Tongkat di 'PENDEKAR TONGKAT EMAS' Tak Dibuat Sembarangan

Senin, 22 Desember 2014 16:52 Penulis: Mahardi Eka
Tongkat di 'PENDEKAR TONGKAT EMAS' Tak Dibuat Sembarangan dok. Miles Film
Kapanlagi.com - Setiap detail dalam film PENDEKAR TONGKAT EMAS dipersiapkan dengan baik. Mulai dari setting tempat, desain kostum, bahkan yang paling detail sekalipun, yakni desain Tongkat Emas. Seperti dalam judulnya, Tongkat Emas menjadi simbol penting dalam film garapan Ifa Isfansyah. 

Oleh karena itu, khusus untuk mendesain tongkat emas tersebut, Miles Film meminta bantuan desainer Edward "Edo" Hutabarat. Perlu diketahui bahwa Edo adalah kolektor tongkat Nusantara. Jadi bisa dipastikan bahwa Edo tahu benar setiap ciri khas tongkat yang berasal dari nusantara.

Kepada Edo, Miles meminta dibuatkan tongkat yang punya kandungan filosofi. Untuk membuat desain yang mendekati kesempurnaan, Edo pun meminta bantuan seniman Bali kenalannya untuk menggarap desain tongkat tersebut.

Seperti yang dilansir Miles dalam buku Behind The Scene PENDEKAR TONGKAT EMAS, sang seniman pun bertapa untuk mendapat inspirasinya. "Kami dilarang  bertanya, apalagi melihat proses pembuatan tongkat tersebut," tutur Riri Riza dalam bukunya. Hingga jadilah tongkat yang dipakai dalam film.

Judul PENDEKAR TONGKAT EMAS dipilih bukan dengan sembarangan. Ada alasan khusus mengapa Mira Lesmana sebagai produsernya memilih judul tersebut alih-alih memakai "pedang" atau "golok". Dalam buku Behind The Scene yang dirilis Gramedia, Mira menceritakan semuanya.

Dalam pemahaman wanita yang berambut keriting ini, tokoh pendekar dalam kisah persilatan jarang ada yang berkelahi dengan tangan kosong. Para pendekar selalu memiliki senjata, seperti misalnya ada komik klasik yang berjudul PENDEKAR SERULING GEMBALA. Mira lantas memilih tongkat untuk menjadi senjata utama dalam filmnya.

(dig/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING