskan cerita film hitam putih ini. Cerita ini adalah hasil penerjemahan kejadian nyata yang dialami oleh Eddie.

"Sebenarnya banyak ide. SITI muncul dari kejadian nyata misal pasa anak saya takut ke sekolah karena lihat hatu. Saya nulis cerita seminggu, skenarionya dua bulan," ungkap pria berusia 38 tahun ini saat ditemui di ICE, Tangerang, Jawa Barat, Selasa (24/11).

Ifa Isfansyah bersama Eddie Cahyono saat menerima gelar di FFI © KapanLagi.com®/Bambang E. RosIfa Isfansyah bersama Eddie Cahyono saat menerima gelar di FFI © KapanLagi.com®/Bambang E. Ros

Untuk pengambilan gambar, film ini terhitung sangat cepat karena diambil hanya one shot saja. Sang sutradara dan tim membutuhkan waktu kurang dari seminggu untuk mengambil gambar.

"Iya (one shot .ed). Sebenarnya banyak take ya. Kita syuting enam hari, ada yang take-nya sampai 15 kali,"ucap Eddie.

Satu pesan yang ingin disampaikan Eddie dalam film ini adalah agar kaum perempuan punya tegas untuk menentukan sikap. "Saya cuma pengin perempuan punya keberanian untuk memilih," pungkasnya.

(kpl/abs/otx)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING