Selain Dapat Jutaan Penonton, Ini Harapan Garin Nugroho di 'AAJC'

Kamis, 21 Januari 2016 18:52 Penulis: Natanael Sepaya
Selain Dapat Jutaan Penonton, Ini Harapan Garin Nugroho di 'AAJC' Garin Nugroho © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Sukses mendatangkan jutaan penonton tentu jadi salah satu poin yang dianggap banyak orang awam sebagai kesuksesan sebuah film. Tapi bagi sutradara film AACH AKU JATUH CINTA yang satu ini, Garin Nugroho punya pandangan lain yang lebih penting dibanding nominal penonton saja.

"Sebetulnya, mungkin kalau penonton banyak gitu wajib. Jadi sesuatu yang menggembirakan ya. Satu juta, dua juta. Menurut saya, yang paling penting adalah menemukan penonton setia. Jadi kalau misalkan jumlahnya 300 ribu terus aja itu lebih bagus daripada menemukan penonton yang tidak setia," ujar Garin Nugroho saat ditemui tim Muvila beberapa waktu lalu.

Pemikiran seperti itu Garin dapatkan selama ia berkarya di industri perfilman Tanah Air. Selain sukses mendapat penonton setia sampai ke luar Negeri, hal tersebut akan berdampak pada sektor marketing sebuah film.

Bagi Garin Nugroho, penonton setia lebih penting dibanding sekedar berhasil menjual film saja © KapanLagi.com/Budy SantosoBagi Garin Nugroho, penonton setia lebih penting dibanding sekedar berhasil menjual film saja © KapanLagi.com/Budy Santoso

"Jadi saya selama berkarya, saya menemukan penonton setia meskipun kecil pada film-film saya. Entah itu di Singapur, di Belanda, di Jepang, ya saya menemukan penonton setia. Jadi saya tidak perlu harus mencari strategi pemasaran," lanjut sutradara film DAUN DI ATAS BANTAL itu.

Akhirnya, Garin pun mengakui kalau film AACH AKU JATUH CINTA yang menjadi film barunya saat ini adalah langkah awal untuk menemukan para penonton setia yang dimaksud. Di sisi lain, alasan tersebut juga menjadi dasar kenapa seorang Garin menunjuk Pevita Pearce dan Chicco Jericho untuk berakting dalam film drama retronya itu.

"Sebetulnya saya ingin kembali menemukan penonton muda dalam AACH AKU JATUH CINTA. Saya yakin akan menemukan penonton setia saya di kalangan anak-anak muda gitu lewat Pevita, atau lewat Chicco. Karena keduanya memang menjadi ikon anak-anak muda sekarang. Dan AACH AKU JATUH CINTA menjadi film alternatif komunikatif, unik, yang menyenangkan, santai. Jadi saya berharap menemukan penonton yang setia lah. Tidak hari ini 2 juta, besok kosong," pungkasnya.

(muv/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya


REKOMENDASI
TRENDING