Tugas Penting Kakek Anies Baswedan ke Kairo Diadaptasi Jadi Film

Minggu, 04 Juni 2017 17:55 Penulis: Agista Rully
Tugas Penting Kakek Anies Baswedan ke Kairo Diadaptasi Jadi Film © istimewa

Kapanlagi.com - Pada April tahun 1947, Haji Agus Salim didelegasikan ke Kairo dalam upaya menerbitkan pengakuan de jure atas kedaulatan Republik Indonesia di Mesir. Mantan menteri tersebut datang bersama Mohammad Rasjidi, Nazir Datuk Sutan Pamuntjak serta Abudurrachman Baswedan.

Perjalanan penting tersebut kemudian diadaptasi ke layar lebar dengan judul MOONRISE OVER EGYPT. Gubernur DKI Jakarta terpilih yakni Anies Baswedan mengaku bangga dengan dibuatnya film yang mengangkat kisah Haji Agus Salim bersama sang kakek bertemu dengan Mahmud Fahmi El Nokrasyi Pasya, Perdana Menteri Mesir kala itu.

"Perjalanan kakek kami dijadikan film membuat sekeluarga bangga. Audio visual memiliki daya tinggi untuk menghadirkan imajinasi dan menyampaikan gagasan," kata Anies dalam jumpa pers di kawasan Kebayoran Baru, Kamis (01/06).

Kisah pengukuhan kedaulatan Republik Indonesia oleh Haji Agus Salim diangkat dalam film berjudul MOONRISE OVER EGYPT © istimewaKisah pengukuhan kedaulatan Republik Indonesia oleh Haji Agus Salim diangkat dalam film berjudul MOONRISE OVER EGYPT © istimewa

Lebih lanjut, Anies berkata bila terdapat sebuah kisah yang tak pernah dilupakan sang kakek selama menjalankan tugas penting itu. Yakni ketika tidak ada penerbangan langsung, terbatasnya logistik, serta penjagaan yang begitu ketat. Dalam tugas tersebut, keselamatan sang kakek tidak penting karena yang terpenting justru surat pengakuan kedaulatan harus sampai di tangan Presiden.

"Saat pulang dari Mesir ke Mumbai dulu, dari Mumbai lalu ke Singapura, di Singapura kehabisan uang. Lalu mengumpulkan orang yang simpati atas perjuangan Indonesia, untuk kumpulkan bekal. Sampai di Jakarta, mendapat penjagaan ketat. Surat pengakuan itu disimpan di kaos kaki dan loloslah dari pemeriksaan. Surat pengakuan itu diteruskan ke Jogja dan diserahkan ke Presiden Soekarno," kenang Anies.

MOONRISE OVER EGYPT akan memulai proses syuting pada 6 Juni. Dibintangi oleh Preed Timothy, Vikri Rasta, Reza SMASH, serta Mark Sungkar. Sembari menunggu fimnya selesai, telah dirilis buku berjudul The Grand Old Man karya Haris Priyatna yang menjadi bahan dasar pembuatan film produksi TVS Films itu.

(kpl/abs/agt)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING