FILM INTERNASIONAL

7 Rekomendasi Film Filsafat yang Seru, Kisahnya Tidak Membosankan

Selasa, 29 November 2022 11:44

Rekomendasi Film Filsafat (Credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Bagi kalian yang tertarik dengan filsafat, ada beberapa film yang cocok untuk ditonton. Melalui rekomendasi film filsafat, kalian bisa mendapatkan ruang untuk merenungkan hidup. Tak melulu soal teori yang membosankan, film semacam ini juga memiliki sisi yang seru.

Apalagi, rekomendasi film filsafat kali ini memiliki tokoh yang cukup unik dengan karakter yang kuat. Tema yang diangkat pun cukup beragam, seperti eksistensialisme, etika, hingga budaya pop.

Nah, jika kalian penasaran dengan rekomendasi film filsafat, silakan simak sejumlah ulasan berikut ini.

1. MR. NOBODY (2009)

MR. NOBODY merupakan salah satu rekomendasi film filsafat yang seru untuk kalian tonton. Film ini berkisah tentang Nemo, seorang manusia tertua yang berusia 117 tahun. Film yang dirilis pada 2009 ini mengambil setting tahun 2092. Saat itu sudah banyak teknologi untuk memperbaharui sel-sel.

Saat itu, diceritakan bahwa Nemo tak akan hidup lama lagi dan seluruh perhatian pun tertuju padanya. Orang-orang penasaran mengapa dia bisa hidup selama itu. Namun, dia tak ingat apa pun di masa lalu. Film yang cukup panjang, berdurasi 2,5 jam ini mengingatkan penonton tentang pilihan-pilihan yang seringkali dihadapkan pada hidup.

2. THE THREE OF LIFE (2011)

Selanjutnya, ada rekomendasi film filsafat yang berjudul THE THREE OF LIFE. Film ini berkisah tentang dunia yang terlihat indah di mata Jack ketika masih kecil. Pasalnya, dia melihatnya dengan mata sang ibu yang penuh kasih. Semakin usianya bertambah, keindahan dunia seolah memudar dan bertambah suram. Dia juga mendapatkan pendidikan yang jauh berbeda dari ayahnya.

Pengalaman Jack pada saat kecil ini terus terbawa sampai dewasa. Pelan namun pasti, Jack mulai memahami kehidupan dari sudut pandangnya dan mulai bisa memaafkan ayahnya. Dia pun mulai bisa menjalani jalan hidupnya sendiri. Saat menonton, kalian akan turut merenung tentang tujuan seseorang hidup di muka bumi.

3. IRRATIONAL MAN (2015)

IRRATIONAL MAN juga menjadi sebuah rekomendasi film filsafat yang menarik untuk ditonton. Tokoh dalam film ini merupakan seorang profesor Filsafat bernama Abe Lucas. Dia bekerja sebagai dosen di sebuah kampus terpencil.

Meskipun Abe terlihat baik-baik saja, sebenarnya dia sedang terlibat krisis kepribadian dan berada di bawah depresi. Dia mengaku sudah tak bisa lagi menulis, tak bisa bernapas, dan tak bisa mengingat alasan hidup serta tak yakin dengan aktivitas yang dia lakukan sekarang.

Selanjutnya, dia berkenalan dengan mahasiswi cantik bernama Jill Pollard. Namun, dia tak mau membawa hubungan mereka ke dalam jenjang yang lebih serius. Hal menarik dalam film ini terletak pada kisah seorang pria yang sedang mengalami krisis karakter. Penonton akan diajak untuk menelisik lebih dalam tentang nilai filosofis yang diangkat.

4. WHEN NIETZSCHE WEPT (2007)

Film yang ditulis dan disutradarai oleh Pinchas Perry ini juga menjadi rekomendasi film filsafat yang menarik. WHEN NIETZSCHE WEPT berisi dramatisasi mengharukan dari kehidupan dan pemikiran filsuf Jerman Friedrich Nietzsche. Kalian akan melihat kehidupan asmara Nietzsche dan persahabatannya dengan psikoanalis terkenal, Sigmund Freud.

Kalian juga akan menemukan banyak penjelasan tentang bagaimana kontribusi penting Nietzsche dalam dunia filsafat. Kalian pernah dengan ungkapan "Tuhan sudah mati"? Film ini juga mengandung penjelasan tentang hal tersebut. Ide yang diangkat dalam film ini memang menarik, tapi eksekusinya bisa dibilang buruk.

5. GOODBYE TO LANGUAGE (2014)

Rekomendasi film filsafat selanjutnya berjudul GOODBYE TO LANGUAGE. Film karya sutradara Jean-Luc Godard ini dipenuhi teka-teki yang menyampaikan banyak hal kepada para penggemar. Film eksperimental ini menceritakan satu kisah cinta dari dua perspektif. Hal itu memungkinkan bagi penonton untuk merasakan kebahagiaan dan patah hati berkali-kali.

Lebih dari kisah romantis, Godard memperlihatkan kehidupan melalui kacamata baru kepada para penonton. Film ini menggunakan sudut pandang yang unik yang mungkin tidak cocok bagi semua orang.

6. DONNIE DARKO (2001)

DONNIE DARKO menjadi rekomendasi film filsafat tentang seorang remaja pria yang kesepian dan merasa terasingkan dari lingkungan sekitarnya. Tokoh utama Donnie Darko diperankan oleh aktor Jake Gyllenhaal yang begitu menjiwai. Karakternya begitu misterius. Dia mulai melakukan hal aneh dan mempunyai dunianya sendiri.

Bagi kalian penggemar sci-fiction, teori tentang realitas serta alam semesta akan cukup menghibur. Secara garis besar, kalian akan dihadapkan pada kisah hidup seorang remaja pria yang mengalami krisis identitas dan mendambakan ikatan persahabatan.

7. MEMENTO (2000)

Masih ada lagi rekomendasi film filsafat yang berjudul MEMENTO. Film karya Christoper Nolan ini sukses membuat penonton mikir. Film ini cocok bagi kalian yang menyukai genre thriller dan psikologis. Kalian akan diajak untuk merasakan kehidupan karakter utama.

Ya, kalian akan bertemu dengan Leonard yang memiliki daya ingat jangka pendek. Padahal, dia sedang berada dalam misi pencarian pembunuh istrinya. Dia pun mencatat banyak hal secara detail agar mengingat pelaku. Bukan hanya tokohnya, penonton pun bisa stres mengikuti kisahnya.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi film filsafat yang seru dan tidak membosankan untuk kalian tonton.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING