Sempat Terpuruk, Rudi Soedjarwo Pilih Bikin Sekolah Film Gratis

Senin, 07 Desember 2015 17:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Sempat Terpuruk, Rudi Soedjarwo Pilih Bikin Sekolah Film Gratis Rudi Soedjarwo/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Vakum tiga tahun lamanya, ternyata Rudi Soedjarwo sedang terpuruk dan bangkrut. Namun di sela kepahitannya, ia menemukan salah satu cara untuk bangkit. Salah satunya adalah beramal.

"Jadi mulai saat ini, semua yang gue lakuin termasuk film segala macam, harus gue sisihkan (rezekinya), sebanyak-banyaknya yang kita mampu. Kalau dalam hal ini setiap film yang aku bikin aku sisihkan untuk bikin sekolah film gratis, sekolah seni gratis untuk anak-anak nggak mampu," tuturnya saat bertandang ke kantor KapanLagi.com®, di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Yap, sebagai sineas andal dirinya ingin mengajarkan ilmu tentang film dan seni. "Bagi saya film dan seni adalah bidang yang kita-kita nggak perlu punya skill, nggak perlu punya pendidikan yang tinggi. Dulu kan kita banyak yang terjun ke film tidak ada background film, bingung mau ngapain, kerja di situ sampai sekarang. Artinya apa? Ini bidang yang gampang, dikenali dan dipahami dengan lebih singkat," jelasnya.

Rudi Soedjarwo bikin sekolah gratis untuk ajarkan anak kurang mampu kemampuan bikin film/©KapanLagi.com®/M. Akrom SukaryaRudi Soedjarwo bikin sekolah gratis untuk ajarkan anak kurang mampu kemampuan bikin film/©KapanLagi.com®/M. Akrom Sukarya

Sutradara STAY WITH ME ini juga menyadari ajaibnya sedekah. "
Akhirnya aku memutuskan, untuk itu yang kita terapkan dan itu masih masalah ketulusan ya, belum dilakukan. Besoknya kebalik semua, rezekinya mulai kebuka, kebukanya itu banget. Itu saya nggak bohong, benar-benar manusia yang bingung problemnya apa, minta jawaban dikasih. Ketika kita menjalankan langsung berubah," ungkapnya.

Ia menyadari kesombongannya beberapa waktu lalu hingga menerima ujian yang cukup berat. "Ada orang bilang, nggak semua dikasih jawaban (lama), aku dikasih keberuntungan yang luar biasa. Kadang orang ya, alhamdulillah (dikasih rezeki), tapi besok kita lupa. Wah, alhamdulillah dikasih ini, dua minggu lagi lupa, menjadi manusia biasa lagi yang memang kita sombong, nggak sadar," ujarnya.

Tak mau salah langkah lagi, Rudi pun akhirnya sadar dengan terus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan mantap menjalankan Pusdiklat Rumah Terindahnya. "Arogan-arogan nggak sadar. Akhirnya itu yang bikin aku sadar, aku sampai nggak berani minta lho waktu sholat, biasanya kita kan minta tolong berikan, nggak berani gue. Mau minta apa, orang kita belum ngasih apa-apa kok," tutupnya.

(kpl/rhm/tch)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING