Alejandro Gonzales: Film Superhero Menyebarkan Budaya Genosida

Jum'at, 17 Oktober 2014 09:50 Penulis: Rifky Rifanda Sakti
Alejandro Gonzales: Film Superhero Menyebarkan Budaya Genosida Poster film Birdman @Facebook.com/BirdmanMovie
Kapanlagi.com - Baru-baru ini sang sutradara dari film BIRDMAN, Alejandro Gonzales Inarritu mengungkapkan sebuah pernyataan yang begitu kontroversial tentang sosok tokoh superhero. Hal ini ia ucapkan pada sebuah sesi wawancara seusai dirinya menghadiri New York Film Festival.

Menurutnya, film superhero itu banyak yang menyadur dari kisah-kisah legenda Yunani. "Masalahnya adalah, kadang-kadang mereka terlalu mendramatisir dan melebih-lebihkan apa yang ada dari kisah-kisah mitologi Yunani kuno," terangnya.

Alejandro Gonzales Inarritu @Facebook.com/BirdmanMovieAlejandro Gonzales Inarritu @Facebook.com/BirdmanMovie

Gonzales juga tidak terlalu suka dengan beberapa sikap superhero yang terkesan main hakim sendiri. "Saya selalu melihat mereka membunuh orang karena mereka tidak mempercayai apa yang anda yakini, atau karena mereka tidak suka dengan pilihan yang anda ambil. Aku benci akan hal ini, dan aku tak akan menanggapi semua tokoh-tokoh itu," jelasnya panjang lebar.

Bahkan ia menyebut kalau para superhero ini bagai sebuah racun dan menyebarkan budaya genosida kepada penontonnya. "Karena menurutku para penonton juga terlalu berpatokan pada plot cerita, dan mereka terlalu membesar besarkannya. Sesungguhnya hal ini tidaklah terlalu penting, jika dibandingkan dengan pengalaman kita menjadi seorang manusia," tuturnya.

Inarritu dan Michael Keaton @Facebook.com/BirdmanMovieInarritu dan Michael Keaton @Facebook.com/BirdmanMovie

Inarritu juga menambahkan kalau kata 'superhero' benar-benar mengganggunya dan para tokoh-tokoh ini adalah palsu, terlalu menyesatkan. Menurutnya, kebanyakan karakter di film superhero adalah orang kaya, memiliki sebuah kekuatan, selalu melakukan perbuatan kebaikan dan membunuh siapa saja yang berlaku buruk.

Berbicara mengenai film terbarunya, BIRDMAN, rencananya film tersebut akan memulai debutnya di bioskop pada 17 Oktober ini di Amerika. Selanjutnya bakal menyambangi layar lebar Inggris di 2 januari 2015.

(dig/fnd)


REKOMENDASI
TRENDING