FILM INDONESIA

Wajib Ditonton! Inilah 5 Film Garapan Joko Anwar Yang Menang Dalam Festival Film Dunia

Sabtu, 04 September 2021 12:12 Penulis: Editor KapanLagi.com

Janji Joni (cr: IMDB), Modus Anomali (cr:IMDB), Copy of My Mind (cr: IMDB), Pengabdi Setan (cr: IMDB), Perempuan Tanah Jahanam (cr: IMDB)

Kapanlagi.com - Sukses besar dengan film PENGABDI SETAN, Sutradara Joko Anwar ternyata memiliki karya lain yang juga tembus masuk ke dalam festival film dunia. Joko Anwar sendiri merupakan sutradara kondang asal Indonesia dengan segudang prestasinya di industri perfilman.

Tidak tanggung-tanggung, film tahun 80-an yang ia garap ulang tersebut mampu menembus angka 4 juta penonton dan di tayangkan di 42 negara berbeda di belahan dunia. Tidak hanya itu film tersebut juga menang dalam berbagai kategori di beberapa film festival.

Tapi tentu saja, tidak hanya PENGABDI SETAN sajalah yang pernah tayang dan meraih penghargaan film festival, berikut 5 film garapan Joko Anwar yang wajib kamu tonton!

1. 'JANJI JONI'

JANJI JONI merupakan salah satu film garapan Joko Anwar yang dibintangi oleh aktor tampan Nicholas Saputra. Film ini tayang pada tahun 2005 dan merupakan film yang membawa genre romantis komedi yang akan menggelikan para perut penonton.

JANJI JONI bercerita tentang seorang pria bernama Joni yang bekerja sebagai seorang kurir pengantar roll film bioskop di Jakarta. Namun suatu hari di sepertinya mendapat kesialan saat mengantar roll film tersebut karena seluruh Jakarta tiba-tiba macet total. Sehingga, dalam perjalanannya ia menemui banyak hal-hal ketika mencari jalan agar sampai tepat waktu.

Film ini ditulis oleh Joko Anwar berdasarkan pengalaman pribadi tentang seorang pengantar roll film yang kecelakaan. Karena keunikan dan filmnya yang juga mengguncang perut karena sisi komedinya film, Joko Anwar masuk sebagai nominasi untuk Golden Wheel di Vesoul International Film Festival of Asian Cinema dan menang dalam kategori Best Editing di festival Asia-Pacific Film Festival.

 

2. 'RITUAL'

RITUAL atau MODUS ANOMALI merupakan karya Joko Anwar yang bergenre thriller. Para pecinta film dengan genre ini tentunya akan dibuat puas oleh film yang tayang pada tahun 2012 yang dibintangi oleh aktor kondang Indonesia Rio Dewanto.

Film ini sangat menegangkan dengan membawa cerita seorang pria yang bernama John yang tiba-tiba bangun dari sebuah kuburan dangkal di dalam sebuah hutan dan tidak mengingat apapun tentang dirinya. Bahkan ponsel yang ada di saku celananya pun juga tidak memberinya petunjuk apapun hingga ia menemukan sebuah rumah yang berisi sebuah handycam yang berisi video seorang wanita hamil yang dibunuh dengan belati.

Jalan cerita film ini akan membuat penonton tidak menyangka apa yang terjadi sebenarnya. Beberapa plot twistnya juga begitu keren dan benar-benar tidak tertebak. Film MODUS ANOMALI ini sendiri berhasil menang dalam kategori Best Director dalam Molins Festival Film.

 

3. 'COPY OF MY MIND'

Film COPY OF MY MIND adalah film yang juga digarap oleh Joko Anwar dan tayang pada tahun 2015. Berbeda dengan kedua film sebelumnya, film ini mengusung konsep romantis, drama dan film yang dapat dikategorikan sebagai film dewasa. Film ini memperlihatkan kerasnya kehidupan saat masa Presiden Soeharto.

Film ini dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Tara Basro yang berperan sebagai Alex dan Sari. Alex yang mencari uang dengan melakukan terjemahan untuk DVD bajakan dan bertemu dengan Sari di suatu waktu. Mereka saling jatuh cinta dan menjalani kehidupan mereka dengan berbagai konflik. Kisah cinta pemeran utama dalam film ini yaitu Sara dan Alex berakhir tragis karena keadaan negara yang tidak aman waktu itu.

Karena menyuguhkan film dengan jalan cerita yang begitu apik, film ini masuk nominasi dalam kategori Horizons Best Film di 72nd Venice International Film Festival. Selain itu film ini juga banyak memenangkan penghargaan di Indonesia.

 

4. 'PENGABDI SETAN'

Wah siapa yang tidak dengan film yang satu ini? Film 80-an yang dibuat ulang ini meraih hampir Rp 230 Miliar keuntungan selama pemutarannya. Film PENGABDI SETAN, yang meraih 4 juta lebih penonton dan di tayangkan di 42 Negara.

Film horor yang mengisahkan sebuah keluarga yang pindah ke rumah lama nenek mereka karena masalah finansial ternyata membawa teror yang tidak mereka inginkan. 3 tahun setelah kematian ibu keluarga ini terus mendapat teror bahkan di siang hari hingga anak sulung di keluarga itu tahu ternyata teror itu terjadi karena keluarga tersebut bersekutu dengan setan.

Film yang dibintangi aktris berbakat Tara Basro ini sukses besar dan berhasil memenangkan banyak penghargaan di festival film di antaranya Overlook Film Festival, Cine Apocalypse, Popcorn Frights Film Festival, dan Toronto Film Festival. Tentu saja ini hal yang sangat membanggakan tidak hanya untuk Joko Anwar tetapi juga untuk industri film Indonesia.

 

5. 'PEREMPUAN TANAH JAHANAM'

Setelah sukses pada film PENGABDI SETAN yang tayang pada tahun 2017, Joko Anwar kembali menggarap film horor yang berjudul PEREMPUAN TANAH JAHANAM yang tayang pada tahun 2019 silam. Film yang naskahnya dikerjakan kurang lebih 11 tahun ini juga membawa kesuksesan besar mengikuti jejak pendahulunya PENGABDI SETAN.

Film yang mengisahkan tentang teka-teki masa lalu seorang wanita ini dan akhirnya membuat para pemain terjebak dan terbunuh. Film yang berhasil menembus, 1,7 juta penonton ini juga menang dalam berbagai perhargaan dan berhasil tayang di berbagai negara termasuk Eropa dan Amerika Serikat.

Ditulis oleh: Siti Radibah Imatufariq

 


REKOMENDASI
TRENDING