Usai Nonton Film 'KARTINI', Menteri Khofifah: Pria Wajib Nonton

Minggu, 09 April 2017 15:00 Penulis: Agista Rully
Usai Nonton Film 'KARTINI', Menteri Khofifah: Pria Wajib Nonton © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Jasa R.A Kartini terhadap kesetaraan pria dan wanita di Indonesia sangatlah besar. Oleh sebab itu wanita asal Jepara ini ditahbiskan sebagai pahlawan nasional. Dan salah satu sutradara kawakan Indonesia Hanung Bramantyo bersemangat untuk mengangkat biopik Kartini dalam film terbarunya.

Bersama para Puteri Indonesia 2017, Menteri Sosial Indonesia Khofifah Indar Parawansa juga turut hadir dalam acara nonton bareng film KARTINI. Menteri yang lahir di Surabaya ini mengutarakan pesan dan kesan usai menonton film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo ini.

"Kesetaraan laki-laki dan perempuan diterjemahkan dalam berbagai cara sehingga Kartini meninggalkan perjalanan luar biasa untuk tetap jadi referensi," ujar Khofifah saat dijumpai usai nonton bareng film KARTINI bersama Puteri Indonesia 2017 di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (07/04).

Nonton bareng film KARTINI di Plaza Senayan, Jumat (07/04) © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoNonton bareng film KARTINI di Plaza Senayan, Jumat (07/04) © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Sampai sekarang strata status ekonomi dan sosial dibangun oleh Kartini, bagaimana mencerdaskan para perempuan dan revolusi karakter." lanjut wanita berusia 51 tahun ini.

Menurutnya bukan hanya wanita saja yang menonton film yang akan dirilis pada 19 April 2017 nanti, pria juga diwajibkan untuk menontonnya. "Menurut saya, justru laki-laki yang harus banyak menonton. Karena kesadaran itu dibangun oleh laki-laki. Bagaimana memberikan kesetaraan perlakuan pada perempuan, tak hanya pada ibu, istri, dan anak-anaknya." 

"Karena wanita itu memiliki beban berat (over burden). Ketika dengan berbagai macam perjuangan maka laki-laki harus memberikan kesetaran perlakuan penghormatan dan penghargaan atas prestasi terhadap perempuan dimana pun," tutup Khofifah.

(kpl/aal/agt)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING