FILM INTERNASIONAL

6 Film Besar Hollywood yang Mendapat Rating Buruk dari Rotten Tomatoes

Rabu, 16 Juni 2021 08:43 Penulis: Jeffrey Winanda

(c) Shutterstock

Kapanlagi.com - Jika ditanya tentang aspek apa saja yang membuat film bisa mendapatkan predikat big movies, maka beberapa jawabannya adalah budget besar, pemeran berlabel bintang, serta sutradara ternama. Jawaban ini nggak salah memang, namun kombinasi dari budget, aktor, serta sutradara kelas atas ini nggak serta merta membuat film tersebut mendapat respons positif di mata kritikus.

Rotten Tomatoes, website agrerator yang mengulas film hingga serial televisi ini memberikan skor ala kritikus lantaran memiliki penilaian yang obyektif. Sudah jadi rahasia umum jika Rotten Tomatoes menjadi salah satu barometer para movie geek dalam menentukan film yang akan ditonton.

Dengan penilaian yang obyektif, nggak jarang film yang memiliki budget mahal, pemeran berlabel bintang hingga sutradara ternama malah mendapatkan skor yang rendah. Film apa sajakah itu?

1. The Last Thing He Wanted

Dilihat dari jajaran pemerannya saja, film The Last Thing He Wanted memiliki aktor dan aktris yang mewah. Gimana enggak, nama besar seperti aktor kawakan Willem Dafoe beradu akting dengan pemeran Batman yaitu Ben Affleck dan aktris cantik Anne Hathaway.

Film yang dirilis tahun 2020 ini nyatanya kurang memenuhi ekspektasi penonton. Mengisahkan tentang jurnalis bernama Elena McMahon yang mewarisi pekerjaan ayahnya sebagai pedagang senjata, The Lasting He Wanted malah mendapatkan rating 5% di Rotten Tomatoes.

2. Resident Evil

Serial video game Resident Evil telah lama merebut hati para gamer. Bahkan sejak dirilis untuk console PlayStation 1, Resident Evil langsung menjadi game favorit dengan tema zombie yang ditawarkan.

Menyusul kesuksesan video game-nya, pada tahun 2002 dirilis live Action Resident Evil di layar lebar. Dibintangi oleh Milla Jovovich dan Michelle Rodriguez, film dengan budget 33 juta Dollar Amerika ini memang meraup untung besar, namun alurnya yang melenceng dari game membuat penonton kecewa hingga hanya mendapatkan skor 35% dari Rotten Tomatoes.

3. Gateaway

Nama Selena Gomez sebagai penyanyi berbakat memang nggak diragukan lagi. Demikian pula karir aktingnya yang sedari kecil sempat membintangi beberapa serial dari Disney.

Namun, film Getaway yang dibintangi oleh Selena Gomez bisa dibilang gagal. Meskipun memiliki plot yang menarik yakni tentang kisah seorang hacker, film Getaway akhirnya mendapatkan banyak kritikan termasuk skor 3% dari Rotten Tomatoes.

4. The Twillight Saga: Breaking Dawn - Part 2

The Twillight Saga bisa dibilang sebagai serial film sukses dengan keuntungan dan penggemar yang militan hingga beberapa tahun setelah filmnya dirilis. Namun ada sedikit noda yang membayangi kesuksesan film yang dibintangi oleh Robert Pattinson dan Kristen Stewart ini, yaitu terdapat pada The Twillight Saga: Breaking Dawn - Part 2.

Film yang dirilis pada 16 November 2012 ini bisa ditebak alurnya oleh penonton. Meskipun mendapatkan keuntungan yang berlimpah, nyatanya film ini tetap dikritik. Berbeda dengan 3 film sebelumnya, The Twillight Saga: Breaking Dawn - Part 2 pun hanya meraih skor 49% dari Rotten Tomatoes.

5. Allegiant

Tahun 2014 menandai saga dari Divergent yang dibintangi oleh rising star sekaliber Shailene Woodley hingga Ansel Elgort. Meski nggak luput dari kritikan, Divergent tetap memiliki tempat di hati para penikmat film.

Namun, pada rilisan ketiganya yang berjudul Allegiant, film garapan studio Lionsgate ini gagal memenuhi ekspektasi. Roten Tomatoes hanya memberikan skor 11% dan kurang mendapat sambutan positif dari penonton. Hasilnya, Allegiant Part 2 yang dijadwalkan tayang pun pada akhirnya tidak jadi dirilis untuk mencegah terjadinya momen buruk ini kembali terulang.

6. London Fields

Sebelum terjadi perseteruan dalam hubungan mereka, pasangan Johnny Depp dan Amber Heard masih sempat beradu peran dalam film bertajuk London Fields. Film yang ditayangkan pada tahun 2018 sempat memberikan ekspektasi tinggi bagi penonton mengingat chemisty dari pemeran utamanya yang sudah nggak diragukan lagi.

Namun, film yang sudah direncanakan untuk tayang pada 3 tahun sebelumnya tersebut malah jauh dari kata sempurna. Baik pendapatan maupun respons dari kritikus sama-sama negatif. Bahkan Rotten Tomatoes pun memberikan nilai 0% untuk film yang satu ini.

Nama besar dan modal berlimpah memang bukan jaminan bagi sebuah film untuk mendapatkan respons positif di mata kritikus. Meski demikian, film tetaplah sebuah karya seni mengagumkan yang membuat penontonnya tetap terhipnotis oleh alurnya. Bahkan nggak menutup kemungkinan banyak orang yang menikmati deretan film di atas. Apakah kamu salah satunya?

(kpl/jef)

Reporter: Jeffrey Winanda


REKOMENDASI
TRENDING