Setahun Sekali Bikin Film, Mira Lesmana Tak Ikut Market Trend

Selasa, 21 Maret 2017 15:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Setahun Sekali Bikin Film, Mira Lesmana Tak Ikut Market Trend Mira Lesmana/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - AADC 2 dan juga WARKOP DKI REBORN: JANGKRIK BOSS adalah dua film terlaris tahun 2016 dan sukses bertengger di posisi teratas box office Indonesia. Meski AADC bukan remake, namun kemunculannya men-trigger beberapa film untuk meneruskan kisah cinta karakter di dalamnya, sebut saja seperti EIFFEL I'M IN LOVE

WARKOP DKI REBORN juga merupakan remake (meski Indro Warkop menyebutnya sebagai pelestarian karya) beberapa judul film Warkop yang laris di zamannya. Film garapan Anggy Umbara ini membuat salah satu film drama komedi laris pada 2005, JOMBLO, mengikuti langkahnya melakukan remake.

Produser AADC, Mira Lesmana sendiri belum terpikir untuk berada di balik penggarapan film remake. "Oh remake, belum ada ide yah. Kalau pengin sih pengin, tapi adalah film-film yang kita suka dari film masa lalu," tuturnya saat dijumpai konpers Indonesian Box Office Movie Award 2017 di kawasan Senayan City, Jakarta Pusat, Senin (20/3).

"Saya tuh tertarik banget sama film TIGA BURONAN. Coba saja cari di Google, yang main Bing Slamet tuh. Tentang tiga narapidana yang kabur dan pura-pura jadi tentara revolusi. Sangat menarik. Tapi ya gitu deh, entar deh. Soalnya saya bikin film setahun satu saja sudah ngos-ngosan. Haha.." ungkapnya.

Mira punya banyak pertimbangan, namun bukan ikut tren pasar/©KapanLagi.com®/Budy SantosoMira punya banyak pertimbangan, namun bukan ikut tren pasar/©KapanLagi.com®/Budy Santoso

Mira punya banyak keinginan untuk bisa menggarap film komedi dan juga film musikal yang jadi karya awalnya di industri perfilman. "Kalau film musikal selalu pengen, karena kita dulu mengawali dari film musikal PETUALANGAN SHERINA kan. Miles itu mulai di sana dalam tanda kutip musikal, terus kita bikin musikal LASKAR PELANGI yang cukup lama main di panggung. Cuma karena itu tadi, karena bikin filmnya setahun sekali, jadi ketika ayo mau bikin komedi, AADC 3, Chairil Anwar terus film remake kan harus milih banget. Benar-benar harus milih," bebernya.

Istri Mathias Muchus ini punya pertimbangan panjang sebelum menggarap film. Namun, ia sama sekali tak bergantung pada apa selera pasar yang kini sedang menjadi tren.

"Kita nggak punya patokan bahwa ini akan laku atau ini adalah film festival. Benar-benar yang kita rasa ingin buat saja sih. Jadi memang tidak berkaca pada market, tidak berkaca pada festival, kita merasa harus berbicara soal kondisi Indonesia hari ini melalui film-film apapun itu mau film komedi atau biopik atau musikal kita harus mengkomplementarikan Indoensia dengan film. AADC pun gitu, dia bisa jadi populer romance percintaan tapi dia juga harus bisa mengomentari Indonesia ini seperti apa," tandasnya.

(kpl/rhm/tch)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING