FILM INDONESIA

Tak Cuma Hollywood, Indonesia Juga Punya 'The Avengers'

Kamis, 21 Agustus 2014 19:01 Penulis: Guntur Merdekawan

Image: Anugrah Firdaus@Deviantart©

Kapanlagi.com - Para pecinta film dalam beberapa waktu terakhir ini selalu dimanjakan dengan kehadiran film-film laga yang menceritakan aksi patriotik dari superhero. Beberapa nama yang kalian pastinya kenal atau pernah dengar adalah Batman, Spiderman, Captain America, Thor, Superman, Ironman, dan masih banyak lainnya.

Beberapa di antara nama di atas merupakan tokoh-tokoh terbitan Marvel yang biasa disebut dengan The Avengers. Beberapa waktu lalu, Marvel sendiri punya ide unik dengan menggabungkan tokoh-tokoh tersebut dalam sebuah film layar lebar yang sukses besar menghibur para pecinta film.

Nah, walaupun jarang sekali menciptakan film-film superhero, Indonesia sebenarnya punya beberapa nama tokoh yang populer di era-nya. Beberapa dari mereka pasti kalian ingat dan kenal karena tokoh-tokoh ini bisa dibilang sangat legendaris.

Tunggu apa lagi? Yuk simak nama-nama para Avengers versi Indonesia!

1. Wiro Sableng

Masih ingat dengan nama Wiro Sableng atau biasa disebut dengan pendekar 212? Film aksi satu ini sempat booming di Indonesia pada awal tahun '90an silam dan tayang di stasiun televisi RCTI.

Wiro Sableng diceritakan sebagai seorang pendekar yang sejak lahir telah dilatih oleh gurunya yang terkenal di dunia persilatan, Sinto Gendeng. Ia akhirnya tumbuh besar sebagai seorang pembela kebenaran yang kerap memberantas kejahatan dengan jurus sakti dan aksi-aksi konyol-nya.

Wiro punya sebuah senjata andalan yang diberi nama Kapak Maut Naga Geni 212. Tak kalah dengan tokoh-tokoh superhero luar, Wiro diceritakan memiliki berbagai macam jurus yang ia dapat hasil berguru pada banyak orang.

Lihat nih salah satu adegan berantem Wiro yang dulu sempat jadi idola para pemirsa!


Video by: Jagat Satria

2. Saras 008

Masih satu generasi dengan nama sebelumnya, kali ada superhero wanita yang kalian juga pasti kenal, Saraswati. Film yang ia mainkan sendiri berjudul Saras 008 dan tayang di stasiun televisi Indonesia pada tahun 1998.

Ceritanya seorang gadis bernama Saraswati baru saja ditinggal mati kucing kesayangannya. Merasa sangat sedih, Saras menangis tersedu-sedu dan secara tiba-tiba roh kucingnya masuk ke dalam tubuh Saras. Walhasil ia pun diberkahi kemampuan super dan menjadi sosok Saras 008.

Dengan kemampuan yang dimilikinya, Saras selalu membela kebenaran dan memberantas kejahatan yang menyerang dunia. Setelah namanya terkenal, mereka yang merasa terjahati bisa langsung menghubungi saluran telepon 008 untuk meminta bantuan dari Saras.

Walaupun masih memiliki efek film yang bisa terbilang biasa, namun pada era-nya film ini merupakan salah satu yang paling digilai di era-nya. Coba kalian lihat salah satu cuplikan adegan-nya deh.


Video by: Eko Darmawan

3. Panji Manusia Millenium

Setelah para pecinta film dimanjakan dengan kehadiran Saras 008, sebuah film superhero baru diterbitkan untuk mengikuti kesuksesan. Kali ini judulnya Panji Manusia Millenium. Masih ingat?

Film ini tayang di stasiun televisi RCTI pada tahun 1999 hingga 2001 untuk menyaingi rating Saras 008. Nama millenium sendiri diambil karena pembuatan film-nya dibuat pada awal abad ke-21.

Tokoh Panji di film ini diperankan oleh si tampan Primus Yustisio yang tak pelak menjadi idola muda-mudi hingga ibu-ibu di jamannya. Film Panji Manusia Millenium bisa dibilang sebagai salah satu tayangan superhero Indonesia yang paling sukses setelah Saras 008 lho.

Buat kalian yang penasaran seperti apa aksi Primus di film ini, intip deh salah satu adegan-nya!


Video by: wito1006

4. Bima

Jika kita sudah lihat nama-nama film superhero jadul Indonesia, mari kita sekarang bahas yang baru-baru. Di daftar keempat ini ada nama ksatria super keren yang bernama Bima Satria Garuda.

Buat kalian penggemar film tokusatsu Jepang pastinya sadar akan banyaknya kemiripan Bima dengan superhero-superhero jepang seperti Kamen Rider. Hal itu memang disengaja karena pihak MNC Media mengikat sebuah kerja sama dengan Shotaro Ishinomori yang merupakan salah satu pencipta tokoh-tokoh tokusatsu di Jepang.

Walaupun mengadaptasi superhero Jepang, namun elemen 'Indonesia' masih coba dihadirkan di dalam diri Bima si tokoh utama yang diperankan oleh Christian Loho. Hal itu adalah sebuah hiasan berbentuk garuda yang menghiasi pinggiran helmet dari Bima.

Film ini tayang tahun lalu, tepatnya pada 30 Juni hingga 22 Desember di RCTI. Karena dianggap cukup sukses, sebuah sekuel tengah disiapkan dan akan tayang pada 7 September 2014 mendatang. Kalian suka film-nya?


Video by: Official RCTI

5. Garuda

Nama superhero kita yang terakhir adalah Garuda. Tokoh satu ini masih belum dirilis secara resmi ke publik karena rencananya baru akan tayang pada akhir tahun nanti.

Bak seorang batman, tokoh Garuda digambarkan sebagai superhero gagah yang mengenakan kostum bernuansa hitam-hitam dan beberapa ornamen berwarna emas. Untuk menambah 'rasa' Indonesia, beberapa atribut merah-putih diselipkan di beberapa bagian tubuh tokoh Garuda.

Penampakan poster Garuda/Twitter©

Pada bulan Februari kemarin, Sebuah poster resmi dari Garuda terkuak dan tersebar cepat di dunia maya. Tak lama setelahnya, sebuah trailer resmi dari film itu juga diluncurkan untuk menggoda para pecinta film.

Hasilnya? Dari segi aksi dan visual effect, film Garuda sudah mengalami peningkatan drastis. Nggak percaya? Coba kalian buktikan sendiri deh...


Video by: INDRA THE KIDS

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING