FILM INDONESIA

Sederet Film Pendek di Youtube yang Sangat Menyentuh Hati, Siapin Tissue Sebelum Nonton!

Minggu, 18 September 2022 18:20 Penulis: Editor KapanLagi.com

Credit foto: Youtube Anir peduli/Screenshoot

Kapanlagi.com - Artikel ini ditulis oleh Bujur Ita Purnamasari

Kalian bingung mau nonton apa? Mau nonton film yang durasinya panjang dan lama buat jenuh dan makan waktu? Ini nih sederet film pendek yang sedih dan sangat mengharukan yang wajib masuk dalam watchlist kalian.

Selain sedih juga, kalian bisa mendapat pesan dan makna yang terdapat dalam film-film pendek tersebut, lho.

Penasaran? Yuk langsung simak artikel ini.

1. Terlambat (2019)

Film pendek yang bertajuk Terlambat adalah film yang berasal dari Negara Indonesia karya rumah produksi Paredia Indonesia yang bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Film pendek yang bertajuk Terlambat ini berdurasi 12 menit 26 detik dan disutradarai oleh Rere Art2 Tonic yang juga merupakan salah satu musisi asal Makassar, diproduseri oleh Zakir Sabara yang merupakan dosen UMI Makassar, dan pemeran utama dalam film pendek ini ialah Safannah Kayla yang memerankan sebagai mahasiswi yang terlambat datang ke sekolah. 

Film pendek ini sudah dirilis pada 12 April 2019 lalu dan sudah ditonton hampir 43 juta kali pada channel Youtube Mammang 24. 

Film ini menceritakan tentang seorang mahasiswi yang bernama Kayla yang berulang kali datang terlambat ke sekolah karena harus mengantarkan dan merawat ibunya terlebih dahulu di Rumah Sakit karena penyakit Demam Berdarah (DBD). Meskipun begitu, hal itu tidak membuat Kayla patah semangat dan berhenti sekolah. Ia tetap pergi ke sekolah walaupun keadaan yang ia alami sedang sulit. Hal itu ia lakukan karena ibunya ingin ia menjadi seorang Insinyur.

Tidak hanya itu, Kayla juga menjadi korban bully disekolah dan sering dihukum oleh gurunya karena ia sudah berulang kali terlambat masuk kelas. Ia dilempari kertas ketika ia masuk ke dalam kelas dan dihukum oleh gurunya. 

Sampai akhirnya, suatu hari Kayla tidak hadir kesekolah selama satu hari. Tapi Keeseokan harinya, ia datang tepat waktu ke sekolah. Hal itu membuat teman-teman dan gurunya merasa bingung, hingga akhirnya gurunya menyuruh Kayla maju ke depan dan menceritakan alasan mengapa ia terlambat berulang kali ke sekolah. 

Kayla pun menceritakan sebabnya, dimana setiap hari ia harus merawat ibunya yang lagi dirawat di Rumah Sakit sebelum pergi ke sekolah, dan hal yang menyebabkan Kayla tidak masuk sekolah pada hari itu karena ternyata ibunya meninggal dunia. Ia menceritakan hal itu sambil menangis dan membuat guru serta teman-temannya juga menyesal.

Kalian penasaran sama filmnya, tonton videonya dibawah ini!

2. Mana Janji Ayah? (2016)

Film pendek yang bertajuk Mana Janji Ayah merupakan film hasil karya Eka Gustiwana dan Koharo. Film pendek ini dirilis pada 21 Januari 2016 di Channel Youtube Eka Gustiwana. 

Meskipun hanya film pendek yang berdurasi selama 8 menit, tapi film ini sangat menyentuh hati dan sedih banget, sukses buat penonton banjir air mata. Banyak orang yang mengapresiasi film pendek ini karena selain sedih, tapi juga memberikan pesan yang sangat dalam bagi para penontonnya.

Film pendek ini mengisahkan tentang seorang perempuan anak tukang bajaj yang hidup berkekurangan. Karena keadaan mereka yang serba kekurangan, si anak tersebut tidak menerima keadaan mereka hingga akhirnya membuat dia selalu memaksakan ayahnya untuk memenuhi keinginanya, ia malu dengan keadaanya dan minder dengan teman-teman yang lain, dan hal itu membuat dia dan ayahnya tidak memiliki hubungan yang baik. 

Namun, di dalam cerita tersebut diceritakan bahwa ayah dari perempuan tersebut selalu berusaha dan bekerja keras untuk memenuhi keinginan anaknya. Ia mengumpulkan uang untuk membeli motor, Smartphone, tas, sepatu, dan lainnya untuk membuat anaknya tersebut bahagia.

Namun, di akhir cerita diceritakan bahwa ayah dari anak tersebut mengalami kecelakaan dan meninggal dunia. Hal itu membuat anaknya merasa sangat menyesal tetapi sudah terlambat karena sang ayah sudah pergi untuk selamanya.

Sedih bukan? Yuk langsung klik videonya! 

3. IBU (2016)

Film pendek yang berjudul IBU merupakan film pendek hasil karya Eka Gustiwana yang dirilis di channel Youtubenya pada 15 Agustus 2016 silam dan sudah ditonton sebanyak hampir 6 juta kali ditonton. 

Film ini menceritakan tentang kehidupan seorang anak laki-laki yang kurang menghormati ibu kandungnya sendiri. Sejak kecil sampai ia berumah tangga hubungannnya dengan ibunya kurang baik. Hingga pada suatu hari, laki-laki tersebut mengirim ibunya ke panti jompo, dan tentunya hal tersebut membuat hati ibunya sangat sedih. 

Singkat cerita, lelaki tersebut menyadari perbuatannya yang salah terhadap ibunya dan ia menyesali semuanya. Ia kembali ke panti jompo tersebut dan membawa ibunya pulang bersamanya kembali. 

Langsung klik video di bawah ini!

(kpl/mag)

REKOMENDASI
TRENDING