FILM INDONESIA

Selain Soekarno, Tokoh-tokoh Berikut Juga Pernah Difilmkan

Selasa, 08 Juli 2014 13:01 Penulis: Alfan

'SOEKARNO: INDONESIA MERDEKA' @ (Dok. filmsoekarno)

Kapanlagi.com - Setelah pengadilan memutuskan bahwa SOEKARNO: INDONESIA MERDEKA bisa diputar kembali, para pengagum founding father negeri ini pun bisa bernafas lega. Pasalnya, setelah sempat tayang 2013 lalu, film tersebut dihentikan penayangannya karena digugat oleh putri sang proklamator sendiri. Drama pencekalan tersebut dikabarkan karena ada ketidakcocokan fakta sejarah dalam film yang dibintangi Ario Bayu tersebut.

Memang bukan perkara mudah menampilkan drama kehidupan seorang tokoh yang banyak dikenal orang. Transformasi cerita seluruh kehidupan menjadi sebuah film dengan durasi yang terbatas membuat banyak hal yang pastinya terasa berbeda, terutama bagi orang-orang yang mengenal langsung sosok tersebut. Karena faktor itulah, Rachmawati Soekarnoputri meminta pihak MPV Pictures menghentikan penayangan SOEKARNO tersebut.

Terlepas dari benar tidaknya fakta sejarah yang ada dalam SOEKARNO, genre biografi ternyata masih menjadi pilihan para pembuat film Indonesia. Semenjak era 70an, film yang berkisah tentang seorang tokoh sering dipilih para sineas untuk diangkat ke layar lebar. Mungkin mereka beranggapan bahwa semakin terkenal seorang tokoh, semakin tinggi popularitas filmnya nanti.

Karya biografi sendiri sebenarnya tidak melulu dianggap sebagai sebuah sejarah. Sebuah biografi sebenarnya adalah cerita kehidupan seseorang yang disampaikan menurut sudut pandang penceritanya. Jika yang bercerita adalah orang yang menyukainya, maka cerita tersebut akan terdengar bagus. Begitu juga sebaliknya.

Meskipun begitu, sebuah karya biografi yang diceritakan pada banyak orang tidak akan dibuat dengan asal-asalan. Penceritaannya pastilah didasarkan pada berbagai macam sudut pandang agar menghasilkan sebuah gambaran yang objektif. Untuk itu, seseorang yang membuat sebuah karya biografi, baik buku maupun film, pasti akan melakukan riset yang mendalam agar karyanya bisa diterima banyak orang.

Berikut ini adalah film-film Indonesia yang bercerita tentang tokoh-tokoh besar negeri ini. Apakah film-film tersebut sudah memberikan gambaran yang objektif? Silakan nilai sendiri!


REKOMENDASI
TRENDING