Tim Juri Festival Film Indonesia 2013 Telah Dibentuk

Jum'at, 18 Oktober 2013 15:51 Penulis: Mahardi Eka
Tim Juri Festival Film Indonesia 2013 Telah Dibentuk dok. KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Setelah digelar di Yogyakarta (2012), tahun ini Festival Film Indonesia (FFI) 2013 akan diselenggarakan di Semarang. Malam Anugerah Citra FFI 2013 akan dilangsungkan Sabtu malam tanggal 7 Desember 2013 di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah & disiarkan secara langsung oleh SCTV.

Pekan ini, Panitia Pelaksana FFI 2013 telah merampungkan pemilihan dan menetapkan anggota Dewan Juri untuk Film Bioskop, Film Animasi Pendek, Film Dokumenter, Film Pendek, dan Film Televisi. Mereka yang duduk sebagai anggota Dewan Juri Film Bioskop adalah Slamet Rahardjo Djarot (Ketua), Tommy F. Awuy (Sekretaris), Didi Petet, Norman Benny, Armantono, Roy Lolang, Arswendo Atmowiloto, Hartanto, dan Remy Silado. 

Sedangkan Dewan Juri Film Pendek adalah : Matius Ali (Ketua), Clara Sinta (Sekretaris), Agni Ariatama, John De Rantau, dan Kemala Atmojo. Untuk Dewan Juri Film Animasi Pendek adalah Gatot Prakosa (Ketua), Bambang Gunawan Santoso (Sekretaris), Deddy Syamsuddin, Adi Nugroho, dan Rachmat  Rizal.

Dewan Juri Film Dokumenter adalah terdiri atas Arthur S. Natan (Ketua), Lianto Luseno (Sekretaris), Gerson A. Ayawaila, Tjandra Wibowo, German G. Mintapradja, dan Untuk Dewan Juri Film Televisi adalah : Sys NS (Ketua), Titien Watimena (Sekretaris), Yudi Datau, Dwiki Dharmawan, Sastha Sunu, Sonny Muchlison dan Benny Setiawan.

Seusai rapat pertamanya di Kantor Sekretariat FFI, Slamet Rahardjo yang dipercaya menjadi Ketua Dewan Juri Film Bioskop mengatakan "Harapan yang dibebankan ke saya sebagai Ketua Juri terlalu besar. Sebab, karya sineas muda sekarang ini sudah jauh melompat ketimbang ketika zaman saya. Untuk itu, dalam menentukan film yang paling baik para juri ini memerlukan kerja yang tidak setengah hati. Bagaimanapun kami ini perlu menjaga sineas muda untuk terus berkembang,” kata Slamet.

Sementara itu, Ketua Umum Pelaksana FFI 2013 HM. Firman Bintang melihat bahwa komposisi ke-31 anggota dewan juri itu sudah tepat. "Mereka adalah orang-orang yang kapabel di bidangnya, dan datang dari berbagai kalangan tua dan muda," kata Firman.

Ketigapuluh satu anggota dewan juri yang sudah dipilih itu, mulai bekerja secara serentak pada tanggal 21 Oktober & dijadwalkan akan rampung 15 November.  Sebelum pengumuman pemenang pada Malam Anugerah Citra, dewan juri seluruh bidang penilaian akan mengumumkan Nominasi atau unggulan / calon pemenang pada tanggal 23 November 2013. Selain itu, pada tanggal 27 November 2013, pukul 21.30 WIB akan diumumkan pemenang Piala Vidia untuk Film Televisi dan disiarkan langsung oleh SCTV dari Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

(prl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING