5 Aktris Berebut Trofi Oscar, Akankah Emma Stone Kalahkan Streep?

Senin, 20 Februari 2017 17:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
5 Aktris Berebut Trofi Oscar, Akankah Emma Stone Kalahkan Streep? Emma Stone - Natalie Portman - Meryl Streep/©Istimewa

Kapanlagi.com - Perhelatan The Academy Awards ke-89 atau Oscar 2017 kurang satu minggu lagi. Digelar pada Minggu 26 Februari 2017 di Dolby Theatre, Los Angeles, California atau Senin (27/2) pagi WIB, seluruh kategori telah diumumkan sejak pertengahan Januari silam. Salah satu yang paling ditunggu adalah kategori Actress in A Leading Role.

Tahun ini, seperti tahun sebelumnya, The Academy mengumumkan lima nama aktris yang masuk dalam nominasi kategori tersebut. Seluruh aktris ini bermain dalam 5 film bergenre drama. Ada drama musikal hingga drama yang berbumbu komedi. Beragam aktris dari beragam usia pun masuk dalam kategori ini, siapa sajakah mereka?

1. EMMA STONE
Ah, siapakah yang tak mengenal aktris muda 28 tahun ini. Sempat berperan sebagai Gwen Stacy di THE AMAZING SPIDER-MAN (2011) dan THE AMAZING SPIDER-MAN 2 (2014), tahun ini nama Emma melejit gara-gara perannya sebagai Mia Dolan dalam film drama musikal arahan Damien Chazelle, LA LA LAND.

Emma Stone berperan sebagai Mia Dolan di LA LA LAND/©oscar.go.comEmma Stone berperan sebagai Mia Dolan di LA LA LAND/©oscar.go.com

Berperan sebagai seorang aktris yang baru saja menapaki karirnya di Hollywood, Mia memulai bekerja sebagai seorang kasir di sebuah coffeeshop di dalam Warner Bros Studios. Suatu hari ia bertemu dengan Sebastian Wilder (Ryan Reynolds), seorang musisi jazz idealis namun harus mengalahkan idealisme demi mencari uang. Keduanya kemudian berpacaran dan menyadari jika kadang apa yang kita rencanakan tak selalu berakhir seperti apa yang kita inginkan.
Emma sukses menampilkan sosok aktris muda yang tak takut tantangan dan selalu bekerja keras dalam balutan drama musikal yang indah di landmark kota Los Angeles. Nominasi ini adalah nominasi kedua bagi Emma, setelah sebelumnya dinominasikan dalam kategori Actress in a Supporting Role atas aktingnya dalam BIRDMAN di tahun 2014 silam. LA LA LAND pun memecahkan rekor sebagai film yang mendapatkan nominasi terbanyak sepanjang masa, yaitu 14 nominasi lho. Akankah ia mendapatkan hattrick tahun ini?

Akankah Emma hasilkan hattrick tahun ini?/©oscar.go.comAkankah Emma hasilkan hattrick tahun ini?/©oscar.go.com

2. ISABELLE HUPPERT 
Aktris asal Prancis berusia 63 tahun ini adalah bintang di tanah kelahirannya. Menjalani debut akting sejak tahun 1972, Isabelle sudah bermain dalam puluhan judul film layar lebar. Namun, aktingnya dalam ELLE, mengantarkannya masuk dalam nominasi Oscar pertamanya.
ELLE (dalam bahasa Prancis berarti She/Her), berkisah tentang kasus pemerkosaan yang dialami oleh Michele Leblanc. CEO video game design company ini diperkosa di rumahnya sendiri oleh seseorang yang membobol masuk.

Isabelle Huppert berperan sebagai Michele Leblanc di ELLE/©oscar.go.comIsabelle Huppert berperan sebagai Michele Leblanc di ELLE/©oscar.go.com

Namun, ada alasan pribadi di mana Michele merahasiakan kejadian ini dan memilih tak melaporkannya ke pihak yang berwajib. Maka, ia pun sering dihantui kejadian menyakitkan itu, memikirkan tentang seksualitasnya dan merasakan amarah serta keinginan untuk balas dendam yang luar biasa. 
Atas aktingnya itu, sejauh ini Isabelle sudah memenangkan beberapa awards di antaranya the National Society of Film Critics Award for Best Actress, the New York Film Critics Circle Award for Best Actress, the Los Angeles Film Critics Association Award for Best Actress, dan the Gotham Independent Film Award for Best Actress. Sebelum Oscar, namanya juga bersaing di the Golden Globe Award dalam kategori Best Actress in a Motion Picture – Drama, namun kalah dari Emma Stone.

Demi alasan pribadinya, Michelle tak laporkan kasus perkosaannya/©oscar.go.comDemi alasan pribadinya, Michelle tak laporkan kasus perkosaannya/©oscar.go.com

3. RUTH NEGGA
Selain Isabelle Huppert, salah satu first timer Oscar 2017 adalah aktris Ruth Negga. Wanita 35 tahun ini masuk dalam nominasi atas aktingnya sebagai Mildred Loving dalam film drama yang diangkat dari kisah nyata, LOVING. Film arahan Jeff Nichols ini mengangkat cerita perjuangan Mildred dan Richard Loving (Joel Edgerton) yang tak bisa menikah secara legal karena perbedaan ras di tahun 1958. Mildred merupakan keturunan Afro-Amerika sedangkan Richard adalah orang kulit putih.

Ruth Negga berperan sebagai Mildred Loving dalam LOVING/©oscar.go.comRuth Negga berperan sebagai Mildred Loving dalam LOVING/©oscar.go.com


Di Virginia, negara bagian yang mereka anggap sebagai rumah, mereka justru dimasukkan ke dalam penjara karena perbedaan inter-rasial di antara keduanya. Pindah ke Washington DC, mereka pun berusaha memperjuangkan hak mereka dan menghasilkan keputusan Mahkamah Agung bahwa melarang pernikahan antar ras adalah tindak unkonstitusional. 
Atas aktingnya, Ruth juga masuk dalam nominasi The Golden Globe Award dalam kategori Best Actress in a Motion Picture – Drama dan memenangkan Independent Spirit Award for Best Female Lead, Critics' Choice Movie Award for Best Actress, dan BAFTA Rising Star Award.

Pernikahan beda ras mereka sempat membuat heboh dan The Lovings harus mendekam di balik jeruji/©oscar.go.comPernikahan beda ras mereka sempat membuat heboh dan The Lovings harus mendekam di balik jeruji/©oscar.go.com

4. NATALIE PORTMAN
Nama Natalie Portman tentunya sudah tak asing lagi di industri perfilman Hollywood. Tahun ini, Natalie kembali masuk dalam nominasi Oscar atas aktingnya dalam JACKIE, sebagai Jackie Kennedy, mantan First Lady Amerika Serikat dan juga istri dari mendiang presiden John F. Kennedy
Film arahan Pablo Larrain ini menyoroti tentang ketegaran Jackie usai penembakan sang suami di tahun 1963. Ia harus menunjukkan sisi terkuatnya dalam keadaan paling rapuh dalam hidupnya. Terlebih, ia harus kuat setegar karang dalam membesarkan kedua anaknya usai kejadian mengerikan itu.

Natalie berperan sebagai Jacqualine Kennedy dalam JACKIE/©oscar.go.comNatalie berperan sebagai Jacqualine Kennedy dalam JACKIE/©oscar.go.com

Nominasi adalah nominasi Oscar ke-3 bagi wanita yang sedang menanti kelahiran anak keduanya ini. Ia masuk nominasi Oscar untuk pertama kalinya dalam film CLOSER di kategori Actress in a Supporting Role dan memenangkan trofi bergengsi ini pada tahun 2010 atas aktingnya dalam THE BLACK SWAN.

Jackie harus menunjukkan ketegarannya usai ditinggal oleh sang suami/©oscar.go.comJackie harus menunjukkan ketegarannya usai ditinggal oleh sang suami/©oscar.go.com

5. MERYL STREEP
Last but not least, Meryl Streep meramaikan nominasi ini dengan aktingnya sebagai seorang penyanyi opera dalam FLORENCE FOSTER JENKINS. Film bergenre drama dan komedi ini diangkat dari kisah nyata, lho.
Dikisahkan, Florence adalah seorang sosialita kaya raya. Tak punya bakat dan kemampuan mumpuni di bidang tarik suara, Flo malah ingin menjadi seorang penyanyi opera di tengah memanasnya PD II. Sang suami, Clair Bayfield (Hugh Grant), tak dapat menolak permintaan sang istri dan mengabulkan permintaannya.

Meryl Streep berperan sebagai Florence dalam FLORENCE FOSTER JENKINS/©oscar.go.comMeryl Streep berperan sebagai Florence dalam FLORENCE FOSTER JENKINS/©oscar.go.com

Jadilah ia mencari produser, pianis dan segala yang dibutuhkan Flo untuk rekaman. Namun, keterbatasan kemampuannya itu malah menarik banyak minat orang dan menjadi salah satu musisi yang manggung di Carneige Hall.
Bagi aktris senior ini, nominasinya sebagai Flo menandai nominasi Oscarnya ke-20 setelah sebelumnya masuk dalam nominasi tahun 2013 atas aktingnya di AUGUST: OSAGE COUNTRY. Mampukah Emma Stone mengalahkan sang senior? Jangan lupa nantikan The 89th Academy Award, Senin (27/2) pagi pukul 08.00 WIB.

Mampukah Emma Stone kalahkan seniornya di Oscar 2017?/oscar.go.comMampukah Emma Stone kalahkan seniornya di Oscar 2017?/oscar.go.com

(kpl/tch)


REKOMENDASI
TRENDING