FILM INTERNASIONAL

16 Rekomendasi Film untuk Nobar Genre Horor, Jadi Pilihan Mengisi Weekend Bareng Teman - Keluarga

Selasa, 26 April 2022 19:33 Penulis: Dhia Amira

Rekomendasi Film untuk Nobar Genre Horor (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Ada banyak sekali film yang bisa kalian pilih sebagai salah satu tontonan bareng teman ataupun keluarga, salah satunya rekomendasi film untuk nobar genre horor. Ya, film ini cocok banget untuk KLovers yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan menonton film horor tapi tidak ingin sendirian.

Nonton film horor memang sangat menyenangkan, apalagi bila ditonton secara ramai. Kalian bisa mengajak teman, pasangan, hingga keluarga untuk menonton beberapa rekomendasi film untuk nobar genre horor berikut ini. Namun, rekomendasi film untuk nobar genre horor ini tidak disarankan untuk anak di bawah 17 tahun ya KLovers.

Nah, apa saja sih rekomendasi film untuk nobar genre horor tersebut? Berikut ini 16 rekomendasi film untuk nobar genre horor yang bisa kalian pilih sebagai hiburan akhir pekan. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. THE EXORCIST (1973)

Film THE EXORCIST adalah sebuah film horor Amerika Serikat yang diadaptasi dari novel tahun 1971 dengan judul yang sama karya William Peter Blatty, mengenai seorang gadis kecil yang kerasukan setan dan usaha nekat ibunya yang mencoba menyembuhkan putrinya lewat eksorsisme atau ritual pengusiran setan yang dilakukan oleh dua orang imam Katolik.

Film dan novel ini terinspirasi dari kisah nyata, dimana sebuah praktik eksorsisme yang tercatat pada tahun 1949 atas seorang bocah laki-laki berusia 14 tahun. Film ini menjadi salah satu film horor paling menguntungkan sepanjang masa di seluruh dunia. Film THE EXORCIST ini juga memperoleh sepuluh nominasi Piala Oscar.

Namun, nyatanya film THE EXORCIST ini dilarang di kota-kota individual dan negara karena alasan terlalu mengerikan atau menakutkan, dan juga karena alasan agama di beberapa negara. Tidak heran bila film THE EXORCIST ini, menjadi salah satu film horor terseram dan bisa jadi rekomendasi film untuk nobar genre horor bersama keluarga.

2. THE AMITYVILLE HOROR (1979)

Film THE AMITYVILLE HOROR tahun 1979 ini merupakan salah satu film horor klasik dan tentu saja yang terbaik di antara semua adaptasinya, baik sejumlah sekuel maupun versi pembuatan ulangnya. Ya, film yang diadaptasi dari kisah nyata ini memang beberapa kali di buat, namun THE AMITYVILLE HOROR tahun 1979 yang cukup sukses.

Gaya penuturan horor era 70'an ini setara dengan horor klasik lainnya, seperti THE EXORCIST (1973) atau THE OMEN (1976), namun disajikan dengan narasi horor yang realistis, sehingga patut dinikmati. Tidak heran bila film THE AMITYVILLE HOROR ini menjadi salah satu film horor terseram dan bisa jadi rekomendasi film untuk nobar genre horor yang sayang untuk dilewatkan.

3. THE WAILING (2016)

Rekomendasi film untuk nobar genre horor lainnya ada film berjudul THE WAILING. Ya, film yang tayang tahun 2016 ini juga menjadi salah satu film zombie Korea yang keren loh KLovers. Film ini mengisahkan sekelompok polisi yang melacak serangkaian kejadian supernatural yang mengganggu di Gokseong, kota nelayan kecil di Korea Selatan.

Kejadian tersebut terjadi saat seorang asing misterius datang ke kota tersebut. Tak lama kemudian, virus zombie menyebar ke semua dusun yang dianggap sebagai kutukan roh jahat di daerah tersebut. Kemudian polisi dan film ini segera bertindak dan menyelidiki kasus misterius itu.

Selain menampilkan kisah yang menyeramkan, film bertema zombie ini juga menampilkan elemen budaya Korea yang membuat film THE WAILING berhasil memukau para penontonnya. Dan bisa menjadi salah satu rekomendasi film untuk nobar genre horor untuk film Korea yang sayang banget dilewatkan.

4. KELUARGA TAK KASAT MATA (2017)

Tidak hanya film barat dan Korea saja, film Indonesia juga ada loh di ambil dari kisah nyata dan memiliki alur keren. Seperti film KELUARGA TAK KASAT MATA ini, yang telah rilis sejak 2017 lalu. Disutradarai oleh Hedy Suryawan, sementara ceritanya ditulis oleh Bonaventura Genta, Lele Laila dan Evelyn Afnilia.

Cerita ini diangkat dari pengalaman mistis yang ditulis Bonaventura Genta di sebuah forum internet. Genta dan teman-temannya itu bekerja pada perusahaan yang sama di Yogyakarta. Ketika mereka pindah gedung kantor, mereka mulai merasakan hal aneh dan malam-malam mereka menjadi momen penuh ketegangan karena sosok makhluk halus.

Dan lebih mencengangkan lagi, untuk membuat kisah hantu ini. Ternyata tidak main-main loh KLovers. Ya, pembuatan film ini meminta izin terlebih dahulu kepada makhluk halus yang menunggu di kantor tersebut. Dan bisa jadi pilihan untuk rekomendasi film untuk nobar genre horor terseram.

5. PENGABDI SETAN (2017)

Selanjutnya ada pula film horor Indonesia berjudul PENGABDI SETAN yang sukses hingga Internasional. Bahkan diketahui bahwa, film ini kembali dengan season 2 loh KLovers. Dikisahkan, setelah sakit aneh selama 3 tahun, seorang ibu dari sebuah keluarga meninggal dunia.

Lalu, sang suami memutuskan untuk kerja di luar kota meninggalkan anak-anak. Tak lama kemudian, anak-anak merasa bahwa ibu mereka kembali ke rumah. Situasi semakin menyeramkan ketika mereka mengetahui bahwa sang ibu datang lagi tidak sekedar untuk menjenguk, tapi untuk menjemput mereka.

Untuk film yang kedua, sama seperti film pertama, PENGABDI SETAN 2 diprediksi akan kembali menampilkan para pemain yang sudah dikenal sebelumnya di season pertama. Dan jadi rekomendasi film untuk nobar genre horor yang sayang bila dilewatkan.

6. GONJIAM: HAUNTED ASYLUM (2018)

Memakai lata belakang rumah sakit jiwa Gonjiam yang berada di Korea Selatan, rekomendasi film untuk nobar genre horor ini sangat sayang untuk dilewatkan. Rumah sakit jiwa tersebut terkenal angkernya dan sudah ditutup sejak tahun 1996. Dan menjadi salah satu rumah sakit angker yang cukup melegenda di Korea Selatan.

Alasan rumah sakit ini sendiri ditutup karena banyaknya rumor yang menyebar bahwa ada banyak pasien dan perawat yang mati secara mengenaskan. Dengan menggunakan setting rumah sakit jiwa tersebut, film GONJIAM: HAUNTED ASYLUM bercerita tentang seorang youtuber dan beberapa temannya menantang diri mereka sendiri untuk melakukan penjelajahan langsung ke dalam rumah sakit yang telah 25 tahun tersebut.

Awalnya mereka baik-baik saja ketika pertama kali menginjakkan kaki mereka di daerah sekitar rumah sakit tersebut. Tetapi semakin malam dan semakin mereka masuk ke dalam ada banyak hal buruk terjadi pada mereka. Film ini sangat rekomendasi untuk kalian yang suka tentang cerita horor dan petualangan, karena film ini bisa membawa kalian ikut serta seperti kalian juga berada dalam film.

7. RAMPANT (2018)

Kalian suka dengan film hantu dengan latar belakang kolosal? Maka kalian bisa memilih film RAMPANT ini. Ya, film garapan Korea Selatan ini mengambil waktu pada masa kerajaan Korea. Film yang tayang pada tahun 2018 ini merupakan kisah antara pangeran yang diasingkan dengan latar belakang seorang menyebarkan wabah zombie.

Film yang diperankan oleh Hyun Bin dengan mengusung tema kerajaan dan politik serta dibalut dengan kengerian dari zombie, bakal menjadi salah film zombie Korea yang seru banget dan sayang untuk kalian lewatkan. Dan menjadi salah satu rekomendasi film untuk nobar genre horor yang wajib masuk list kalian.

8. THE CONJURING (2013 - 2021)

Film THE CONJURING juga masuk ke dalam rekomendasi film untuk nobar genre horor. CONJURING 1 dikisahkan Ed dan Lorraine berhadapan dengan arwah jahat bernama Bathsheba. Ia semula adalah istri tuan tanah yang kemudian menyembah setan dan membunuh anaknya sendiri untuk dijadikan persembahan. Kisah ini merupakan kisah nyata yang pernah dihadapi oleh Ed dan Lorraine Warren.

Mereka bahkan mendukung produksi film ini dan pernah menerbitkan buku terbitan sendiri bertajuk House of Darkness House of Light. Bukan hanya soal keberadaan keluarga Perron yang memang ada, tetapi juga Bathsheba yang pernah menjadi tuan tanah sebelum keluarga itu. Namun tak ada bukti pasti apakah Bathsheba merupakan penyembah setan seperti pada film.

Kemudian THE CONJURING 2 juga diangkat dari kisah nyata yang dialami keluarga Hodgson di Inggris yang dikenal sebagai Enfield Poltergeist. Sejumlah adegan dalam film ini nyata terjadi, salah satunya adalah ketukan di balik dinding. Sementara itu, adegan Janet melayang di udara masih diperdebatkan, apakah itu benar terbang atau melompat.

Melalui sejumlah bukti foto, tampak seolah Janet hanya loncat dari tempat tidurnya. Namun menurut pengakuan Janet dan keluarga serta sejumlah saksi, Janet sungguh melayang di atas tempat tidurnya. Dan yang terakhir yaitu, kisah THE CONJURING 3 yang juga begitu menyeramkan.

Kasus itu sendiri sempat menjadi kehebohan di Amerika Serikat pada dekade '80-an karena untuk pertama kalinya alasan kesurupan jadi pembelaan di persidangan. Bukan hanya itu, kasus kesurupan yang dialami David Glatzel juga nyata terjadi dan ditangani oleh Ed dan Lorraine Warren.

9. ZOMBIE REDDY (2021)

ZOMBIE REDDY bercerita tentang pengembang game dan teman-temannya pergi ke Kurnool untuk menghadiri pernikahan teman mereka. Tapi mereka justru harus mengatasi dan melarikan diri dari kiamat zombie yang sedang naik di wilayah tersebut.

Bagi kalian yang suka banget dengan film Bollywood, maka kalian bisa memilih film zombie yang satu ini. Bahkan ini menjadi rekomendasi film untuk nobar genre horor terbaru yang sayang untuk kalian lewatkan.

10. THE GROTESQUE MANSION (2021)

Rekomendasi film untuk nobar genre horor selanjutnya ada film THE GROTESQUE MANSION. Film ini memiliki cerita dan alur yang menarik serta ada pesan moral yang dapat di ambil. Bercerita tentang seorang komikus webtoon yang sedang buntu dalam mencari ide cerita sehingga ia mendatangi sebuah gedung apartemen tua yang menyimpang begitu banyak misteri.

Sesampainya ia di sana, ia disambut oleh seorang penjaga apartemen yang sudah begitu tua dan berusaha untuk mengulik cerita-cerita yang ada di gedung apartemen tersebut. Namun karena tuntutan pekerjaannya sebagai seorang creator webtoon, ia diminta oleh perusahaan untuk membuat cerita yang lebih panjang sehingga ia memutuskan untuk kembali ke gedung apartemen tersebut.

Namun sangat disayangkan kembalinya ia ke sana menjadi malapetaka untuk dirinya sendiri dan menjadi kisah yang cukup menyeramkan. Tidak heran bila THE GROTESQUE MANSION menjadi salah satu rekomendasi film Korea horor terbaik dan rekomendasi film untuk nobar genre horor yang sayang untuk dilewatkan.

11. THE 8TH NIGHT (2021)

Masih dengan rekomendasi film Korea horor, ada pula film berjudul THE 8TH NIGHT. Film ini merupakan cerita bertema horor yang mengisahkan keadaan saat 2.500 tahun yang lalu ada monster yang membuka gerbang negara. Terbukanya gerbang tersebut menjadi awal bagi penderitaan manusia.

Lalu sang Buddha muncul untuk menghadapi monster tersebut dengan mengambil dua mata monster tersebut, mata merah dan mata hitam. Namun, kedua mata tersebut sempat terlepas dari tangan sang Buddha dan hanya mata hitam yang dapat dikurung dalam peti sarira.

Sementara mata merah lari dan bersemayam di tubuh manusia. Kisah bergulir untuk mengembalikan mata merah ke tangan sang Buddha agar dikurung di peti yang sama dengan mata hitam. Dan menjadi rekomendasi film untuk nobar genre horor yang wajib kalian tonton bersama keluarga serta teman.

12. TELUH (2022)

Film Indonesia lainnya yang bisa jadi rekomendasi film untuk nobar genre horor ada film berjudul TELUH. Seperti kebanyakan film Indonesia horor saat ini, film TELUH ini mengambil latar tahun 90-an di sebuah wilayah di tanah Jawa loh KLovers.

Cerita berawal dari kematian Yulia, salah seorang karyawati dari perusahaan batik milik keluarga Indra. Enam bulan berlalu, keluarga Indra mendapat kiriman bola api yang jatuh tepat di atap rumahnya. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa saat itu, jatuhnya bola api merupakan malapetaka bagi penghuni tempat tersebut.

Benar saja, sejak peristiwa itu, keluarga Indra mengalami serangkaian hal aneh dan mistis. Tak tinggal diam, keluarga ini lantas berupaya untuk melawan pengaruh teluh tersebut. Film TELUH bisa banget nih jadi rekomendasi film untuk nobar genre horor yang sayang untuk kalian lewatkan.

13. TEXAS CHAINSAW MASSACRE (2022)

Kemudian rekomendasi film untuk nobar genre horor lainnya yaitu ada film berjudul TEXAS CHAINSAW MASSACRE. Film ini mengisahkan tentang seorang pria yang mengalami gangguan mental dan memiliki sebuah kelainan. Pria tersebut tumbuh besar dengan wajah menyeramkan yang sering ditutupi.

Bahkan, ia kerap membawa mesin gergaji untuk menyerang orang-orang karena kegilaannya. Film ini bukan hanya akan membuat kalian merasa tegang di setiap menitnya, namun juga bisa kebawa mimpi. Kalian yang suka film thriller dan horor, maka wajib nonton TEXAS CHAINSAW MASSACRE ini.

14. SCREAM 5 (2022)

Film SCREAM memang menjadi salah satu film thriller dan horor yang begitu melegenda dan populer hingga saat ini. Setelah sukses dengan berapa part, saat ini SCREAM mulai menggarap film kembali yang berujul SCREAM 5. Film ini menceritakan dua puluh lima tahun setelah serangkaian pembunuhan brutal mengejutkan kota Woodsboro yang tenang.

Dalam cerita ini seorang pembunuh baru telah mengenakan topeng Ghostface dan mulai menargetkan sekelompok remaja untuk menghidupkan kembali rahasia dari masa lalu kota yang mematikan tersebut. Bagi kalian penggemar film SCREAM, maka kalian wajib banget memasukkan SCREAM 5 sebagai salah satu rekomendasi film untuk nobar genre horor baru di tahun 2022.

15. JEEPERS CREEPERS: REBORN (2022)

JEEPERS CREEPERS: REBORN akan menjadi rekomendasi film untuk nobar genre horor yang wajib banget deh kalian pilih sebagai tonton bareng kakak atau bersama teman. Film ini menceritakan tentang seseorang yang dipaksa bepergian dengan pacarnya, Laine, dan mulai mengalami firasat terkait dengan mitos urban dari Creeper.

Laine percaya bahwa sesuatu yang supranatural telah dipanggil dan dia berada di tengah itu semua. Film berjudul JEEPERS CREEPERS: REBORN ini akan memberikan kalian banyak jumpscare yang bikin membuat film ini tambah menyeramkan. Dan menjadi salah satu rekomendasi film untuk nobar genre horor baru 2022 yang wajib banget untuk kalian tonton.

16. HALLOWEEN ENDS (2022)

Film HALLOWEEN ENDS menceritakan mengenai sosok Michael Myers, pria bertopeng yang berkeliaran di daerah Haddonfield sejak 1978. Setelah 40 tahun berlalu, Michael Myers muncul untuk membunuh orang-orang yang berada di kota kelahirannya tersebut dengan kekejaman yang luar biasa untuk kalian tonton.

Film HALLOWEEN ENDS ini merupakan sekuel dari film sebelumnya berjudul HALLOWEEN yang dirilis pada 2018 lalu. Dalam aksi sadisnya itu, Michael Myers mengincar Hawkins untuk dibunuh. Korban-korban yang selamat membuat rencana untuk membunuh Michael Myers di malam halloween.

Sebelumnya, Laurie menjebak Michael Myers untuk dibunuh dan ia mengurung Michael Myers di dalam rumah, kemudian membakarnya. Sayangnya, aksi itu gagal, karena ternyata pembunuhan sadis terjadi pada petugas pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan api.

Itulah rekomendasi film untuk nobar genre horor yang bisa kalian pilih sebagai tonton bersama teman ataupun keluarga. Namun, beberapa film ini tidak disarankan untuk anak di bawah umur ya KLovers. Kalian bisa menonton bersama saudara, baik kakak atau adik yang usianya di atas 17 tahun.


REKOMENDASI
TRENDING