FILM INTERNASIONAL

6 Fakta Tentang Mahershala Ali Bintang FIlm 'GREEN BOOK', Aktor Muslim Pertama Peraih Oscar - Ogah Lakoni Adegan Ranjang

Sabtu, 07 Agustus 2021 11:11 Penulis: Editor KapanLagi.com

Mahershala Ali saat memberikan pidato di Oscar 2017 © AFP

Kapanlagi.com - Industri film Amerika Serikat atau Hollywood merupakan industri film terbesar dan paling bergensi. Ada banyak aktor-aktor hebat yang telah lahir melalui industri film Amerika Serikat.

Tidak heran bahwa banyak aktor dan aktris yang memiliki cita-cita untuk debut dalam industri Film Hollywood. Tidak hanya menjanjikan secara pendapatan finansial, tapi secara karir, aktor atau aktris yang terlibat dalam film sekelas Hollywood akan mendapatkan posisi terbaik dalam pecinta film atau masyarakat luas.

Tidak hanya itu, Hollywood juga memiliki acara penghargaan bergensi dan tertua yaitu Academy Awards atau Oscar. Penghargaan yang menjadi incaran para sutradara, aktor dan aktris karena memenangkan Oscar adalah sebuah pembuktian bahwa karya dan usaha mereka dapat dikategorikan sebagai film atau aktor/aktris terbaik.

Mencetak sejarah,Mahershala Ali yang merupakan minoritas di Hollywood buktikan dirinya. Ia berhasil meraih Oscar berkat aktingnya dalam film GREEN BOOKpada 2019 silam. Ingin tahu lebih banyak tentang dirinya? Intip yuk!

1. Nangis Saat Masuk Masjid

Dilansir dari Liputan6.com mahershala Ali ini pernah menangis saat akan memasuki masjid. Sebelum ia menjadi seorang mualaf ia pernah pergi ke salah satu masjid di Philadelphia bersama pacarnya yang saat ini menjadi istrinya. Mereka pergi ke masjid setelah Ali mengungkapkan bahwa ia ingin menjadi seorang mualaf.

Dilanjutkan dalam penjelasan artikel liputan6.com bahwa Mahershala Ali menangis saat  mendengar khotbah dan doa sehingga adanya perjalanan spiritual yang memberinya perasaan untuk kembali lagi pada masjid yang ia kunjungi itu.

2. Mualaf setelah Mendengar Adzan

Aktor besutan Marvel ini mualaf setelah mendengar Adzan. Dikutip dari detik.com, dalam sebuah podcast Mahershala Ali mengaku sangat tersentuh saat pertama kali ia mendengarnya. Ia mengatakan bahwa ia merasakan getaran yang begitu kuat ketika adzan berkumandang dan ia menangis karena hal tersebut.

Setelah perjalanan spiritualnya tersebut, seminggu kemudian Mahershala Ali kembali ke masjid yang pernah ia datangi bersama sang Kekasih, Amatus dan menjadi memutuskan menjadi mualaf saat itu juga.

3. Menolak Beradegan Ranjang

Karena statusnya sebagai seorang muslim maka Mahershala Ali taat terhadap aturan-aturan dalam agama yang dipeluknya. Menurut liputan6.com Mahershala ali pernah mendapatkan sebuah peran pendukung dalam film THE CURIOUS CASE OF BENJAMIN BUTTON pada tahun 2018 dan ia menolaknya jika perannya mendapatkan scene beradegan ranjang dan siap untuk kehilangan perannya dalam film tersebut. Ia melakukan hal tersebut karena rasa hormatnya terhadap agama yang ia peluk saat ini yaitu islam.

Namun, untungnya sebuah kesepakatan tercapai antara Mahershala Ali dan Sutradara film bahwa Ali tetap mendapatkan perannya dan ketika adegan berciuman akan berlangsung Mahershala Ali dan partnernya dalam film tersebut akan langsung keluar dari frame

4. Ayah dan Ibu adalah Peorang Pendeta

Di kutip dari tabloidbintang.com Mahershala Ali lahir di California dengan Ibu yang seorang pendeta. Bahkan nama lahirnya yaitu Mahershalalhashbaz Gilmore diambil dari salah satu ayat yang ada di Alkitab. Namun meski faktanya seperti itu, ibu Ali tidak pernah meninggalkannya sejak saat ia memutuskan untuk menjadi seorang muslim.

Tidak hanya sang Ibu, dilansir dari detik.com Ayah Mahershala Ali juga merupakan seorang pendeta sekaligus pemain peran yang kerap tampil di broadway dan di gadang-gadang bahwa bakat seni yang dimiliki oleh Mahershala Ali diturunkan dari sang Ayah.

5. Pernah Menyindir Presiden Donald Trump

Dikutip dari TheGuardian.com pada tahun 2017 presiden Donald Trump Pernah mengeluarkan peraturan mengenai larangan untuk seorang muslim bepergian dalam perjalanan jauh. Tentunya keadaan itu memberi pengaruh pada sosok Mahershala Ali yang merupakan seorang muslim.

Dilanjutkan oleh TheGuardian.com saat itu adalah malam penganugrahan penghargaan Screen Actors Guild 2017 yang mana Mahershala Ali menjadi salah satu nominasi di acara penghargaan bergensi tersebut.

Ternyata malam tersebut ia tidak hanya masuk ke dalam nominasi tetapi juga masuk dalam daftar pemenang Screen Actors Guild Award. Dan dalam pidato kemenangannya ia sempat mengatakan kalimat yang menyindir peraturan Donald Trumph waktu itu bahwa jika saja ia merupakan orang yang dihormati oleh orang banyak maka ia juga akan melakukan hal yang sama, yaitu dilarang bepergian ke luar negeri.

6. Aktor muslim Pertama yang Memenangkan Oscar

Sukses berkarir sebagai seorang aktor muslim di industri film hollywood Mahershala Ali membawa pulang piala Oscar pertamanya pada tahun 2017. Dilansir dari Liputan6.com bahwa Mahershala Ali menjadi aktor muslim pertama yang memenangkan Oscar. Mahershala Ali menang dalam kategori aktor pendukung terbaik dalam film berjudul ‘MOONLIGHT’ yang ia bintangi pada tahun 2016 silam. 

Hal yang lebih membanggakan adalah Mahershala Ali kembali melebarkan sayapnya di panggung Academy Awards tahun 2019. Dikutip dari CNN Indonesia bahwa Mahershala Ali berhasil mendapatkan piala Oscar ke-2nya sebagai actor pendukung terbaik dalam film ‘GREEN BOOK’ tahun 2018. Ini artinya bahwa Mahershala Ali menjadi aktor muslim pertama yang memenangkan 2 piala Oscar sekaligus.

Artikel ini ditulis oleh: Siti Radibah Imatufariq

 


REKOMENDASI
TRENDING