FILM INTERNASIONAL

10 Kasus Kriminal yang Terinspirasi Film Horor, Ada yang Bilang Disuruh Vampir

Rabu, 17 Oktober 2018 16:36 Penulis: Mahardi Eka Putra

Adegan dalam film THE NUN. (Warner Bros Pictures)

Kapanlagi.com - Kasus terbunuhnya Ella Nurhayati yang tewas dengan luka tusukan menjadi sorotan beberapa waktu terakhir. Ia tewas dengan 28 luka tusukan di Kampung Pangragajian, RT3/RW9 Desa Kayuambon, Lembang, Bandung Barat, 11 September lalu.

Penyelidikan polisi pun mengarah kepada putranya, yang juga menjadi saksi kunci dalam kasus pembunuhan ini. Fakta lain yang terungkap dalam kasus tersebut adalah sehari sebelum kejadian, keduanya menonton film horor di bioskop bersama. Dugaan bahwa film horor tersebut mendasari pembunuhan ini pun mencuat.

Terlepas dari kasus tewasnya Ella, beberapa pembunuhan di Amerika Serikat dan Inggris terbukti diakibatkan oleh film horor. Mulai dari adegannya atau tokoh-tokohnya, nyatanya menjadi inspirasi pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. Disadur dari The Clever, berikut ini ringkasan beberapa tindak kejahatan yang diduga kuat terinspirasi dari adegan film horor.

1. Remaja Yang Ingin Jadi Pembunuh Berantai

Siswa SMP bernama Michael Hernandez punya cita-cita yang sangat tidak lazim. Ia ingin menjadi pembunuh berantai. Ia mengaku terinspirasi oleh film seperti AMERICAN PSYCHO atau THE SILENCE OF THE LAMBS. Baginya, tokoh-tokoh pembunuh bayaran dalam film-film tersebut sangat menarik dan keren. Yang dikagumi dari mereka tentu saja aksi menghilangkan nyawa orang.

Dan benar saja, di usia 14, ia membunuh salah satu teman sekelasnya. Ia paham bahwa membunuh adalah sebuah kejahatan, tapi dalam prinsipnya, apa yang dilakukannya itu disetujui oleh tuhan. Ia yakin bahwa tuhan pun akan membantu dia keluar dari penjara. 

2. Telepon Iseng Berujung Kematian

Mulanya hanya ingin melakukan telepon prank, akhirnya dua gadis asal Tennessee terjerat hukum. Mereka menelepon seorang wanita bernama Beverly Dickson dan mengirim pesan ke handphone Dickson.

Isi pesan tersebut terinspirasi dari permainan penyiksaan yang dimainkan Jigsaw dalam film SAW. Pesan tersebut berisi permintaan tolong karena ada seorang gadis yang terperangkap di rumah Dickson. Dalam sepuluh menit akan ada gas beracun yang memenuhi rumah Dickson. Tak tanggung-tanggung, gas itu dapa membunuh orang dalam 30 detik saja. Nyatanya, Dickson membaca pesan tersebut ketika sedang berada di sebuah pemakaman. Ia langsung terserang stroke.

Dua gadis iseng tersebut langsung ditangkap polisi

3. Menyiksa Seperti di Film SAW IV

Pecandu narkoba, Matthew Tinling benar-benar meniru gaya penyiksaan di SAW IV untuk membunuh teman kamarnya. Semua gara-gara temannya tidak mau menyerahkan nomor pin kepada Matthew yang ingin membeli narkoba. Matthew menusuk temannya itu tujuh belas kali di area kepala, leher dan paha. Dari pengakuannya, ia bahkan berniat untuk mengiris paksa tulang punggung korban. Ia tak sukses melakukannya. Namun aksinya tersebut telah merenggut nyawa temannya. 

4. Mengidolakan Freddy Krueger

Daniel Gonzalez punya penyakit jiwa. Ia juga sangat mengidolakan sosok pembunuh bernama Freddy Krueger yang tenar dalam film A NIGHTMARE ON ELM STREET. Ia bahkan berfantasi menjadi pembunuh berantai seperti Freddy.

Ia lantas berniat membunuh paling sedikitnya 10 orang. Nyatanya, ia membunuh empat orang. Dalam tiga hari, ia membunuh korban-korbannya yang semuanya tewas terkena luka tusuk. Katanya ia sangat puas bisa melakukannya karena sudah merasa mirip Freddy Krueger.  

5. Lamaran Berujung Maut

Tak hanya di dunia modern, jauh di tahun 1928 seorang bernama Robert Williams membunuh seorang wanita gara-gara mendapat visi berupa penampakan tokoh dalam film LONDON AFTER MIDNIGHT.

Robert mulanya melamar wanita bernama Julia Mangan tersebut. Yang ia ingat ia kemudian melihat wajah tokoh Lon Chaney muncul di pandangannya. Sekejap kemudian, ia menemukan dirinya telah membunuh Julia dengan pisau. Sakit jiwa atau kerasukan? Tidak ada yang bisa menjawabnya sampai sekarang.

6. Ditolak Gadis Remaja, Langsung Kesetanan

Thierry Jaradin yang adalah supir hanya ingin mencari kekasih. Ia pun jatuh cinta kepada Alisson Cambier yang usianya 15 tahun, lebih muda 9 tahun darinya. Pada suatu hari Thierry pergi ke rumah Alisson untuk bertukar kaset video dan ngobrol saja. 

Sayang, tawaran Thierry ditolak mentah-mentah. Ia langsung pulang dan mengenakan kostum Ghostface seperti dalam film SCREAM dan mengambil pisau dapur untuk menusuk Alisson. Tak cukup itu, ia meletakkan mayat Alison di tempat tidurnya dan menghiasinya dengan mawar. Pada akhirnya ia mengakui perbuatannya tersebut pada keluarga dan kerabatnya. 


7. Disuruh Vampir

Allan Menzies yang berusia 20 tahunan ini memang ingin menjadi vampir. Sampai-sampai ia membunuh teman baiknya dan meminum darahnya. Allan menusuk Thomas McKendrick sebanyak 42 kali dengan dasar bahwa ia disuruh oleh Ratu Vampir Akasha dalam film QUEEN OF THE DAMNED. Dalam pengakuannya, ia telah menonton film tersebut ratusan kali. Mengapa Thomas jadi korbannya? Karena mulanya ia mengejek film favorit Allan tersebut. Hal itu langsung bikin Allan kesetanan.

8. Terlalu Serius Meyakini Sebuah Film

Yang belum pernah menonton THE PURGE, film ini mengandaikan apabila di Amerika ada sebuah hari di mana orang bisa berbuat kejahatan seenaknya tanpa perlu takut masuk penjara. Kejahatan tersebut termasuk pembunuhan. 

Jonathan Cruz, pemuda dari Indiana tampaknya meyakini kisah rekaan itu sebagai sebuah kenyataan. Ia melakukan pembunuhan beruntun selama empat hari gara-gara THE PURGE. Ia mengirim pesan kepada kekasihnya dengan menggunakan THE PURGE sebagai referensi. 

9. Lagi-Lagi Terinspirasi Vampir

Percaya atau tidak, lagi-lagi vampir menjadi inspirasi seseorang untuk melakukan kejahatan. Daniel Sterling mengaku menonton INTERVIEW WITH THE VAMPIRE sehari sebelum ia mencoba membunuh kekasihnya yang sudah delapan tahun ia pacari. Sebabnya, ia ingin meminum darah kekasihnya itu.

Ia lantas menusuk kekasihnya dengan pisau sebanyak sembilan kali dan meminum darahnya. Beruntungnya, sang kekasih berhasil selamat. Pengacara Daniel mengklaim bahwa kliennya sakit jiwa dan sangat terobsesi oleh film vampir yang dibintangi Tom Cruise dan Brad Pitt tersebut. 
 

 

10. Anak Kecil Berani Membunuh

Tidak ada yang lebih menakutkan daripada melihat anak kecil yang kesetanan atau anak kecil jahat. Anak-anak kerap diidentikkan dengan masa yang penuh keceriaan, jauh dari kejahatan.

Tapi apa yang terjadi pada dua bocah asal Inggris ini. Robert Thompson dan Jon Venables menculik bocah dua tahun, James Bulger dari sebuah mall. Mereka membawa bocah dua tahun tersebut ke rel kereta api di belakang sebuah kantor polisi. Di situ mereka memukuli dia, melemparinya dengan batu, menyemprotkan cat biru di kedua matanya, dan membunuhnya dengan tongkat. Mereka meninggalkan tubuhnya di situ. Saking ngerinya, mereka juga menguliti kelamin James. 

Pola pembunuhan ini mirip dengan apa yang dialami oleh Chucky dalam CHILD’S PLAY 3. Dalam film tersebut, Chucky disemprot wajahnya sebelum dipukuli. 

REKOMENDASI
TRENDING