XXI Short Film Festival, Sebuah Edukasi Bagi Insan Muda Perfilman

Jum'at, 13 Maret 2015 17:52 Penulis: Risang Sudrajad
XXI Short Film Festival, Sebuah Edukasi Bagi Insan Muda Perfilman XXI Short Film Festival @foto: KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Cinema XXI kembali menghadirkan XXI Short Film Festival pada tahun ini. Ini merupakan ketiga kalinya festival super keren ini digelar dan menjadi sebuah bukti nyata dari Cinema XXI untuk mendukung industri perfilman Indonesia, khususnya insan film muda.

Seperti ciri khasnya, akan ada banyak kegiatan seru yang ditawarkan di XXI Short Film Festival. Selain kompetisi film pendek, festival ini juga akan menyuguhkan program retrospektif yang pastinya istimewa. Program ini sendiri akan menayangkan karya-karya film pendek yang pernah dibuat oleh sutradara ternama tanah air.

Pada tahun ketiga ini, Riri Riza sebagai salah satu sutradara jempolan Indonesia berkesempatan menunjukkan karyanya dalam festival film ini. Dia sendiri memang sudah dikenal lewat film-film fenomenal seperti GIE, LASKAR PELANGI, SOKOLA RIMBA. Film LASKAR PELANGI sendiri bahkan masih bertengger di puncak rekor box office film Indonesia dengan meraih lebih dari empat juta penonton.

XXI Short Film Festival @foto: KapanLagi.com®XXI Short Film Festival @foto: KapanLagi.com®

Namun tidak banyak yang tahu jika Riri Riza pernah membesut beberapa film pendek. DRUPADI, TITISAN NAYA dan TAK KAU NANTI merupakan contoh nyata dari kapasitasnya sebagai sutradara.

Selain sosok Riri Riza, XXI Short Film juga akan mendatangkan Anggi Noen yang merupakan pendiri rumah produksi Limaenam Films. Tak kalah hebat, film VAKANSI YANG JANGGAL dan PENYAKIT LAINNYA sukses diputar di 25 film festival internasional dan mendapatkan nominasi film terbaik di festival film Locarno, Hong Kong dan Vancouver. Lima film pendeknya sendiri akan ditayangkan di XXI Short Film Festival 2015 nanti.

Selain mendapatkan ilmu langsung dari dua insan film ternama itu, para filmaker tanah air juga berkesempatan untuk mengikuti serangkaian kegiatan workshop guna mempresentasikan ide cerita mereka kepada panel juri. Tahun lalu, tiga tim filmmaker lalu berhasil memenangkan dana produksi dari XXI Short Film Festival melalui film pendek berjudul POTRET, LISTEN dan CATUR

Riri Riza @foto: KapanLagi.com®Riri Riza @foto: KapanLagi.com®

Bukan hanya itu saja, total 21 film pendek internasional juga akan hadir dalam acara ini yang akan dibagi ke dalam tiga kategori yaitu Variety, Fantastic Short dan Rome Independent Film Festival on Tour 2014. Film-film pendek berkualitas mancanegara ini sudah berkeliling di banyak festival film dan salah satunya adalah pemenang penghargaan Academy Awards 2015 dalam kategori Best Live Action Short, yaitu THE LAST CALL karya sutradara Mat Kirkby asal Inggris.

Seluruh program acara yang akan digelar pada 18 hingga 22 Maret tersebut dibuat gratis dan dapat diikuti oleh umum. Tiket acara ini sendiri dapat diambil minimal satu jam sebelum setiap jam pemutaran film. Berbekal banyak hal seru itu, rasanya terlalu sayang bila kamu sampai melewatkan festival film super keren ini.

Kamu boleh banget kok membaca informasi mereka di official Twitter @21shortfilm atau akun Facebook mereka di XXI Short Film Festival. Official website? tenang, kamu bisa langsung akses segala informasi tentang XXI Short Film Festival di SINI.

(kpl/abl)

Editor:

Risang Sudrajad


REKOMENDASI
TRENDING