4 Film Yang Menginspirasi Todd Haynes Untuk Bikin 'WONDERSTRUCK'

Senin, 22 Januari 2018 17:35 Penulis: Guntur Merdekawan
4 Film Yang Menginspirasi Todd Haynes Untuk Bikin 'WONDERSTRUCK' WONDERSTRUCK / Credit: @indiewire

Kapanlagi.com - Film drama misteri WONDERSTRUCK garapan sutradara Todd Haynes yang tayang pada Oktober 2017 silam sukses mendapatkan berbagai reaksi positif dari para pecinta film. Seperti diketahui, WONDERSTRUCK merupakan film yang diangkat dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Brian Selznick tahun 2011 silam.

Film ini bercerita mengenai 2 anak yang hidup dalam setting waktu berbeda, atau tepatnya terpaut 50 tahun. Kedua anak itu punya sebuah kemiripan, di mana mereka sama-sama diceritakan kabur dari rumah karena sebuah alasan. Dan nantinya, cerita mereka bakal saling berhubungan satu sama lain.

'WONDERSTRUCK' / Credit: @indiewire'WONDERSTRUCK' / Credit: @indiewire

Todd sendiri terinspirasi dari beberapa film sekaligus untuk penggarapan WONDERSTRUCK. Berikut daftarnya..

1. THE CROWD

'THE CROWD' / Credit: @indiewire'THE CROWD' / Credit: @indiewire

Adalah film Amerika tahun 1928 yang disutradarai oleh King Vidor. THE CROWD adalah film bisu, alias tanpa dialog yang bercerita mengenai hukum dari seorang pasangan yang tinggal di sebuah kota. Gara-gara film ini, King sampai masuk nominasi sebagai 'Best Director, Dramatic Picture' di Academy Award.

2. SOUNDER

'SOUNDER' / Credit: @indiewire'SOUNDER' / Credit: @indiewire

Adalah film garapan sutradara Martin Ritt yang rilis pada tahun 1972 silam. Film ini bercerita mengenai seorang anak laki-laki berusia 11 tahun yang memulai perjalanan untuk mencari ayahnya yang ditahan karena mencuri makanan.

SOUNDER dan WONDERSTRUCK sama-sama bercerita mengenai seorang anak yang pergi dari rumah untuk berkelana sendirian demi mencari sesuatu.

3. THE NIGHT OF THE HUNTER

'THE NIGHT OF THE HUNTER' / Credit: @indiewire'THE NIGHT OF THE HUNTER' / Credit: @indiewire

Adalah film yang tayang pada tahun 1955 silam karya sutradara Charles Laughton. Film ini bercerita tentang 2 orang anak yang ibunya menikah lagi setelah ayahnya meninggal. Sang ibu lalu menikahi seorang pria religius, namun sebenarnya psikopat. Pria itu diam-diam cuma mengincar harta warisan dari ayah anak-anak tersebut.

4. WALKABOUT

'WALKABOUT' / Credit: @indiewire'WALKABOUT' / Credit: @indiewire

Film terakhir adalah karya sutradara Nicholas Roeg yang rilis pada tahun 1971 silam. Sama seperti judul-judul sebelumnya, WALKABOUT juga bercerita mengenai perjuangan anak-anak dalam sebuah petualangan yang menegangkan. Seorang kakak beradik yang masih sangat muda harus bertahan hidup di tengah-tengah gurun di Australia setelah ayah mereka mendadak gila dan bunuh diri

Sebelum WONDERSTRUCK, Haynes sudah merilis sederet film yang tak kalah sukses, seperti CAROL (2015), I'M NOT THERE (2007) hingga FAR FROM HEAVEN (2002).

(ind/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING