FILM INTERNASIONAL

8 Fakta Menarik Film Terbaru Joaquin Phoenix 'JOKER', Beda Dengan Versi Komik

Senin, 02 September 2019 13:48 Penulis: Dhimas Nugraha

Joaquin Phoenix 'JOKER' ©Warner Bros

Kapanlagi.com - Warner Bros bersama dengan sutradara Todd Phillips kembali menghidupkan supervillain DC Universe, Joker ke layar lebar. Film yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix ini berhasil mencuri perhatian setelah pemutaran pertamanya di Venesia, Italia.

Pada audiens begitu terpesona dengan akting mumpuni dari Joaquin Phoenix membawakan sosok badut gila tersebut. Namun, siapa sangka Joaquin harus berjuang keras untuk bisa memerankan Joker dengan sempurna.

Di sisi lain, ada beberapa fakta menarik seputar film DC yang akan tayang Oktober nanti. Dilansir dari Hype, berikut ini fakta-fakta menarik seputar film JOKER.

 

1. Film Original

Warner Bros sebagai rumah produksi film ini memberikan pernah memberikan pernyataan terkait cerita film JOKER. Film ini merupakan cerita original yang tak mengambil cerita dari komik.

Menceritakan tentang perjalanan Arthur Fleck (Joaquin Phoenix) yang bekerja sebagai komedian demi membuat orang tertawa. Hingga akhirnya ia terabaikan dan berubah menjadi Joker.

2. Berlatar Tahun 1981

Seperti yang diketahui, cerita film ini merupakan awal mulai terciptanya sosok Joker dan jauh dari munculnya Batman. JOKER berlatar pada tahun 1981. Sutradara Todd Phillips memilih latar waktu ini, karena terinspirasi dari beberapa film, seperti TAXI DRIVER (1976), “RAGING BULL (1981), dan THE KING OF COMEDY (1983).

Hal ini ditunjukkan dengan latar background yang ada pada trailer, tampak bangunan do Kota Gotham yang seperti New York pada era 80-an.

3. Sutradara Todd Phillips Punya Pengaruh Besar Bagi Joaquin Phoenix

Sebelum menggarap film JOKER, Todd Phillips lebih dikenal dengan filmnnya THE HANGOVER trilogi. Sebuah film komedi yang jauh dari JOKER. Namun, siapa yang menyangka jika sutradara Phillips lah yang berhasil mengajak Joaquin Phoenix untuk bermain sebagai Joker?

Dalam sebuah wawancara, Phoenix mengatakan jika dirinya enggan untuk bermain film ini. Namun, setelah proses panjang, ahirnya Phillips mampu mengubah pandangan Joaquin terhadap film JOKER ini.

"Saya pikir dia sangat mengesankan dan dia tampaknya memiliki pemahaman yang sangat menarik tentang dunia ini dan apa yang dia coba katakan. Jadi ada sesuatu yang sangat menarik tentang itu dan bekerja dengannya dalam proyek khusus ini," kata Joaquin Phoenix dikutip dari hype.

4. Joaquin Phoenix Harus Turunkan Berat Badan

Fakta menarik lainnya, yaitu Joaquin Phoenix harus menurunkan berat badan yang sangat banyak untuk mendalami sosok Joker. Dilansir dari lidbible, Joaquin setidaknya harus menurunkan sekitar 52 pounds, atau 25 kg.

Perubahan ini sangat mengejutkan para penggemar. Pasalnya, Phoenix tampak begitu mirip dengan karakter penjahat super DC ini.

5. Robert De Niro Sebagai Murray Franklin

Bicara soal inspirasi dari film KING OF COMEDY dan TAXI DRIVER, Robert De Niro diplot untuk bermain sebagai Murray Franklin, di projek terbarunya. Karakternya dalam film JOKER adalah host sebuah acara talk show.

Ia juga menjadi salah satu alasan keterpurukan Arthur Fleck, hingga akhirnya berubah menjadi Joker. Tak banyak informasi yang beredar, hanya saja De Niro pernah mengatakan, jika perannya lebih mirip seperti Rupert Pupkin di KING OF COMEDY.

6. Thomas Wayne, Calon Walikota Gotham

Berlatar tahun 1981, orangtua Bruce Wayne masih belum bertemu dengan takdir menyedihkan mereka. Artinya di sini adalah, para penggemar bisa melihat Thomas Wayne yang diperankan oleh Bret culley di JOKER.

Jika mengacu pada naskah Batman, Thomas dan Martha Wayne tewas karena dibunuh tahun 1989. Saat itu Thomas yang mencalonkan dirinya sebagai Walikota Gotham harus dibunuh oleh rivalnya, Rupert Thorne.

7. Debut Batman Muda

Satu hal yang menarik di film JOKER, yaitu Bruce Wayne kecil akan melakukan debutnya di film ini. Meski projek ini berpusat pada cerita Joker, terdapat juga penggambaran motivasi Bruce Wayne untuk menjadi pahlawan favorit dari Ghotam.

Munculnya Bruce Wayne muda ini diumumkan secara resmi oleh Warner Bros. Batman masa depan ini akan diperankan oleh aktor cilik bernama Dante Pereira yang akan muncul di JOKER Oktober nanti.

8. Versi Ini Tak Mengikuti Komik Sama Sekali

Sutradara Todd Phillips mengatakan dalam sebuah wawancara, jika cerita dalam film JOKER ini original. Bisa dikatakan, jalan cerita dan narasi tak mengikuti cerita tentang Joker di komik DC.

"Kami tidak mengikuti apa pun dari buku komik, yang membuat orang-orang marah," kata penulis-penulis itu kepada Empire.

“Kami baru saja menulis versi kami sendiri dari mana orang seperti Joker mungkin berasal. Itu yang menarik bagi saya. Kami bahkan tidak melakukan Joker, tetapi kisah menjadi Joker. Ini tentang pria ini," ujarnya.

(kpl/dim)

Editor: Dhimas Nugraha


REKOMENDASI
TRENDING