FILM INTERNASIONAL

6 Rekomendasi Film Bencana Alam Seru dan Menegangkan, Sayang Jika Dilewatkan

Selasa, 29 Maret 2022 14:11

Rekomendasi Film Bencana Alam (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Musibah atau bencana alam kerap menjadi peristiwa besar yang terus terkenang. Terlebih, jika bencana alam tersebut terjadi secara dahsyat dan memakan banyak korban. Di balik bencana alam, terkadang juga terselip cerita heroik tentang bagaimana seseorang bertahan. Cerita semacam inilah yang terkadang mengilhami di dalam beberapa rekomendasi film bencana alam.

Ya, bencana alam ternyata lumayan sering diangkat menjadi tema dalam sebuah film. Terbukti, cukup banyak rekomendasi film tentang bencana alam yang populer dan berhasil menyita perhatian penonton. Pasalnya, kebanyakan film tentang bencana alam diangkat dari kisah nyata. Namun, ada pula film tentang bencana alam yang sebatas cerita rekaan.

Baik berdasarkan kisah nyata ataupun sebatas rekaan, film tentang bencana alam selalu berhasil memberikan sensasi ketegangan. Lantas, apa saja rekomendasi film bencana alam yang seru? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. THE DAY AFTER TOMORROW

Pemanasan global menjadi salah satu isu lingkungan yang banyak di bahas beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2004 silam, film THE DAY AFTER TOMORROW yang mengangkat isu tersebut akhirnya rilis. Sejak saat itu hingga sekarang, THE DAY AFTER TOMORROW masih jadi salah satu rekomendasi film bencana alam yang paling banyak ditonton.

THE DAY AFTER TOMORROW menceritakan situasi bumi yang tertimpa musibah badai salju dahsyat akibat pemanasan global. Ironisnya, bencana tersebut sudah terlebih dahulu diprediksi dan teruji berdasarkan sains. Namun, masih banyak orang yang meragukan bahkan menertawakan. Ya, tak saja menyuguhkan kengerian, THE DAY AFTER TOMORROW juga jadi media kritik untuk mereka yang memandang isu pemanasan global secara sebelah mata.

2. 2012

Ingat dengan isu kiamat tahun 2012 yang sempat menghebohkan? Pada tahun itu, isu kiamat tersebut menjadi kontroversi. Banyak yang tak percaya, tapi tak sedikit pula yang meyakini. Berangkat dari isu kiamat tersebut, film 2012 kemudian diproduksi.

Film 2012 memberikan gambaran kiamat yang lebih mirip musibah maha dahsyat. Musibah besar terjadi menimpa bumi secara misterius, dan manusia berusaha menyelamatkan dirinya. Menariknya, kiamat atau musibah besar dalam film bencana alam ini merupakan hal yang telah diprediksi sebelumya. Sehingga, langkah-langkah penyelamatan telah dipersiapkan. Namun sematang-matangnya persiapan, musibah dahsyat tetap jadi hal yang susah dilawan. Saksikan kisah lengkapnya hanya di 2012!

3. POMPEII

POMPEII merupakan sebuah film yang diproduksi dengan mengangkat latar masa lalu, zaman romawi. Di kisahkan pada masa itu, sebuah bencana alam dahsyat menimpa desa yang dihuni para penunggang kuda. Sebuah gunung bernama Vesuvius tiba-tiba meletus secara dahsyat. Para tokoh pun kemudian berusaha menyelamatkan diri dan orang-orang terkasih.

POMPEII tak saja menyajikan cerita yang seru dan penuh ketegangan. Efek yang ditampilkan di film ini tampak begitu mengesankan. Perjuangan bertahan dan menyelamatkan hidup orang terkasih menjadi bumbu romansa tipis yang menambah rekomendasi film bencana alam yang satu ini jadi kian menarik.

4. KRAKATOA

Bencana alam meletusnya gunung Krakatau pada 1883 telah mengilhami diproduksinya sebuah film berjudul KRAKATOA. Rekomendasi film bencana alam ini dikemas dengan format semi dokumenter. Sehingga terasa lebih nyata dan lebih menegangkan.

KRAKATOA mengambil sudut pandang penceritaan dari keluarga Belanda yang tengah berada di Indonesia di masa penjajahan. Suatu hari, gunung Krakatau meletus secara dahsyat. Kedahsyatan letusan Karakatau bahkan digambarkan sampai membuat langit menjadi gelap beberapa hari. Tak sampai di situ, sesaat setelah letusan dahsyat, juga terjadi bencana tsunami yang tak kalah mengerikan.

Menonton KRAKATOA akan memunculkan sensasi tegang. Penonton akan dibuat tegang dari latar suasana yang begitu mencekam. Jika penasaran, langsung saja tonton dan rasakan ketegangannya!

5. HAFALAN SHALAT DELISA

Satu lagi rekomendasi film bencana alam yang terinspirasi dari kisah nyata, yaitu HAFALAN SHALAT DELISA. Film ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama. Mengangkat latar cerita kejadian tsunami Aceh tahun 2004 silam, HAFALAN SHALAT DELISA penuh dengan kisah sedih dan haru.

Dikisahkan, ada seorang gadis cilik bernama Delisa. Saat kejadian tsunami terjadi, Delisa tengah menjalani ujian praktik shalat di sekolahnya. Saking khusyuknya, Delisa tetap menjalankan ujian praktik tersebut tanpa peduli adanya musibah gempa dan tsunami. Delisa selamat dari musibah dahsyat tersebut. Namun dia harus kehilangan salah satu kakinya. Selain itu, keluarga dan harta bendanya juga raib dalam sekejap. Hanya sang ayah yang berhasil selamat.

6. THE IMPOSSIBLE

Sama seperti HAFALAN SHALAT DELISA, rekomendasi film bencana alam selanjutnya ini juga bercerita tentang kejadian musibah tsunami 2014. Namun bukan di Indonesia, film berjudul THE IMPOSSIBLE ini menceritakan musibah tsunami yang dialami satu keluarga turis Spanyol yang tengah berlibur di Thailand. Menariknya, cerita tentang tokoh keluarga turis Spanyol ini konon diangkat dari kisah nyata.

Secara garis besar, THE IMPOSSIBLE bercerita tentang satu keluarga turis yang bertahan dari hantaman musibah tsunami. Akibat tsunami, keluarga yang tengah menikmati liburan natal ini akhirnya tercerai berai. THE IMPOSSIBLE tak saja bercerita tentang kengerian dan kedahsyatan tsunami 2004. Film ini justru akan banyak berkisah tentang perjuangan untuk bertahan dan saling menemukan. Kisah yang dijamin bakal menguras emosi dan air mata penonton.

Itulah di antaranya sederet rekomendasi film bencana alam yang seru untuk ditonton. Gimana sudah terpikir mau nonton yang mana? Selamat menonton!


REKOMENDASI
TRENDING