Unik, Dana Produksi Film 'KETIKA MAS GAGAH PERGI' Hasil Patungan

Jum'at, 02 Oktober 2015 00:27 Penulis: Rahmi Safitri
Unik, Dana Produksi Film 'KETIKA MAS GAGAH PERGI' Hasil Patungan Film KETIKA MAS GAGAH PERGI © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Sebuah film berjudul KETIKA MAS GAGAH PERGI (KMGP) sedang dibuat oleh rumah produksi IndoBroadcast Production. Film yang mengadaptasi dari buku karangan Helvy Tiana Rosa yang berjudul KETIKA MAS GAGAH PERGI ini berkisah tentang hijrah dan indahnya Islam.

Menariknya lagi, dari penggarapan film tersebut adalah dana untuk memproduksinya. Menurut Helvy, dana tersebut didapat dari urunan orang-orang yang menginginkan buku karangannya difilmkan. Sejak September 2014 Helvy road show dan crowd funding di 100 kota di Indonesia dan respon-nya positif.

"Mengharukan melihat ada remaja petugas kebersihan yang mengejar-ngejar saya untuk memberikan uang tabungannya 50 ribu buat film ini, karena dia tidak punya rekening," tutur Helvy sedih saat syukuran film KMGP di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (1/10).

Para pemain film KETIKA MAS GAGAH PERGI © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoPara pemain film KETIKA MAS GAGAH PERGI © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

"Ada juga pembaca saya pengidap penyakit Lupus yang mengirim uang hasil penjualan bros yang dia buat. Ada anak muda penjaga masjid yang tiba-tiba datang ingin menyumbangkan tenaganya demi film ini. Anak-anak sekolah yang mengumpulkan uang one day one thousand untuk film ini," lanjut Helvy.

Masih banyak orang-orang yang memang tulus menyumbangkan hartanya demi terwujudnya film KMGP. Menurutnya, kebanyakan mereka memiliki ikatan emosional dengan buku karangannya itu. Sebab tidak sedikit dari mereka yang berubah hidupnya menjadi lebih baik.

Sebuah tanggung jawab moral dipikul Helvy untuk membuat film KMGP ini sesuai dengan harapan para donatur. Pemilihan pemainnya pun tidak sembarangan, apalagi untuk pemeran Mas Gagah. Nama-nama seperti Wulan Guritno, Mathias Muchus, Epi Kusnandar, Izzah, Aquino, Hamas Syahid, Abdur dan masih banyak lainnya akan mewarnai film tersebut.

(kpl/hen/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING