FILM INTERNASIONAL

7 Rekomendasi Film dengan Konsep Pengambilan Gambar One Shot, Wajib Masuk List Tontonan

Kamis, 19 Mei 2022 09:08 Penulis: Jeffrey Winanda

(c) Shutterstock

Kapanlagi.com - Bagi semua film, teknik pengambilan gambar merupakan elemen kunci dalam membangkitkan imajinasi dan emosi penonton ke dalam alur cerita. Nggak jarang, muncul sebuah terobosan baru yang menjadikan konsep sebuah film terasa fresh.

Salah satu teknik pengambilan gambar yang mampu membawa emosi penonton lebih dalam adalah one shot. Teknik ini merupakan konsep pengambilan gambar dengan hanya memaksimalkan satu visual perekaman tanpa menggunakan cut-to-cut shot di tiap adegannya.

Meski nggak sepenuhnya one shot, namun konsep film ini membuat sebuah sinema memiliki respons positif dari para penonton dan kritikus. Beberapa diantaranya adalah film keren berikut ini.

1. Birdman

Film arahan Alejandro González Iñárritu ini sukses membawa penonton untuk menyimak sosok karakter bernama Riggan Thompson yang penuh ambisi. Meski bukan sepenuhnya one shot, pengambilan gambar dari tiap adegannya cukup panjang yaitu 15 hingga 20 kali penggabungan. Sosok Riggan Thompson Thompson yang diperankan Michael Keaton pun turut memaksimalkan film Birdman hingga memiliki kesan positif bagi para penonton.

2. Victoria

Beralih ke Jerman, sebuah film bertema crime thriller berjudul VICTORIA sukses menjadi sensasi berkat kualitas apiknya. Film yang mengambil gambar tanpa cut dalam tiga sesi one shot ini mengambil latar tentang sekelompok orang yang berusaha merampok bank pada malam hari.

Sang sutradara yaitu Sebastian Schipper sendiri memiliki treatment khusus dalam menggarap proses pengambilan gambar. Film ini hanya memerlukan pengambilan gambar berdurasi 2,5 jam tanpa menghentikan kamera sebelum akhirnya memutuskan tiga shot terbaik pada proses editing.

3. One Cut of the Dead

Film ONE CUT OF THE DEAD sempat menjadi sensasi di media sosial berkat plot twist yang menghebohkan para penonton. Film ini sendiri diambil dengan sudut pandang satu kamera yaitu bertema dokumenter sendiri.

Film ini sendiri menceritakan seorang sutradara dan kru film ber-budget rendah untuk menggarap sebuah sinema bertema zombie di fasilitas Perang Dunia II. Tak disangka, mereka malah diserang oleh zombie sesungguhnya.

4. Russian Ark

Bergenre horror, RUSSIAN ARK menggunakan teknik one shot untuk mengeksekusi filmnya. Menariknya, sang sutradara yaitu Alexander Sokurov mengaku membenci proses editing sehingga dirinya menyetujui konsep one shot ini.

Total terdapat 2000 pemeran yang berkontribusi di film ini. Keseluruhan 96 menit durasi film ini merupakan pengambilan gambar tanpa shot yang menjadikan RUSSIAN ARK menarik untuk ditonton.

5. Silent House

Dibintangi oleh Elizabeth Olsen, SILENT HOUSE mengambil inspirasi dari film horor Uruguay yaitu La Casa Muda karya Gustavo Hernandez. SILENT HOUSE berkisah tentang seorang anak, ayah, dan paman yang merenovasi rumah keluarga tua untuk dijual. Tanpa adanya listrik, mereka bergantungpada lentera dan situasi semakin memburuk ketika banyak teror bermunculan.

Satu hal yang menarik dari film ini adalah menggunakan satu kali pengambilan gambar saja dari awal hingga akhir film. Bisa dibayangkan seberat apa persiapan yang dilakukan untuk mengambil gambar dalam film berdurasi 90 menit ini.

6. Time Code

Pada tahun 2000, sebuah konsep segar dihadirkan film TIME CODE yang menawarkan angle four shot dalam keseluruhan film. Sang sutradara yaitu Mike Figgis menghadirkan 93 menit film dengan membagi layar menjadi empat bagian serta gambar one shot.

Untuk storyline sendiri, film ini mengangkat ambience di Los Angeles dengan sega konflik yang terjadi di dalamnya. Siapkan konsentrasi penuh saat menonton film ini lantaran memiliki sudut pandang yang beragam pada empat layar yang tersedia.

7. 1917

Hingga saat ini, rasanya 1917 masih sah dianggap sebagai film one shot paling berpengaruh dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Film karya Sam Mendes ini menyajikan situasi tegangnya Perang Dunia I dengan penuh ketegangan lewat konsep pengambilan gambar one-shot.

Sudah menentukan film berkonsep one-shot mana yang akan ditonton pada akhir pekan nanti?Agar experience menonton semakin paripurna, jangan lupa siapkan camilan dan minuman segar untuk menemanimu ya, KLovers!

(kpl/jef)

Reporter: Jeffrey Winanda


REKOMENDASI
TRENDING